Tuesday, October 13, 2015

Sambal Kol & Tempe


Hari ini kok agak-agak pusing, tadi malam kurang nyenyak tidur. Pengen makan yang pedass....jadilah aku kangen sambel ala ibuku. Sambel tempe dan kol. Aneh ya kedengarannya teman-teman..? Memang sich aku cari referensi kok nggak ada yang masak sambal kayak ibuku ini..haha. Moga ada teman yang seumuranku dari Yogya pernah makan sambal ini..dan ikut menguatkan bahwa sambal ini dulu memang ada ya..bukan karangan ibuku saja..hihi. 

Tapi ya jelas memang dulu sambal ini bagian dari tradisi di rumahku jaman aku kecil. Dulu nggak tau, aku kok lupa untuk upacara apa ya..jadi setiap tanggal Jawa apa gitu..ibuku pasti buat kue apem, rujak degan dan sambal tempe sama kol ini. Soalnya aku ingatnya jaman kecil aja gitu kan..jaman dulu tradisi adat istiadat Yogya masih kuat di setiap keluarga, seperti tradisi *momong*..atau yang sekarang di sebut ulang tahun. Dulu kalau momongan semua anggota keluarga itu ibuku masak urap, dll, terus di bagi-bagi ke anak-anak tetangga. Tentu tradisi ini sesuai dengan tanggalan Jawa ya. Setelah itu agak tergeser ketika aku mulai remaja gitu. Jadi agak-agak lupa..dulu upacara untuk memperingati apa di rumah ketika masak sambal ini. Pokoknya..favoritku ya sambal ini...selain selalu ngambil rujak degan kalau pas acara seperti itu.

Sambalnya sederhana, dari tempe goreng dan kol yang di goreng hingga layu. Sedang sambalnya hanya cabai rawit merah dan bawang putih aja yang di goreng sebentar. Bumbu garam dan sedikit gula seperti biasa. Kol yang di goreng, bercitarasa manis dan kres, enak banget di campur sambal tempe ini. Jadi ada rasa manis-manisnya.

Nah kali ini aku sedikit modif pakai terasi..hihi. Enak juga ternyata je..jadi makin gurih dan sedep sambalnya. Oke dech..mau coba sambal yang tidak biasa ini..yukk di coba...teman-teman..nanti kapan-kapan aku posting sambal unik lain khas tempatku di Yogya, misal..sambal jenggot..( bukan jenggot beneran, tapi kelapa muda ), sambal gepeng, dll. Oh..jadi kangen ibuku..kangen mudik. Besok libur ya..tapi tanggal 1 Suro..kata orang tua ndak boleh pergi jauh-jauh..huhu..jadi ya di rumah aja.

Sambal Tempe & Kol

Bahan :
15 buah cabai rawit
2 siung bawang putih
1/4 buah kol, potong kecil panjang, goreng hingga layu
1 sendok teh terasi bakar / goreng
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula merah
2 potong tempe goreng

Cara membuat :
Goreng cabai dan bawang, haluskan kasar dengan terasi dan bumbu lain. Jangan terlalu halus ya..ulek kasar aja cabenya.
Masukkan tempe, penyet hingga agak hancur, masukkan kol goreng, aduk rata.
Cicipi rasa, udah pas belum rasanya sesuai selera
Sajikan dengan nasi hangat..pedas enak..dech.

14 comments :

  1. Sambel tempe & kol... baru denger mba Di. Patut dicoba nih mumpung bahannya ada semua, sepertinya lauk yg nglawuhi... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Erti, jk ndak ada lauk di rumah..bisa jadi penyelamat dan teman nasi hangat ini mba..:D

      Delete
  2. Cocok ama lidahku ini mbak..pedes nendang.....
    Besok libur perlu dicoba....
    Makasi mb didi

    ReplyDelete
  3. Aduh, mbak Diah! Dg bhn sederhana pun, di tangan mbak Diah bisa jadi hidangan yg maknyus. Patut dicoba nih. Sambal bawang plus kol. Cabenya gak banyak2, gak kuat pedes! Terima kasih idenya.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..silahkan di sesuaikan takaran cabainya..pakai cabai merah juga boleh :)

      Delete
  4. Mantaapp mba... saya sudah coba..
    Suami doyan banget.. bikin sepiring langsung ludes tinggal piringnya..
    Hehehe.. Makasih resep nya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..syukurlah jk suka ya keluarga di rumah..:)

      Delete
  5. Masya Allah,bisa membayangkan Mbk Di, di musim gugur ini,dimana temperatur udara sudah mulai ngdrop,hujan pula di luar,lalu berbuka puasa Muharram dg nasi pulen hangat ditemani sambel yg unik ini? Mantap! Langsung sy posting di WA-kelg di Ind..Ada yg tergiur,minta resepnya :D Terimakasih
    Mbk tlh sharing.Insya Allah sambel ini akan jd ikonku .(Salam dr Omi van Obien).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kalau di sini lagi musim panas-panasnya Bunda..:D Sipp syukurlah jika suka ya..menu sederhana ini :)

      Delete
  6. Mba di.. Aku udh coba bikin.. Tp kok gak bisa mengilat berminyak kayak punya mba ya ?padahal dah sama resep dan cara buatnya. Naksir bgt ama resep ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya ya berminyak..kan kol nya di goreng pakai minyak..mesti kotos-kotos minyaknya..:D

      Delete
  7. Mba di.. Aku udh coba bikin.. Tp kok gak bisa mengilat berminyak kayak punya mba ya ?padahal dah sama resep dan cara buatnya. Naksir bgt ama resep ini

    ReplyDelete
  8. Sip mba. Tar aku coba lagi. Masih penasaran jeeee heheheh

    ReplyDelete