Thursday, October 15, 2015

Rujak Petis


Sudah makan siang teman-teman...? Jika belum..mari cicipin rujak petis yukk...! Apa yang lebih enak..daripada sepiring rujak di hari yang panas begini ya. Nah..kalau biasanya rujak hanya di makan dengan buah saja..kali ini aku kombinasikan dengan sayuran. Jadi mirip rujak cingur, tapi minus cingurnya. Rasanya enak sekali..perpaduan segernya buah dan sayur, di padu bumbu rujak petis yang enak banget. Cocok banget buat menu diet..diet nasi maksudnya..hihi.

Dari dulu kangen rujak petis begini, tapi karena untuk membuat rujak ini aku terbiasa pakai petis pedas super yang biasa aku jual..aku nunggu stock ada lagi. Dan alhamdulillah kemaren sudah datang lagi dari supplier petisnya, setelah lama absen membuatnya, karena ada kendala. Petis ada beberapa macam ya teman-teman, ada yang khusus buat masak, itu khusus buat masakan aja sepertu tahu campur, dll. Ada juga petis pasar yang yang banyak tepungnya, itu biasa buat isian tahu petis goreng seperti yang di jual di pinggir jalan. Nah..kalau petis pedas siap pakai yang aku jual ini, petis kualitas super, kental pekat penampakannya, dan fresh di buat dari udang segar, bukan hanya kulit atau kepala udang seperti petis yang buat masak, jadi citarasanya itu enak dan menonjol, tapi nggak amis. Petisnya sudah berbumbu, rasanya pedas manis, gurih, jadi tinggal di cocol ke gorengan juga enak.


Sekarang, bisa puas lagi dech besok-besok masak yang pakai petis-petis , karena sudah ada lagi sambal petis siap pakai serbaguna yang berkualitas. Petisnya kuat tapi nggak amis, karena bahannya pakai udang segar, enak dech buat campuran aneka masakan atau bumbu petis, dan bisa langsung di colek, pakai gorengan gitu juga enak banget. Jadi buat teman-teman yang kangen sambal petis pedas yang siap cocol, udah ready lagi nich sekarang. Petis ini juga di buat baru jika aku order, jadi di jamin fresh, dan bukan stock lama. Baru datang kemaren dan awet hingga 1 tahun, karena petis ini pekat dan nggak banyak tepungnya.

Okeh..masakan pertama yang pakai petis-petis ria..ini ya..aku buat rujak petis tadi. Walau bumbu mirip sama rujak cingur, tapi takaran bumbu beda kok..nich aku sesuaikan sama jumlah kacang tanah yang aku miliki. Dan hasilnya..enak banget, pas semua. Pedes, bisa di sesuaikan selera ya. Yang aku buat tadi cukup pedas menggigit, tapi enak banget buatku yang hobi makan pedas. Jika tidak suka pedas, boleh di kurangi ya jumlah cabainya. Buah dan sayur juga boleh di kurang atau tambahin, tapi yang utama untuk rujak petis, biasanya seperti resep berikut ya, selamat mencoba..teman-teman...jika suka, petis bebas kok pakai petis apa aja..sesuai selera.
Rujak Petis ( untuk 2 porsi )

Bahan :
1/2 ikat kangkung
1/4 buah nanas
1 buah kedondong
2 lembar daun kol
2 lonjor kacang panjang
2 buah tahu goreng
1 genggam taoge, seduh air panas

Bumbu :
50 gram kacang goreng, haluskan
4 buah cabai rawit merah, 1 buah cabai merah keriting
1 siung bawang putih
1 mata asam Jawa
1/2 sendok teh gula merah
1/4 sendok teh garam
1 cm kencur
1/2 sendok teh terasi bakar
1 sendok makan petis

 Cara membuat :
Rebus sayuran, kangkung, kol hingga matang
Potong-potong tahu dan buah
Haluskan semua bumbu, beri 75 ml air panas
Aduk rata, koreksi rasa
Sajikan sayuran dan buah dengan sambal rujak
Yummy..! Sajikan dengan emping atau kerupuk kanji jika suka..:D




2 comments :

  1. Sis.....petis pedasnya km ada jual.....berapa harganya.......lokasi aku di jakarta....thank u

    ReplyDelete
  2. Sis.....petis pedasnya km ada jual.....berapa harganya.......lokasi aku di jakarta....thank u

    ReplyDelete