Saturday, October 17, 2015

Bayam Rebus Sambal Petis



Masih olahan pakai petis lagi ya teman-teman..soalnya dalam rangka menghabiskan sisa petis pedas yang aku buka 1 cup..kan yang suka petis pedas cuma aku..kalau nggak langsung habis, bisa lupa dan ujung-ujungnya mubazir di kulkas, karena biasanya kebanyakan agenda masak yang lain..:D

Nah..makanya, aku cari menu lain lagi yang pakai petis yang mudah dan simple, tapi enak dan seger. Aslinya sich kalau di Semarang, resepnya pakai kangkung rebus. Jadi menu Petis Kangkung. Kangkung rebus yang di makan bersama sambal petis. Tapi aku ngga punya kangkung, adanya bayam..jadinya.. Petis Bayam ya..hihi. Atau sebut saja, bayam rebus di sambelin petis gitu aja ya.

Bahan, tentu saja bayam, yang tinggal di rebus saja. merebus bayam jangan terlalu lama ya teman-teman, beri air rebusan dengan sedikit garam, agar warna garam tetap cantik hijau seger. Oh ya..tips lain, jangan pernah memanaskan bayam yang sudah di rebus atau di masak ya, karena kandungan zat besinya akan bereaksi  dan mengalami proses oksidasi jika di panaskan lagi...yaitu proses pengikatan oksigen...jadi bisa beracun. Juga sebisa mungkin, segera sajikan bayam yang sudah di masak, segera dan jangan lebih dari 5 jam ya. Jadi..walau banyak gizinya, terutama untuk anak-anak, pengolahan yang tepat juga akan menghindarkan kita dari hal-hal yang merugikan tubuh kita.

Okeh..mari kita masak bayam yuk, jika bosan di buat sayur bening, coba di makan pakai sambal petis ini, enak banget dan seger rasanya. Sambal petis ini mirip sambal Brambang Asem, tapi bedanya..kalau brambang asem ya nggak pakai petis, dan bawang putih, pakainya bawang merah rebus dan asam Jawa. Hemm, memang kekayaan kuliner kita nggak habis jika mau mengeksplorasi ya teman-teman, satu sambal saja bisa beragam rasa :D

Bayam Rebus Sambal Petis

Bahan :
1 ikat bayam, rebus di air mendidih yang sudah di beri sedikit garam

Bumbu sambal :
3 cabai rawit merah
1 siung bawang putih ukuran kecil
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh terasi bakar
1/2 sendok makan gula merah
2 mata asam Jawa
2 sendok makan petis 

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan sambal, beri sedikit air jika perlu untuk sedikit melumerkan gula, tapi jangan terlalu banyak ya, sambal harus masih kental.
Koreksi rasa
Siramkan ke atas bayam rebus
Sajikan segera

Petisnya aku pakai sambal petis pedas yang nendang rasanya, jadi dobel pedas dech..:D Tapi enak banget dan seger.

12 comments :

  1. Padahal cuman bayam ya... Sederhana olahannya...kok sepertinya enak sekali yak... # piring mana piring...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.,..mksh..iya so simple tapi enak lho..:D

      Delete
  2. Petis pedesnyq beli di mana tuh mba.. di semarang jarang nemuin petis yg enak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jual mba..produksi umkm, jd lebih enak dr yg di pasaran :)

      Delete
  3. Replies
    1. ya mba aku jual, jk minat sms aja ke 089654712500 ya :)

      Delete
  4. eyaampuun itu bayam sama petis radanya poasti enak banget ya, secara petis itu kentaaal

    ReplyDelete
  5. Mbak, aq msih ad petis yg kubeli dr mbak, kl petis yang biasa tetep bisa pake resep ini yaa, ngilerrr nichhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba...pakai petis biasa juga..:)

      Delete