Thursday, October 8, 2015

Hawaiian Pizza


Membuat Pizza sendiri di rumah..nggak sulit lho teman-teman. Hari ini aku lagi ingin makan Pizza homemade hangat yang fresh dari oven sendiri, maka tadi membuat adonan sebentar saja..sudah bisa di nikmati Pizza hangat yang empuk dan enak. Berbagai macam Pizza udah pernah aku buat, ada beberapa versi juga sudah pernah aku posting di web ini, nah..kali ini aku ingin membuat Pizza yang sedikit beda. Kemaren habis beli nanas madu banyak..sepertinya enak juga buat toping Pizza. Dan ternyata memang ada lho..Pizza yang memakai toping Nanas ini..namanya Hawaiian Pizza. Mungkin karena memakai toping Nanas ya teman-teman.yang identik dengan Hawaii..:D

Untuk Pizza dough nya, kali ini aku lagi ingin yang agak tebal, bukan tipis renyah, jadi lagi pengen Pizza yang gigitannya terasa gitu, seperti Pizza kalau beli di resto fast food Pizza terkenal gitu lho teman-teman. Jadi sengaja aku buat agak tebal adonannya. Pizza jenis ini..lebih mantap gigitannya, ada rasa empuk, sedikit liat dalamnya..khas roti Pizza gitu dech. Untuk jenis Pizza seperti ini, sebagainya adonan di panggang terlebih dahulu hingga setengah matang, agar matang dan mengembang adonannya, baru di beri toping dan di panggang kembali sebentar hingga toping matang. Kelemahan cara ini adalah Pizza jadi agak pucat warnanya, tapi tetap bisa matang sempurna dan empuk tekturenya. Jika di panggang lagi hingga kecoklatan dan terlalu lama, nanti pizza malah jadi keras. Tapi jika suka pizza kres renyah, ya nggak masalah di panggang hingga kecoklatan luarnya. Kalau aku suka Pizza yang empuk, seperti yang aku buat kali ini.

Toping untuk Hawaiian Pizza yang utama, tentu saja nanas, nanas bisa pakai nanas madu atau nanas lokal juga nggak masalah. Selain nanas, ada ham, yang di potong kecil, kemudian di beri toping saus Barbeque atau saus lain sesuai selera, beri keju Mozarella atasnya, lalu di panggang dech hingga matang. Ada juga yang atasnya di tambah potongan daun bawang, yang di potong serong. Tapi aku tadi lagi nggak punya daun bawang, jadi aku  pakai bwang bombay aja, lebih enak dan wangi buat Pizza. Jadi perpaduan rasa Hawaiian Pizza ini..enak, empuk roti Pizzanya, gurih dari daging ham, dan asam manis dari nanas, enak banget. Jadi nanas ini menyumbang rasa seger..pas banget untuk topping Pizza lho ternyata teman-teman.

Untuk membuat adonan pizza itu mudah, tidak sesulit menguleni adonan roti atau donat. Nggak perlu di uleni lama dan kuat adonan akan cepat kalis. Nggak perlu telur ataupun margarin..simple banget, pasti selalu ada bahannya di rumah. Jadi..masih ragu buat Pizza sendiri ?..Ah..rugi dong..! Kalau beli Pizza kan mahal banget teman-teman..kalau buat sendiri, lebih ekonomis lho..dan enak. Siapa tahu bisa jadi ide usaha rumahan juga...? :D

Kunci pembuatan adonan Pizza yang mudah dan enak, adalah di pemilihan tepungnya. Pilih tepung terigu protein tinggi yang berkualitas. Aku kalau membuat Pizza, roti donat dll, selalu pakai tepung terigu Tali Emas dari Sriboga.Tali Emas adalah tepung roti protein tinggi, sempurna untuk produk baking yang membutuhkan pengembangan maksimum. Tali Emas ini cocok untuk membuat aneka roti, donat, pizza, dll. Tali Emas menciptakan produk dengan volume mengembang tinggi dengan pori-pori seragam, warna putih terang dan tekture jadi empuk dan  lembut untuk aneka roti, dll. Kandungan protein Tali emas ini  11.5 - 12.75 persen, jadi adonan menjadi lebih mudah mengembang dan mudah di tangani. Enak dech, pokoknya, membuat aneka olahan roti, donat, pizza dengan tepung terigu tali emas ini, lebih mudah dan menyenangkan.



Okey, sekarang kita siapkan dulu ya, bahan-bahan untuk membuat Pizza nya. Yang pertama kita timbang 270 gram tepung terigu TALI EMAS SRIBOGA, 1/2 sendok makan ragi instan, 1/2 sendok teh garam, dan 150 - 170 ml air hangat ( boleh di tambah / di sesuaikan, jika kurang ). Oh ya..jangan lupa 2 sendok makan minyak goreng ya. kalau Pizza luar sich pakai Olive oil atau Canola oil..tapi..minyak goreng juga oke, murah meriah..hihi..no problem..!


Campur semua bahan, tuang air hangat dan uleni hingga kalis, dan adonan tidak menempel di mangkuk. Takaran air hangat jika kurang boleh di tambah sendiri ya, jadi adonannya itu kalis lemes ya, nggak terlalu kering, jadi enak buat di pipihkan dengan cara di lebarkan pakai tangan saja hasil akhir adonannya. Jika punya mixer yang bisa buat adonan roti, masukkan semua bahan, tinggal di mixer sebentar, bisa juga. Adonan pizza itu easy peasy..mudah banget teman-teman penanganannya..karena kita nggak harus menargetkan tekture adonan harus mengembang tinggi seperti roti atau donat ya..jadi..semua bahan masuk bareng..nggak masalah.


Setelah adonan kalis, diamkan selama 30 - 1 jam, tergantung cuaca ya, tadi aku setengah jam saja sudah mengembang jadi dua kali lipat.


Sambil menunggu adonan siap, kita siapkan bahan topping, yaitu, saus barbeque, saus sambal secukupnya dan sesuai selera. Daging asap yang di potong kecil, 2 lembar, Nanas 1/4 buah yang di potong kecil, dan 1/2 buah bawang bombay yang di potong-potong panjang, dan keju Mozarella parut secukupnya.


 Setelah di fermentasi, adonan akan mengembang dua kali lipat seperti ini.


 Kempiskan adonan untuk membuat gas di dalamnya.


Bagi adonan menjadi 3 bagian, bulatkan, lalu tipiskan hingga ketebalan sesuai selera, tusuk-tusuk dengan garpu agar tidak menggembung waktu di panggang. Lalu panggang selama 5 - 7 menit , tergantung panas oven masing-masing ya. Gunakan suhu tingga sekitar 200 C. Untuk memanggang Pizza, aku lebih suka pakai oven kecil, karena lebih sempit ruangan oven, jadi lebih cepat memanggangnya di banding pakai ovenku satunya yang agak besar.


Beri olesan saus pada adonan Pizza yang sudah di panggang setengah matang, saus sesuai selera, daging ham, keju Mozarella, dan bawang bombay..serta nanas.


Panggang selama 10 menit hingga toping matang dan keju meleleh. Sajikan hangat dengan saus sesuai selera jika suka.



Oh iya, teman-teman yang baru belajar baking, bisa lho jika mau ikut pelatihan basic roti dan cake, Di SCC ( Sriboga Cutomer Centre ) Semarang , Jl. S Parman no 45 Semarang, telp 024-76420080. Teman-teman juga bisa ikut pelatihan advance, jika sudah bergabung menjadi member SCC. Cara bergabung bisa secara online di www.memberscc.com. Pendaftaran member gratis.


15 comments :

  1. Waaah resepnya gampang bangetz, oea mbk klo semisalnya pakeg keju biasa bisa? Bukan yg keju mozarella
    Q tiap hari nongkrongin blogny mbk didi buat liat resep2ny, ngiler pengen bikin tapi ad si kecil mesti rempong kl di tinggal hahaha
    Salam kenal dr q ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba Rizka..salam kenal juga mba :)
      Waktu si kecil bobok Mba..kan bs di tinggal bentar..bikin pizza..:D

      Delete
    2. Akhirnya, dr sekian lama tereksekusi juga mbk pizza nya hihihi ternyata gampang banget tp q gk pakeg nanas mbk #karna gak ada hahaha akhiry q ganti jagung manis :D sama sama yummy nya

      Delete
  2. Hehehe iya mbk kl sabtu minggu nyempet2in bikin cemilan mumpung ada yg bantuen momong hihihihi
    Pagi2 q mesti buka blog in mbk, kl baca2 gtu rasay pengen bgt nanya apa2 sm mbk didi coba deket ud tag samperin sayank jauh wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Liat nanasnya pasti Seger dan enak ya, Mba... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seger mba..apalagi nanas madu.asem manis seger banget :D

      Delete
  4. Nanasnya pasti bikin seger banget :)
    Btw saya belum pernah lihat jenia tepung yang ini
    Mungkin mesti cari ke TBK besar dulu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..produk Sriboga, ada yang protein sedang : Beruang Biru, dan protein rendah : Pita Merah, juga...:)

      Delete
  5. Enak mbak..saya suka pizza yang topingnya nanas, baru tw namanya hawaian pizza. Mba Didi ada resep pizza yang bisa dimasak dengan teflon kah? hehe. Maturnuwun mba..

    ReplyDelete
  6. Mba Diah, untuk air hangat pakai berapa ml?

    ReplyDelete
  7. Mbak didi kalo mau roti pizzanya krispy kayak italian pizza gimana mbak?? Asi resepnya donk....

    ReplyDelete
  8. Saya sudah pernah mbak coba pakai trflon karna malas ngeluarin oven.yg trrjadi adalah kapok,gak mau lagi.hehe

    ReplyDelete
  9. mbak, bisa bagi resep pizza waffle ga..apa klo sprti itu adonannya rotinya bs disamakan dgn adonan roti diatas

    ReplyDelete