Friday, October 16, 2015

Tahu Isi Jamur Pedas


Kemaren di oleh-olehin tahu khas Solo sama mba Elmi..tahu pong yang sudah gurih. Tahu pong khas pasar di rumah mba Elmi ini beda, tahu gorengnya sudah gurih dan bentuk segitiga. Hemm..karena aku suka tahu, nggak bisa menolak dech untuk di buat tahu isi. Karena, tahu pong paling enak di goreng dengan isian, bisa sayur atau lainnya. Nah..biar beda isinya, aku ganti isi jamur. Dulu pernah juga di kasih mba Elmi tahu isi jamur yang pedas gitu isinya...katanya beli di mana gitu. Enak..aku suka...kenyil-kenyil gurih manis pedas isinya.

Nah..akhirnya ngarang aja buat sendiri, pakai jamur yang biasa tersedia di kulkas. Suamiku suka jamur, jadi walau belum ada ide di masak apa, sering beli jamur merang atau kancing dan buat persediaan. Jamur memang enak dan gurih ya teman-teman, tekturenya yang kenyal enak..gurih. Dan gizinya tinggi lho, jadi jangan ragu untuk masak jamur ya teman-teman.

Jamur enak di masak apa aja..di buat isian kudapan seperti ini juga enak banget. Sayangnya harganya lumayan ya teman-teman, jadi jika mau buat usaha, pilih jamur yang ekonomis harganya ya..misal jamur tiram, dll. Kalau jamur kancing atau merang memang enak..tapi agak mahal. Tapi kalau buat cemilan keluarga di rumah aku kira ya nggak masalah ya..daripada jajan kan juga mahal dan belum tentu enak.

Ok..mau coba..yukk simak resepnya ya..pas banget tadi di makan anget-anget, plus di cocol sambel petis pedas...jadi dobel pedas..hihi..yummy !

Tahu Isi Jamur Pedas

Bahan :
10 buah tahu pong
200 gram jamur merang atau kancing, cincang kasar
6 cabai rawit merah , iris halus   ( sesuai selera ya pedasnya )
1 batang daun bawang, iris halus
2 siung bawang putih, haluskan
2 butir bawang merah, haluskan
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh gula & 1 sendok teh kecap manis
1/2 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam, optional ( aku pakai Alsultan ) , garam sesuai selera

Adonan pencelup :
75 gram tepung beras
50 gram tepung terigu protein rendah
200 ml air
1/4 sendok teh baking powder

Bumbu halus :
1 siung bawang putih
1/4 sendok teh ketumbar
1 cm kunyit
Kaldu bubuk 1/4 sendok teh dan garam sesuai selera

Cara membuat :
Campur semua bahan pencelup, sisihkan
Tumis bawang merah dan bawang putih yang untuk bumbu tumisan hingga harum dan matang, masukkan jamur, aduk hingga layu
Tuangi sedikit air ( 50 ml )
Masukkan bumbu-bumbu lain. Aduk rata dan mask hingga bumbu meresap. Koreksi rasa hingga pas sesuai selera.
Masukkan tumisan secukupnya ke dalam tahu pong yang dilubangi salah satu sisinya.
Celup ke adonan pencelup, lalu goreng hingga matang dan renyah luarnya.
Sajikan hangat.




4 comments :

  1. Hmmm....so yummy...I want to try it..

    ReplyDelete
  2. Nyummi banget kayaknya mbaa, dimakan pake kletusan lombok meski udah pedas isinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...sama kayak aku Mak..walau isinya udah pedes, tetep nyeplusnya cabai rawit..hihi

      Delete