Friday, October 30, 2015

Roti Sosis Tanpa Telur Tapi Empuk dan Lembut...Bisa..!


Yeay..hari ini aku happy banget. Hasil uji cobaku buat roti sosis tanpa telur berhasil. Walau tanpa telur, hasil rotinya itu tetap empuk dan lembut. Dari satu adonan, aku buat roti sosis oven dan goreng. Nggak kalah dech sama roti yang pakai kuning telur 4 butir yang pernah aku buat. My favorit, tentu saja yang di goreng..hihi. Setelah   matang dari penggorengan, aku coba segigit..hemm..lembutnya...langsung menggoda lidah untuk menggigit lagi..dan lagi..akhirnya..satu roti isi sosis ukuran besar di tangan sudah hilang..hahah. Tanganpun nggak bisa  di kontrol lagi..ingin segera mencomot roti hangat lain yang masih menunggu di serokan. Oh no..stop..not now..! hihi. Kapan dietnya..hayo..kata hatiku..!

Roti tanpa telur bisa empuk ?..Bisa..rahasianya..adalah pakai Tepung Kentang Flakes. Dari dulu aku penasaran, apakah akan berhasil dalam adonan, jika aku campur langsung tepung kentang flakes tanpa di seduh langsung ke adonan roti. Ternyata..it works !..Berhasil membuat adonan roti jadi empuk, walaupun tanpa telur. Kunci lain, pakai susu hangat dan mentega jadi klop dech..rotiku enak dan super lembut.

Satu adonan aku bagi dua, satu bagian aku panggang, jadi roti sosis flat dan satu bagian aku jadikan roti gulung isi sosis dan aku goreng. Hasilnya sama enak dan lembut. Tapi tentu saja yang di goreng lebih gendut-gendut hasilnya. Roti goreng kan terendam minyak panas, jadi pengembangan bisa double hingga 3 kali ukuran semula. Jadi jika mau di goreng, aku sarankan ukuran kecil-kecil saja ya teman-teman rotinya. Karena akan mengembang gede, dan agar   lebih matang sempurna hingga bagian dalam.

Kadang sering aku dapat pertanyaan dari beberapa teman, roti goreng dalamnya mentah, itu karena tehnik menggoreng yang kurang benar, atau alat penggorengan yang kurang tepat. Untuk menggoreng roti, sebagiknya pakai tehnik deep frying, jangan pelit minyak. Jika ada, pakai minyak padat akan lebih bagus hasilnya. Lebih keset dan nggak berminyak dan lebih awet jika mau di pakai buat bakulan. Karena nggak mudah tengik dan awet empuk rotinya. Minyak padat itu apa ?...Lihat di SINI ya ulasannya.

Wajan.....atau panci untuk menggoreng, gunakan yang berbahan tebal agar panas minyak stabil dan nggak mudah gosong di luar, mentah di dalam. Minyak di panaskan dulu, tapi panas sedang stabil, jangan kepanasan juga. Menggoreng roti dalam satu wajan, jangan terlalu banyak ya, cukup dua atau 3 biji agar bisa matang dan mengembang sempura, serta suhu stabil. Okey..semoga nggak ada yang gagal menggoreng roti lagi ya..:D Jika pertama kali mencoba dan masih gagal, coba lagi..nggak boleh menyerah ya..apalagi langsung menyalahkan resep ya..hihi. Kasian resepnya di salahkan melulu..lol..! Ingatlah..proses pembuatan roti juga berpengaruh ke hasil akhir, jadi perhatikan baik-baik stepnya, terutama untuk pemula yang baru belajar membuat roti..jangan takut gagal..semangat..!

Adonan roti kali ini agak beda dengan adonan roti biasa yang kalis keset, kali ini aku coba adonan dengan lebih banyak susu, jadi adonan agak lengket di awal, tapi hasil akhir adonan super lembut. Jadi itu kuncinya sehingga walau tanpa telur hasil roti tetap empuk dan lembut. Enak dech. Nggak rugi berantem dengan adonan sepagian..apalagi yang roti gorengnya..mengembang gede, sempurna. Kalau buat jualan bisa untung nich..hemat telur, adonan bisa mengembang gede, dan hasilnya seempuk pakai banyak kuning telur. Buat teman-teman yang ada anggota keluarganya alergi telur, juga bisa mencoba resep roti ini, semoga bermanfaat ya. Satu hal yang harus di ingat, membuat roti butuh kesabaran menunggu adonan mengembang, membentuk dll, tapi percayalah, jika hasilnya sepadan, layak untuk di coba. Hasilnya..enak..enak di lidah..dan enak di kantong..hihi. Nggak perlu bayar mahal untuk menikmati roti hangat yang empuk dan lembut yang baru keluar dari oven atau wajan. Nyam..! 

Oh ya..tepung kentang flakes, sudah tau kan..jika belum lihat di SINI ulasannya. Di TBK ( toko bahan kue ) juga ada yang besar biasanya....yang merk impor tuch. Kalau mau beli online..di aku juga ready stock..banyak..baru datang stock baru minggu kemaren. Tepung kentang flakes yang aku jual fresh dan buatan baru, nggak pakai pengawet dll. Buatan lokal Jawa Tengah...jadi tentu harga bersaing ya di banding yang impor..:D, jika mau order..sms aja ke 089654712500. Okey..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka resepnya.

Rori Sosis Tanpa Telur

Bahan Adonan :

270 gram tepung terigu protein tinggi
2 sendok teh ragi instan ( Pakailah ragi yang baru dan masih aktif  )
260 ml susu cair hangat ( Panaskan hingga suam-suam kuku saja, jangan mendidih ya )
2 sendok makan gula pasir
50 gram Tepung Kentang Flakes ( nggak perlu di seduh )
1/2 sendok teh garam
2 sendok makan mentega tawar ( aku pakai BOS filma, pengganti butter aja..ekonomis, buat yang suka butter mahal dan wangi..silahkan pakai itu juga boleh..:D)

Cara Membuat Adonan :
Campur tepung terigu, tepung kentang flakes , gula dan ragi, aduk rata
Tuangi susu cair hangat sedikit demi sedikit, lalu uleni hingga rata dan lembut. Susu cair hanya hangat suam-suam kuku ya..bukan panas. Kalau panas bisa membunuh raginya..nanti jadi nggak mau mengembang adonan. Pada tahap ini adonan memang lengket, tapi jangan khawatir. Masukkan mentega dan garam, aduk rata dan uleni lagi hingga jadi adonan yang lembut. Mentega akan mengurangi lengket adonan. Jika sudah halus adonan seperti foto di bawah ini, tutup plastik atau serbet, diamkan 1 jam agar mengembang ( Fermentasi 1 )


Setelah satu jam, adonan akan naik dua kali lipat, jadi seperti ini. Tonjok adonan agar udara yang ada di adonan keluar.


Angkat adonan yang sudah mengembang ke tempat yang rata permukaannya, taburi tangan dengan sedikit terigu agar adonan tidak lengket, gulung-gulung adonan agak memanjang, sambil di tekan-tekan agar udara yang masih tersisa keluar dari adonan. Potong adonan sesuai selera, tergantung mau seberapa besar roti sosisnya.


Ambil satu potong adonan. Gilas memanjang, isi dengan sosis, bungkus sosis dengan adonan. Potong-potong, tapi jangan sampai putus ya. Lalu buka potongan adonan roti sosis, ke sisi kiri dan ke kanan, berlawanan, seperti foto berikut.


Letakkan roti sosis di loyang yang sudah di oles sedikit mentega. Diamkan 20 menit kembali untuk ferementasi tahap 2. Jika adonan sudah mengembang kembali, panggang di oven yang sudah di panaskan di suhu 200 C selama 15 menit hingga matang atau sesuai panas oven masing-masing ya.


 Done..! Roti sosis panggang hangat dari oven, siap di sajikan dengan saus sesuai selera.


Selanjutnya kita buat roti goreng isi sosis, dari adonan yang sama. Ambil satu potong adonan, gilas memanjang. Lilitkan ke satu buah sosis. Diamkan 20 menit untuk fermentasi kedua, lalu goreng hingga matang. Jangan lupa cubit-cubit bagian sambungan pada ujung lilitan adonan, agar tidak terbuka sewaktu di goreng.


Dan..ini dia hasilnya..roti goreng isi sosis yang menul-menul..empuk dan lembut, siap di sajikan.


18 comments :

  1. Mba Di... mentega bisa diganti margarin engga ya? Ohiya..klu mau order tepung kentang flakenya sms ke no mana ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di postingan di atas sudah disebutkan no hp nya

      Delete
    2. Ya mba..:D..089654712500 atau email di bundadidi@gmail.com ya

      Delete
  2. Mba diah,,, kmrn ak minta tlg diemailin price list ke danda.radhitsa@gmail.com bl sempat ya... :)
    Terimakasih..

    ReplyDelete
  3. Mbak di..no hp yg dipakai yg mana ya? Bbrp minggu lalu sms order sutil donatnya, tp blm ada respon, salah no hp apa ya sayanya

    ReplyDelete
  4. Mbk di.....lam kenal ya, aku suka dg resep" jenengan krna mudah dan hasilna psti memuaskan...:) . Tks

    ReplyDelete
  5. Mbak Diah, saya sdh coba dg isian kumbu kacang merah untuk yg dioven, dan kumbu kacang hijau untuk yg digoreng. Adonan lentur dan enak dibentuk, dan mengembang 2x lipat, hanya permukaan tdk mulus, ada bercak2. Apa kurang kalis ya? Lalu, roti yg dioven tdk mengembang maksimal, tdk mentul2. Oven sdh saya panaskan 25' seblmnya, tapi mungkin temperatur kurang panas. Agak sedih... Yg digoreng lebih mengembang, lebih kres2. Lain kali saya coba lagi. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalau ngoven roti perlu peralatan oven yang memadai mba..jk mau maksimal..punya Sy juga nggak ngembang gede kok yang di oven..:D Suhu min 200 C ya jika oven..::)

      Delete
    2. Ya, oven saya masih otang. Kemarin di-kira2 aja temperaturnya. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Delete
  6. Bismillaah.

    Mba, tepung kentangnya bisa diganti nggak?

    ReplyDelete
  7. Bismillaah.

    Mba, tepung kentangnya bisa diganti nggak?

    ReplyDelete
  8. Dapet tepung kentangnya dimana ya say?

    ReplyDelete
  9. Dapet tepung kentangnya dimana ya say?

    ReplyDelete
  10. dilihat gambarnya sekils saya kira wortel wkwkwk. tapi luar bisa nih resepnya semuanya kreatif

    ReplyDelete
  11. dapat lagi resep cemilan yang lain dari mb, makasih ya mb

    ReplyDelete