Wednesday, October 7, 2015

Zupa Soup..Bintangnya Menu Pesta..



Zupa Soup..walau bukan menu asli Indonesia..tapi menu ini sudah sangat akrab ya..di lidah kita teman-teman. Di acara kondangan..atau pernikahan di resto atau hotel, bahkan acara-acara pesta di kampung-kampung pun sering di sajikan menu sup ini. Ya mungkin memang menarik sich ya sebagai sajian menu pesta, karena Zupa Soup ini biasanya di sajikan hangat-hangat fresh dari oven, sehingga sup menjadi hangat, dan di beri toping puff pastry yang renyah dan lembut, sangat pas jika di makan bersama cream sup yang gurih. Tak heran,.kalau acara pesta, menu ini banyak di cari, dan di sukai.

Sayangnya aku kadang nemu Zupa Soup di acara kondangan gitu yang asal-asalan supnya..hihi. Ya iyalah..kalau supnya mewah dan mahal..nggak untung dong ya..cateringnya..hahah. Makanya aku lebih suka bikin sendiri Zupa soup di rumah..jadi bisa lebih sesuai selera citarasanya. Untuk puff pastrynya..beli siap pakai aja..praktis dan beres, bisa di simpan di freezer, jadi setiap saat mau sarapan mewah..Zupa sup hangat siap..tersai..fresh dari oven dapur kita sendiri. Kalau beli di resto, mahal juga lho sup ini..biasa 20 ribu ke atas per porsi. Kalau buat sendiri kan lebih enak..supnya juga bisa lebih istimewa isinya..hihi. Kalau aku buat cream supnya, pakai daging asap, sosis dan jamur..jadi..yummy..! Yodha aja suka..:D

Membuat supnya juga sangat mudah dan cepat, tinggal buat sup cream, lalu di tuang di mangkuk tahan panas, tutup dengan puff pastry, panggang dalam oven suhu tinggi 10 menit..dan..voila..Zupa Soup istimewa..ala resto atau sajian pesta..siap dala sekejab mata. Kunci utama agar puff pastrynya bisa mengembang sempura dan berlayer adalah, isian supnya jangan terlalu penuh, cukup 3/4 tinggi mangkuk aja, agar ketika di panaskan di oven dan sup menjadi bergolak, nggak akan membasahi puff pastrynya, jadi nggak mau negmang bagian bawahnya. Atau jika mau aman..panggang puff pastry terpisah..jadi bisa benar-benar renyah, tinggal di taruh di atas mangkuk sup, beres kan..hihi. Beberapa kali makan di resto Zupa supnya begitu kok, nggak harus menempel di mangkuknya. Karena jika atas mengemang dan bagian bawah yang kena sup masih mentah puff pastrynya kan malah nggak enak nanti..hihi. Satu lagi...pakai suhu tinggi ya, jika memanggang puff pastry, agar hasilnya bisa berlayer cantik dan mengembang sempurna. Suhu oven sekitar 200 C api atas bawah.

Oke..mau coba Zupa Soup ala aku..yukk mari catat ya..bisa jadi sajian pesta di rumah juga nich..pasti di sukai banyak tamu..:D

Zupa Soup

Bahan :
1 lembar kulit puff pastry siap pakai
3 lembar daging asap, potong kotak kecil-kecil
3 buah sosis, potong kota kecil-kecil
50 gram jamur merang, potong kecil-kecil
250 ml susu cair
250 ml air kaldu ayam / atau air biasa
2 sendok makan maizena, larutkan dengan  50 ml air
1 batang daun bawang, iris halus
½ buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, geprek, cincang halus
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk dan garam sesuai selera
1/8 sendok teh pala bubuk
¼ sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan margarin untuk menumis

Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga matang dan harum.
Masukkan daging asap, sosis, dan jamur, aduk hingga matang
Masukkan susu dan air kaldu, serta semua bumbu
Masak hingga mendidih
Masukkan tepung maizena , aduk rata hingga soup meletup letup
Tuang ke dalam mangkuk tahan panas hingga ¾ tinggi mangkuk
Tutup dengan kulit puff pastry siap pakai, lalu panggang dengan suhu 200 C, selama 10 menit,  hingga puff pastry mengembang dan berlapis, serta renyah.
Sajikan hangat segera setelah di panggang


17 comments :

  1. Pascal bilangnya sup lepek hahaha karena pastrynya kalau dicelup ke sup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.,.iya Mak..jangan di celup semua pastrynya biar tetep kres setiap suapan..:D

      Delete
  2. Kl pakek oven biasa bisa gak mbk? Pengen coba tapi punyanya oven yg pkek kompor hehehe

    ReplyDelete
  3. Belum pernah makan Zupa Soup dan pengeeeeeennn :(

    ReplyDelete
  4. Duh pagi2 baca postingan ini jadi laper hehe
    Kalau di sini yang juga jadi bintangnya pesta itu tekwan Mbak hehe
    Maklum deh tetanggaan sama SumSel, seleranya mirip mirip

    ReplyDelete
  5. Mba diah beli cup seperti itu harganya berapa ya mba aapakah dijual perlusin atau perbiji terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. per biji, di Sango Semarang..lupa aku harga..karena belinya sama byk brg jd lupa satuannya :D

      Delete
  6. Mbak diah..mohon dibantu, saya selalu bingung ketika ada resep yg menyebutkan susu cair. Sebenernya susu yg bisa kita pakai itu susu yg bagaimana ya.. Apa susu UHT seperti merk ult** milk gtu.. Atau apa ya..? Terima kasih

    ReplyDelete
  7. Mbak diah..mohon dibantu, saya selalu bingung ketika ada resep yg menyebutkan susu cair. Sebenernya susu yg bisa kita pakai itu susu yg bagaimana ya.. Apa susu UHT seperti merk ult** milk gtu.. Atau apa ya..? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Y amba.yang penting susu cair tawar, merk apa aja boleh :)

      Delete
  8. Ini soupnya kaya buat mushroom soup ala2 pizza hut ya..cuma beda nggak pakai jamur kancing n di bland gtu..tapi mirip rasanya

    ReplyDelete