Friday, October 23, 2015

PIsang Goreng Panir Isi Coklat Leleh


Hari ini..rada pusing..kurang tidur..jadi rencana masak yang ribet aku batalkan, di tunda besok aja pas paada libur..rencana sebelumnya mau buat step by step roti sosis..udah beli bahan-bahan lengkap..eh lha kok pusing..dan nguantuk berat..hihi. Tadi malam lembur nemenin suami packing sampai jam berapa gitu..abis itu malah nggak bisa tidur    karena panas ya cuaca..jadinya masuk angin semua dech karena kurang tidur. Kami walau cuma tim kecil, tapi kompakan..jika ada kerjaan banyak, harus segera selesai, daripada di tunda-tunda, kayak kemaren orderan ratusan tepung leker rutin yang harus segera kirim, ya alhamdulilah dua hari ngebut selesai dan bisa kirim hari ini. Gak apa-apa dech bonus masuk angin dikit..hihi..yang penting besok weekend udah bisa santai, barang udah kirim.

Akhirnya tadi tengok kulkas, aku sampai lupa jika punya pisang kepok yang matang pohon kiriman mertua. Duch sayang banget jika nggak di olah. Akhirnya aku ingat mba Elmi kemaren kepengen makan pisang isi coklat yang di lapis tepung panir, hemm bikin itu aja kali ya..kan mudah dan cepat, dan ada yang bantu ngabisin..hihi. Akhirnya..masak bentar di dapur..jadi dech. Duch walaupun menu snack sederhana, tapi memang enak banget. Pisangnya manis alami, di padu dengan isian coklat yang meleleh-leleh, dan kriuknya panir orange..hemm..yummy. Tepung panir yang aku jual ini memang spesial..warnanya cantik dan kriuk banget. hingga dingin tetep kriuk. Cocok untu aneka nugget, risol mayo, kroket dan pisang goreng seperti ini..kriuknya.beda..!..:D

Mau coba yukk..cari pisang dulu teman-teman..mudah banget. Makin mudah adonan pencelup aku pakai tepung tempura aja..biar praktis dan cepat, hihi..tinggal tambah gula dikit dan vanili..jadi hasilnya dobel kriuk dech..enak. Jika nggak ada, bisa pakai adonan pencelup seperti adonan pisang goreng biasa ya teman-teman, yang agak kental, setelah itu baru di lapisi panir. Enak , mudah dan cepat buatnya. Maaf fotonya asal jepret seadaanya di dapur bawah, karena agak pusing jadi malas naik turun lantai atas.

Oke, mau coba..ini resepnya ya :

Pisang Goreng Panir Isi Coklat Leleh

Bahan :
10 buah psiang kepok yang matang
100 gram cklat blok / coklat leleh, potong-potong kecil panjang jadi 10
100 gram tepung tempura
Air es secukupnya
1 sendok makan gula pasir
1/8 sendok teh garam
1/8 sendok teh vanili bubuk
150 gram tepung panir orange kasar

Cara membuat :
Aduk rata tepung tempura, gula, garam, vanili dan air es secukupnya hingga jadi adonan kental seperti adonan pencelup pisang goreng
Belah pisang , jangan sampai putus, isi dengan potongan coklat leleh, tangkupkan kembali sambil agak di tekan hingga rapat.
Celup ke adonan pencelup basah
Gulingkan ke tepung panir kasar.
Gopreng di minyak yang sudah di panaskan hingga kecoklatan.
Sajika hangat..yummy  !

Jika nggak ada tepung tempura , pakai adonan pencelup biasa :
Aduk rata semua bahan :
Tepung terigu protein sedang 200 gram 
Air 150 - 200 ml ( secukupnya sampai adonan kental tapi masih bisa di celup )
Gula pasir 2 sdm 
Garam 1/4 sendok teh
Vanili 1/4 sendok teh


3 comments :

  1. kadang aku gak pake tepung mbak lgs ke panir kasar :)

    ReplyDelete
  2. Syafakillah, Mbk Di..smg cpt pulih kmbli.Alhamdulillah terimakasih tipnya,dan...cantik kok fotonya :). (Salam dr Omi van Obien).

    ReplyDelete