Google Ad

Monday, December 14, 2015

Lentho Singkong Tempe Semangit


Dari beberapa hari lalu, sudah sangat ingin mencoba resep Lentho Singkong dengan tempe semangit kiriman mba Ertiana ini. Karena aku suka Lentho..jadi penasaran..jika di tambah tempe semangit dalam adonan..seperti apa rasanya. Seperti dugaanku..rasanya ternyata enak..gurih...seperti Combro, tapi nich di campur di adonan. Suka dech..anget-anget tadi cemal-cemil kok habis banyak ya..haha. tanggung jawab ya mba Ertiana..dietku jadi gagal maning..hihi. Wis..dietnya tunggu tahun baru aja kali ya..hahah. Biasanya kan setiap tahun baru..resolusi atau cita-cita pertama itu diet..tapi sampai tahun baru lagi berikutnya..nggak kelakon ( kesampian ) terus..hihi. Wis gak usah diet yo..sekarang kan lagi nge trend kan artis berbodi berisi..hihi. Sebut saja..seperti para pemeran serial komedi favoritku di chanel tivi luar, Melisa & Joey, My Crazy Ex Girl friend, Young & Hungry, kan semua bintang utamanya nggak langsing lho..tapi cantik seksi agak gemuk gitu..hahah. Siapa tahu malah jadi trend tahun depan ya yang seksi-seksi gitu..*Ngayal..*

Udahan yukk berkayalnya..mari kita masak aja. Kali ini aku buat Lentho Singkong pakai Tempe semangit, Dari beberapa hari lalu sudah beli singkong..tapi kok ketemu muda terus..agak berair. Jadi nggak jadi terus mau coba. Tapi setelah beberapa kali beli singkong..dan aku parut..kok masih aja berair, aku *rasan-rasan ( cerita ) sama mba artku ( assisten rumah )..ternyata oh ternyata..memang belum musim singkong tua. Mba artku kan nanem singkong di ladang juga..di rumahnya, jadi tahu tentang singkong. Katanya.."Ibu di pasar masih banyak daun singkong muda nggak ?"..Aku bilang iya..masih banyak yang jual. Kata mba art ku..itu tandanya..belum musim singkong tua..karena daun mudanya aja masih banyak di petik. Oh iya juga ya..berarti singkong yang di jual di pasar tuch belum umur, tapi udah di panen..pantes aja..kok belum mempur dan ketika di parut berair. 

Yo wis..akhirnya tadi ke pasar  lihat singkong lagi..walau masih mudah aku beli juga. Beneran masih berair sich ketika aku parut. Singkong seperti ini jika di buat jajanan, harus di peras dulu hingga keset. Air perasannya di endapkan, terus patinya di campur kembali, setelah airnya di buang. Jadi akan tetap bisa memperoleh singkong parut yang kesat. Walaupun hasil akhir, tetep nggak bisa kriuk jika di buat jajanan seperti Lentho ini, hasilnya empuk..lembut karena singkongnya masih agak kenyal. Nggak apa-apa dech..yang penting, rasanya enak. Aku suka perpaduan rasa tempe semangit dan gurihnya adonan Lenthonya. Pilih singkong yang bagian dalam kulitnya pink ya teman-teman jika untuk jajanan agar nggak pahit.

Karena tadi aku dapat singkong agak berair, aku tambah kelapa parut di adonan, agar makin keset adonannya. Hasilnya tambah gurih jadinya juga. Okeh dech ini dia resep Lentho Singkong Tempe Semangit kiriman mba Ertiana, maaf aku modif dikit ya mba aku tambahin kelapa parut, tapi makin enak lho rasanya..gurih dan nggak mau berhenti nyemil pas masih anget gitu..hihi. Bye-bye diet..sampai ketemu tahun 2016...hihi.

Lentho Singkong Tempe Semangit

Bahan :
2 buah singkong kupas dan parut seperti membuat sawut
50 gram tempe semangit, hancurkan ( ulek agak kasar )
Bumbu halus :
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabai rawit merah ( sesuai selera )
2 ruas lengkuas, parut
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir

Cara membuat :
Campur singkong parut, tempe semangit dan bimbu halus, aduk rata dengan tangan. Cicipi rasanya dan sesuaikan selera.
Bentuk adonan berbentuk bulat pipih ( seperti perkedel kentang ) sambil agak dipadatkan supaya tidak hancur ketika digoreng. Apabila takut hancur adonan bisa ditambahkan 1 sendok makan tepung terigu.
Panaskan minyak di wajan agak banyak dan goreng adonan sampai kuning kecoklatan.



3 comments :

  1. Commentnya telat nih... lha berhari-hari buka internet lemot jadinya males buka2 lgi. Padahal kangeeen bgt pengen maen ke dapurnya mba Diah... Eh ternyata ada kejutan, resepku dieksekusi..bangga deh..heheh ^_^ Suwun ya mba Di.. Terus berkreasi dan sukses..

    ReplyDelete
  2. ditambah irisan kemangi jg sedep mbak. kelingan lentho bikinan ibu kantin dkntr mbak...

    ReplyDelete
  3. ditambah irisan kemangi jg sedep mbak. kelingan lentho bikinan ibu kantin dkntr mbak...

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel