Tuesday, October 13, 2015

Bakso Ayam Homemade


Tadi waktu bongkar tepung Acine kiriman dari Tegal..eh di kasih sample produk baru dari supplier, bumbu bakso dan pengenyal..langsung dech penasaran coba, untung tengok di freezer masih punya stock dada ayam..aku timbang..pas 400 gram..seperti yang di butuhkan untuk satu adonan. Langsung dech berkutat sebentar di dapur..dan tara..mateng dech bakso ayam homamade..pakai bumbu tepung bakso siap pakai dari supplierku ini. Satu pack seperti acine kemasan kecil, di tulis sich tepung bakso, tapi aku sebut bumbu bakso aja, buat membedakan dengan tepung bakso tawar yang aku jual. Kalau tepung bakso yang aku jual kan tawar, selain bisa buat bakso, bisa buat empek-empek dan siomay juga. Kalau yang dari Acine ini udah berbumbu komplet, tinggal nambah daging aja.  Jadi lebih mirip racikan bumbu bakso. Dan lagi ini tepungnya hanya sedikit sekali, jadi mirip bumbu rempah khusus bakso aja.

Setelah aku coba untuk membuat bakso ayam..berhasil dech. Rasa kresnya dapat, karena pakai pengenyal juga. Tapi agak kurang tepungnya kalau aku..hihi. Mungkin karena aku suka bakso yang rada terasa gigitan tepungnya. Tapi untuk penyuka bakso yang kres terasa banget dagingnya...cocok dech pakai racikan bumbu ini. Atau untuk anak-anak, biar makan baksonya lebih bergizi, karena lebih banyak dagingnya di banding tepungnya. Rasa gurihnya juga pas, nggak berlebih, nggak pakai penyedap juga. Tapi aku tambahin gula pasir sedikit aja..jadinya pas enak dan gurihnya lebih muncul.

Terus cara buatnya juga mudah banget, tinggal di proses di food processor, lalu bentuk bulat-bulat, rebus dech..jadi bakso homemade yang enak. Besok pagi aku coba pakai daging sapi dulu ya teman-teman, sebelum aku publish bumbu racik bakso ini jadi produk jualanku yang baru. Jika hasilnya oke pakai daging sapi, besok tak langsung kulakan..hihi. Jadi tunggu ya..besok aku mau buat bakso Malang komplet ahh...hihi. Moga sukses dech. Aku tak nyiapain bahan dulu semua ya.

Oke..kali ini aku share dulu yang versi ayam ya...begini hasilnya.



Tadi aku buat bakso bakar aja..saus barbeque, Yodha suka, tapi kepedesan karena aku campur saus sambal juga...hihi. Launching bumbu racik baksonya besok sekalian ya teman-teman..setelah aku coba pakai daging sapi dulu..:D

 

17 comments :

  1. Halo mba diah.. salam kenal ya.. saya penggemar bakso dan sering juga buat bakso sendiri. Tapi kurang kenyal... ga kaya bakso2 resto gitu. Bahan pengenyal bakso pakai apa mba? Ada tips biar bakso lebih kenyal dan teksturnya halus? Terimakasih mba diah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba, yg biasa di pakai di resto2 gt : sttp, poly powder atau karagenan mba :)

      Delete
  2. Halo mba salm kenal.. ☺☺mw nanya pke food procesor yg bgs ap ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang agak mahal mba..aku beberapa kali beli yang murah cepat rusaknya..haha

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Bisa g mbk tepungnya tnp pengenyal..pgn bkin buat anak2 yg bebas bhan pengenyal..trims mbk.

    ReplyDelete
  5. Mbak, itu pengenyalnya dari bahan kimia atau alami? Trims. Liza

    ReplyDelete
  6. Mbk diah didi, mau nanya nich kl tepung double zero sriboga itu tepung protein ap y mbk?mohon penjelasannya, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu khusus untuk usaha mba nggak di jual eceran :D

      Delete
    2. Hihihi gt ya mbk, td q d kasih sm temenku sample gt mbk, kn kmrn ad demo masak d TBK deket rumah tp q gk bs dtg, jd cm d kasih smple tepung ny, tp q gk tau in tepungny d pakeg apa?kira2 bs d pakeg apa aja ya mbk :D

      Delete
  7. Salam kenal mo pesen tepung tahu acinya dong

    ReplyDelete
  8. Salam kenal mo pesen tepung tahu acinya dong

    ReplyDelete
  9. Halal ga ya mba pengenyal bakso itu?

    ReplyDelete