Sunday, October 4, 2015

Tips Membuat Puff Pastry Aneka Isi


Hari ini di rumah aja..jadi tadi siang untuk menu makan siang aku buat Zupa soup..nah..karena masih ada sisa puff pastry siap pakai, iseng aku buat puff pastry isi selai dan di beri toping buah. Ternyata Yodha suka...enak..kriuk seger. Dan yang pasti lebih praktis dan cepat buatnya. Biasanya, kalau isi vla dulu kan musti repot buat vlanya. Nah..ini versi malas buat vla, tadi nengok kulkas, ada selai blueberry..sipp dah..bakalan ada sensasi rasa manis segar mengimbangi gurihnya puff pastry..jadi sensasinya enak banget. Di kulkas juga ada stock buah kiwi dan nanas madu, enak ternyata buat toping puff pastry, selain itu penampilannya juga lebih cantik. Ternyata Yodha juga suka tadi..habis 3 dia. Tapi buah segar atasnya di sisihin..sama Yodha..hihi..dia mau pakai selai aja. Padahal kiwi sama nanas madu..kan enak seger Kak..hihi.

Membuat puff pastrynya..ndak perlu repot nguleni adonan melipat hingga 3 kali dan bolak balik menggilas adonan lalu simpan di kulkas..aku pernah buat sendiri, ribet bener..lama dan hasilnya malah neg, karena pastry margarinnya eneg. Mending beli jadi aja..praktis..langsung pakai, dan bisa tipis renyah layernya. Dan yang jelas nggak neg dan ngendal di mulut pastry margarinnya. Harganya juga nggak terlalu mahal kok..sekitar 30  ribu udah dapat berlembar-lembar puff pastry siap pakai, bisa di pakai berkali-kali..buat bikin puff pastry aneka isi, cheese stick untir, pisang bolen, zupa soup, dll. Enak..mudah dan cepat..hihi. 

Puff pastry siap pakai ini juga paling cocok untuk bikin zuppa sup, karena hasilnya akan lebih cantik mengembang tinggi, berlayer-layer, tapi ringan dan renyah rasanya..jadi pas banget, jika di padu dengan sup cream yang hangat. Jika buat adonan sendiri puff pastrynya, jika belum benar-benar ahli, kadang adonan masih nggak mau ngembang ketika di panggang di atas mangkuk sup, jadi kurang cantik penampilan zupa soupnya. Tip tentang Zupa soup ini, nanti aku ulas dan posting terpisah ya teman-teman.

Sekarang kita buat cemilan mewah ala hotel yuk...hihi. Kalau sarapan di hotel kadang banyak kan puff pastry aneka rupa dan isi, nah..kita bisa kok buat sendiri di rumah..easy peasy..alias super duper mudah. Pertama..beli dulu puff pastry siap pakai, biarkan agak melemas, di suhu ruang. Tapi jangan sampai kelamaan di suhu ruang lho, nanti jadi lembek dan susah di bentuk. Cukup sampai puff pastrynya agak lemas saja. 

Selanjutnya siapkan cetakan sesuai selera, kalau aku suka bentuk hati, dua ukuran ya, satu besar dan satu kecil. Potong puff pastry dengan cetakan besar dulu, ambil dua lembar, satu bagian lubangi dengan cetakan yang lebih kecil, lalu tangkupkan keduanya. Jelas ndak teman-teman ? Jika sudah di tangkupkan, letakkan di loyang, panggang dengan api besar, suhu 200 C, sekitar 10 menit aja udah matang dan garing puff pastrynya. Aku udah coba  buat puff pastry..pakai oven besar, sama oven kecil, ternyata hasilnya lebih mengembang bagus yang oven kecil, mungkin karena panas bisa lebih maksimal, karena ruangan oven lebih sempit. tapi harus di awasi ya, karena puff pastry itu mudah gosong jika kelamaan ngovennya. Setelah matang, jika sudah dingin, olesi bagian yang cekung, dengan selai atau vla, beri toping buah segar. Hemm..yummy..enak kriuk dan seger.





Oke..semoga bermafaat ya tips hari ini teman-teman, snack mewah tapi hemat  bisa kita buat sendiri kok di rumah. Selamat mencoba..:D



8 comments :

  1. Wahhh, enak bener ya keliatannya mba...hehehe. Oh ya, ini kalo udah dingin, masih kriuk ga ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih dong..sampai besoknya juga masih kriuk..tapi kriuk khas puff pastry ya, bukan kriuk keripik..kriuk lembut :D

      Delete
  2. enakkkk ni kayaknya mba diah. puff pastry djual kek di superindo gtu ga ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa bener, di superindo ada..:)

      Delete
  3. haloo mba salam kenal ^^
    mba ini kalo disimpen buat besok, enaknya masuk kulkas atau engga ya?

    ReplyDelete
  4. mamah diah sangat menginspirasi di usia saya ini. suka sekali dengan semua postingannya. beberapa sudah aku praktekan. salam kenal mamah :)

    ReplyDelete
  5. Mba..ini pake olesan kuning telur lagi nggak di atasny?

    ReplyDelete
  6. Mba..ini pake olesan kuning telur lagi nggak di atasny?

    ReplyDelete