Sunday, October 25, 2015

Es Campur Yogya




Cuaca akhir-akhir ini super panas ya teman-teman. Di daerah Jawa aja panas, nggak kebayang dech daerah yang lagi kena musibah kebakaran hutan di luar Jawa sana. Semoga segera ada jalan keluar ya teman-teman. Panas dan haus terus, pengennya  minum dingin terus. Yodha aja..kalau minum nggak mau jika nggak dingin. Agak khawatir juga sich jika kebanyakan minum es, tapi karena cuaca benar-benar panas, yang sudah lah..toh Mak nya juga nggak bisa nahan minum es..hihi. 

Tadi ke pasar, lihat buah-buahan segar kok jadi kalap, pengen beli semua. Akhirnya beli beberapa macam buah, beli kolang kaling, cincau hitam, tape ketan, beli kelapa muda..dan jadilah es campur. Es campurnya kali ini  bukan es campur ala es teler, es oyen , dll. Tapi kali ini aku buat es campur gaya Yogya..atau gaya es campur di tempatku sana di Yogya dech lebih spesifiknya. Es campur seperti ini biasa di jual di warung-warung bakso dan mie ayam. Jika cuaca panas gini, paling enak memang makan bakso yang seger, di akhiri dengan es campur yang juga mak nyess..duch..jadi kangen rumah di Yogya. Kangen bakso sana. Kalau es campurnya sich bisa buat sendiri.

Es campur Yogya itu pakai santan, kuah gula merah. Aneka buah, kelapa muda, kolang, kaling, cincau hitam , di taruh di mangkuk, di guyur santan dan kuah gula merah, lalu di beri toping es serut dan selanjutnya di beri lelehan susu kental manis coklat. Cara makannya, aduk rata saja dan rasanya kesegaran nano-nano, alias campur-campur rasanya, tapi seger. Ada rasa gurih santan berpadu kuah gula merah, dan susu..nge blend jad kuah yang seger dan enak...plus aroma campur-campur dari aneka buah dan isian, menambah kesegaran es campur ini. Aku habis dua mangkuk tadi..haha, sampai nggak kuat makan siang. Sayangnya Yodha ngga suka...dia malah minta es teh aja..hihi. Yodha memang kurang suka es buah campur-campur gini. Sukanya ya di jus aja jika buah. Untung ada tukang kerja di rumah, jadi ada yang bantu ngabisin es campur ini.

Bahannya mudah saja, siapkan kelapa muda, kolang kaling yang sudah di rebus dengan sedikit gula dan pewarna makanan, cincau hitam, melon serut, nangka, alpukat, tape ketan, dll,..bisa di tambah cendol juga jika suka. Siapkan bahan secukupnya sesuai kebutuhan ya, mau buat berapa orang.


Susun semua bahan di mangkuk. Siapkan kuah gula merah :
100 gram gula merah, 2 sendok makan gula pasir, 2 lembar daun pandan dan 150 ml air, panaskan semua bahan hingga jadi kuah gula merah yang kental.
Siapkan santan sedang kentalnya, 200 ml, 1/4 sendok makan garam, rebus hingga mendidih, dinginkan


Tambahkan es serut ke dalam mangkuk berisi buah, beri santan dan kuah gula secukupnya. Tuangi susu kental manis secukupnya. Aduk rata..sajikan segera. Mak nyess..segernya tuch..di sini..! :D




3 comments :

  1. Mbk diah... mengen - mengeni ini.... capcus kepasar dah...ngiler cr bahan2ne sek..

    ReplyDelete
  2. enak mba,aku pernah buat tapi ditambah kacang merah lebih maknyus.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete