Google Ad

Thursday, January 29, 2015

Asem Asem Iga



Wua..beberapa hari ini sangat sibuk  nich teman2..maaf ya belum masak yang ribet2 ya..ini tadi aja buat makan malam..masak yang cepat saja..wis..ini dia..mari langsung santap ya..nggak sempat *plating..hihi..lha suami udah pulang dan lapar, jadi selamat menikmati asem asem iga..langsung dari pan nya ini ya teman2..^^

Nich juga bikinnya kilat..pakai panci presto..waktu ngempukin iganya..terus di kentalkan sebentar di pan biasa..sambil di koreksi rasanya. Tips untuk masak pakai panci tekan..bumbuin lengkap sekalian ya teman2..kan nggak mungkin di buka2 terus di cicip waktu masak kan..hihi..karena tekanan sangat tinggi. Tapi jika bumbu kurang..jika sudah matang..panaskan lagi aja...sebentar..pakai pan biasa, sambil di koreksi rasanya..kurang apa gitu..tinggal di tambahin. 

Tips lain..mengolah iga...di blansir dulu ya..sebelum di masak dengan bumbu2..agar nggak amis dan lemaknya yang berlebih berkurang. Apa itu blansir...yaitu di rebus sebentar di air mendidih. lalu Iga siap di masak. rebusan pertama di buang aja..itu lemaknya banyak.

Yukk..selamat makan malam ya..aku tak ngurusin kerjaan lain dulu masih banyak..huhu..cuma laporan langsung menu dari dapurku malam ini..tapi iga aja. Selamat mencoba..ini resepnya..mudah saja..^^

Asem Asem Iga

Bahan
• 500 gram Iga Sapi
• 3 sdm minyak untuk menumis
• 8 butir bawang merah, iris tipis
• 4 siung bawang puti, iris tipis
• 5 buah cabai merah besar, potong-potong, 5 cabai rawit biarkan utuh.
• 5 buah tomat hijau, potong2
• 2 lembar daun salam
• 2 cm lengkuas, memarkan
• 3 sdm kecap manis
• 1 1/2 sdt garam / sesuai selera
• 25 gram gula merah, sisir halus
• air asam Jawa secukupnya.
 
Cara Membuat
Rebus iga di dalam mendidih , angkat buang airnya.
Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai hijau, daun salam, lengkuas, kecuali tomat hijau sampai harum dan matang. Angkat, lalu masukkan ke panci tekan, masukkan air sekitar 800 ml atau secukupnya dan semua bumbu lain.
Masak dengan api sedang sekitar 20 - 30 menit
Buka panci tekan jika sudah dingin, koreksi rasa, jika masih kurang bumbunya..panaskan lagi di pan dan di tambah bumbu2nya. Masukkan tomat hijau, masak sebentar hingga tomat layu.
Jika nggak ada panci tekan..masak seperti biasa ya..



7 comments :

  1. Salam kenal mb diah didi...saya sering membaca blog-nya mba, untuk mencari resep-resep yang saya butuhkan, dan sangat membantu sekali. Terima kasih mb diah didi...Tapi baru kali ini saya meninggalkan jejak. Semoga ke depan tambah memotivasi saya untuk terus belajar di dunia per-dapur-an.

    ReplyDelete
  2. Mbak...salam kenal...inbox sy blom di jwb yaaa....sibuk truss bikin menu..sy mau cobain tepung kentang bwt bikin donat...

    ReplyDelete
  3. ini nih yang bikin aku gagal diet :)

    ReplyDelete
  4. Uenake mbak Di.... nampak segerr & yummy... Laperrrr....!!

    ReplyDelete
  5. Mbak Diah mau kasih info kalau suka film Korea nonton aja di nonton.com atau maaduu. Happy Watching
    * Ibu Fenny*

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel