Thursday, October 8, 2015

Tips Merawat Kulkas


Kulkas...adalah salah satu perabot dapur yang wajib di miliki di rumah ya teman-teman. Karena sangat berguna untuk menyimpan makanan atau bahan makanan agar tidak mudah basi. Sudah berapa kali ganti kulkas hayo teman-teman..atau ada yang awet puluhan tahun ?..Hihi..sipp dah. Kalau aku termasuk udah 3 kali ganti..hahah. Bukan apa-apa sich..yang awal nikah..kulkas kecil..ada sedikit nggak beres sana sini ganti baru dua pintu. Terus rusak apanya lupa..beli lagi dech. Terakhir beli kulkas kecil lagi buat dapur atas..jadi dech..ada dua kulkas di rumah. Yang bawah buat naruh bahan-bahan makanan..yang atas kebanyakan untuk naruh minuman aja..sama bahan-bahan buat sarapan, karena Yodha  kalau sarapan suka di lantai atas.

Nah..bagaimanakah merawat kulkas agar awet dan nggak bolak balik ganti..aku tuliskan tipsnya ya teman-teman, buat pelajaran aku juga agar lebih berhati-hati merawat kulkas, biar awet juga dan hemat listrik tentunya. Jika kulkas awet dan tahan lama, kita bisa berhemat kan, bisa beli gadget dapur lain..hihi. Sekarang ini..banyak sekali..pilihan merk kulkas ya teman-teman dengan design yang menarik. Tinggal di sesuaikan selera dan kantong. Tapi jika mau   yang kualitas paling baik, berkonsultasi aja dengan sales atau pramuniaga di toko tempat teman-teman membeli, pasti mereka akan memberikan saran terbaik.

Kala aku kulkas dapur bawah merk Korea, ada kelemahan yaitu papan rak nya dari plastik, jadi jika beban terlalu berat dan suhu terlalu dikit..bisa *mleyot ( penyok ) lho..beneran..hihi. Atau aku yang kebangetan nyetel kulkasnya terlalu dingin juga kali ya..tapi merk ini..biar di setel medium memang dingin banget. Jadi kadang-kadang sayuran malah cepat rusak. Akhirnya aku coba merk keluaran Jepang yang buat kulkas lantai atas, bentuknya simple, minimalis, tapi memang kata Pramuniagannya lebih unggul tehnologinya, ada fasilitas tombol defrost juga jika mau nguras bunga esnya. Papan raknya yang buatan Jepang ini juga dari kaca, jadi otomatis lebih kuat menahan beban isian kulkas yang berat.

Nah selanjutnya, bagaimanakah cara merawat kulkas dengan baik, aku medapat ilmu tambahan juga nich, belajar sini..:

Isilah kulkas dengan secukupnya. Jangan terlalu banyak barang yang dimasukan, apalagi barang yang memiliki bobot berat seperti botol-botol.
Hindari menyimpan air minum yang masih panas di dalam kulas. Tunggulah sampai agak dingin.

Bersihkan kulkas menggunakan air yang hangat dengan dicampur sabun cuci piring. Gunakan bahan yang lembut seperti spons untuk melapnya.

Biasakan pintu kulkas dalam keadaan tertutup rapat supaya hemat listrik.

Jauhkan kulkas dari sumber panas seperti kompor.

Gunakan jarak atau ruang antara kulkas dengan dinding atau tembok. Jaraknya minimal 15-20 cm.

Bersihkan kondensor yang posisinya ada di belakang kulkas dengan teratur dari debu dan kotoran, supaya proses pelepasan panasnya bagus.

Biasakan sesekali  membersihkan bagian freezer, dengan melelehkan bunga es. Hal ini dilakukan supaya suhu kulkas terjaga. Jangan mengikis es di freezer dengan pisau karena dapat merusak bagian pelapisnya.

Aturlah suhu kulkas menurut kebutuhan. Hindari pengaturan suhu terlalu rendah, karena semakin rendah suhu, listrik semakin boros.

Jika terjadi pemadaman listrik. Jangan terlalu sering membuka kulkas. Bila aliran listrik menyala kembali, biarkan dahulu 5 menit, baru dinyalakan. Hal ini untuk membiarkan kompresor benar-benar di-reset ke posisi awal, sebelum berjalan normal lagi.

Hal penting dari kulkas yaitu kompresor yang digerakkan oleh energi listrik. Kalau tidak digunakan atau diisi dengan bahan-bahan makanan, lebih baik dimatikan. Jika tidak digunakan dalam  waktu lama, bisa merusak kompresor.

Tips lainnya, simpan bahan makanan di kulkas dengan di tutup rapat ya teman-teman gara aroma nggak tercampur satu sama lain. Untuk bahan makanan mentah atau frozen food juga akan semakin awet daya simpannya jika di simpan dalam wadah tertutup. Gunakan wadah tertutup yang aman ya teman-teman..yang kedap udara, sehingga bahan makanan yang di simpan bisa tetap fresh dan tahan lama. Atau jika mau hemat tempat, aku suka menyimpan bahan makanan di plastik yang tebal yang aku sealer sendiri. Terutama buat di kulkas bawah yang banyak menyimpan makanan seperti daging, ikan, ayam, dll, lebih muat banyak di freezer jika pakai plastik yang food grade tapi. 
Untuk wadah plastik kedap udara, pilihlah jenis yang terbuat dari bahan HDPE (high density polyethylene). Wadah dengan bahan ini biasa digunakan untuk aneka wadah kedap udara yang cocok untuk menyimpan makanan dan bahan makanan.  HDPE merupakan salah satu bahan plastik yang aman digunakan karena tidak banyak menimbulkan reaksi kimia dengan makanan dan minuman di dalamnya. HDPE bersifat kuat, keras, buram, dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Merk banyak, silahkan pilih sesuai selera. Kalau aku suka beli macam-macam, asal bentuknya cantik dan aman, soalnya biar variatif..hihi.





13 comments :

  1. Wahh menarik sekali tipsnya mbk,bagi tips menyimpang tepung-tepungan dong mb,?soal ya kalau tepung terigu ini sering berkutu kalau lupa mengolahnya. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simpan di wadah tertutup dan kering mba :)

      Delete
  2. Terima kasih untuk infonya mbk :, jadi semakin tau :D

    ReplyDelete
  3. Terima kasih infonya Mbak :)
    Jadi kangen kulkas lamaku, pas pindahan dibeli orang hehe
    Sekarang di kota kelahiran di rumah orang tua pakai kulkas lama yang belinya pas saya SMA, tiap 2-3 hari harus dicairkan karena freezernya membeku, bukan bunga es lagi tapi benar-benar es batu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..sama mba..dengan nasib kulkasku yang pertama dulu..sebel ya..jadi es semua..:D

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. makasih mak tipsnya,baru tahu bersihinnya pakai sabun,saya cuma pakai air aja hehehe

    ReplyDelete
  6. Makkkk... rapi dan bersih bgt kulkas nya.. punya saya lohhh.. ga karuan..hehehe

    ReplyDelete
  7. kulkas keluaran lama malah awet mba,dirumah ibuku ada kulkas yg dibeli thn 1995 sampe sekarang blom pernah servis sama sekali,sedangkan dirumah saya beli thn2013 udah pernah servis satu kali gara frezernya suka turun suhunya mendadak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kulkas mirip mobil ya mba..yg keluaran tahun lama malah lebih berkualitas..hahah

      Delete