Friday, October 2, 2015

Tehnik Menggoreng Vacuum Frying


Saat ini, snack aneka buah kering yang di goreng dengan cara vacuum frying memang banyak di gemari ya teman-teman. Tak heran jika banyak aneka snack, banyak bisa di jumpai di toko oleh-oleh ya. kebanyakan produk olahan yang di goreng dengan cara vacuum frying ini adalah keripik buah. Namun ada satu produk unik dari Semarang, yang mengolah keripik cumi ( foto di atas ) dengan cara pengolahan memakai vacum frying ini. Hasilnya, memang keripik cuminya lebih kriuk, keset nggak berminyak dan tampilan tetap putih bersih nggak gosong. Itulah salah satu keunggulan cara penggorengan vacuum frying ini.

Menggoreng dengan mesin vacuum frying adalah menggoreng berbagai macam produk dengan kondisi hampa udara.  Cara menggoreng dengan vacuim frying ini di lakukan dalam ruangan tertutup dan tekanan rendah. Paling cocok di gunakan untuk menggoreng bahan makanan yang rentan suhu tinggi, misal buah-buahan, yang mengandung banyak gula, jika di goreng dengan cara biasa, pasti akan mudah gosong. Bahan dipanaskan dibawah tekanan vakum sehingga menurunkan titik didih air dalam bahan. Dengan
penurunan tekanan maka suhu penggorengan bisa dilakukan relatif lebih rendah dibandingkan suhu penggorengan di ruangan terbuka.

Menggoreng dengan sistem vakuum pada vacuum frying lebih unggul dibandingkan dengan penggorengan biasa. Karena dengan menggoreng dengan cara ini bahan yang di goreng tidak akan berubah warnanya, rasa dan aroma juga . Selain itu hasil gorengan lebih renyah, tampilan lebih menarik dan kandungan serat serta nutrisi bahan tidak banyak yang hilang. Makanan yang di goreng dengan cara menggoreng vacum frying ini juga tidak mudah tengik, jadi lebih awet daya simpannya, walaupun tanpa pengawet.

Beda dengan cara penggorengan biasa, yang suhu lebih panas, maka bahan makanan seperti buah-buahan akan cepat gosong, tidak bisa renyah dan pahit rasanya. Maka untuk menggoreng aneka buah segar, cara menggoreng dengan sistem vacuum frying ini adalah cara yang paling tepat. Jadi kita bisa menikmati buah dengan cara yang berbeda. Buah kering yang kriuk, namun citarasa asli buah tetap terasa.

Sayangnya peralatan penggorengan vacuum frying ini masih terbatas untuk usaha ya teman-teman, belum ada yang untuk skala rumah tangga. Atau ada juga ya, yang penggorengan hampa udara yang alatnya skala kecil, aku belum punya tapi, kapan-kapan tak hunting..hihi. Tapi tenang, walau tidak bisa membuat sendiri di rumah, sekarang ini banyak di jual kok aneka olahan keripik buah sehat ini. Jadi jika mau menikmati keripik aneka buah yang lebih sehat, dan enak, ya beli aja..produk-produk aneka olahan buah yang di goreng dengan cara vacuum frying ini. 

Contoh keripik buah pisang berikut adalah hasil di goreng dengan tehnologi vacuum frying, hasilnya warnanya tetap cantik dan rasa, nggak gosong pisangnya serta aroma pisangnya masih terasa banget. Rasanya juga kres renyah ringan, nggak keras. Keripik buah pisang aneka rasa ini adalah salah satu produksi umkm lokal Semarang. Dan yang membuat menarik, aneka keripik buah pisang ini juga di variasikan dengan beberapa variasi rasa, seperti keju dan coklat. Hemm..kreatif bukan..!



Jadi jika di sekitar teman-teman ada sentra produksi buah yang melimpah dan murah , mungkin tak ada salahnya jika mau memulai usaha keripik buah dengan cara vacuum frying ini ya. Semoga bermanfaat sedikit info tentang cara menggoreng dengan cara vacuum frying ini ya..:)


2 comments :

  1. Oh pantes kalo yg digoreng pake vacuum frying ini hasilnya nggak berminyak dan rasanya tetap otentik buah aslinya ya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betull banget Mak Winda..jadi cocok untuk menggoreng buah-buahan..kalau di goreng baisa kan pasti langsung gosong ya..:D

      Delete