Monday, October 12, 2015

Tumis Ikan Pindang Bumbu Terasi


Tadi bingung mau masak apa buat makan malam, soalnya belum belanja ke pasar. Intip freezer, eh masih punya ikan pindang 2 keranjang beli Sabtu kemaren. Sipp dech selamat dari makan malam penyetan..hahah. Soale papinya Yodha..kalau malam ndak ada lauk..andalannya beli penyetan...bosan lah ...!

Mau di masak apa..ya..ikan pindangnya. Aku jadi ingat seorang temen di fb kemaren yang bilang..suka banget sama terasi asli Juwana yang beli dari aku. Alhamdulilah sich terasi Juwana yang aku jual nich memang laris manis, dan hampir semuanya teman-teman yang beli pada suka. Mba Maria yang inbox, sampai di minta order lagi sama suaminya..hihi. Tuch kan..kalau belanja online, jangan cuma beli baju, sepatu dll ya teman-teman..coba beli kebutuhan dapur juga..biar nggak di omelin suami...hihi..tapi malah di suruh belanja lagi kan..karena suami bisa ikut menikmati hasil belanjaan kita..:D 

Nah terinspirasi dari mba Maria yang katanya terasinya hanya di tumis sama cabe bawang aja udah enak..aku ikutan ahh..tapi aku tambahin ikan pindang keranjang yang di goreng. Jadi kayak oseng tapi nggak banyak pakai air, jadi kayak sambal iris terasi..enak banget..terasinya jadi lebih nendang rasanya. Jika nggak ada ikan pindang, bisa di ganti ikan teri, atau ikan asin juga enak.

Cara masaknya..mudah..pakai banget. Ikan pindang itu ikan keranjang atau ada yang nyebut ikan cuwe dll. Jadi intinya ikan laut yang di kukus / di rebus dengan garam. Jadi sudah gurih dan matang sebenernya. Biasa sebelum di masak di goreng dulu agar tidak hancur. Harganya murah meriah..tapi enak...! Cobain yukkk...:) Jika mau lebih pedas, tambahin cabe rawit merah ya...aku pakai cabai merah besar aja tadi. Buat penggemar pete, bisa sekalian di cemplungin juga lho..hihi...biar tambah meriah...:D

Tumis Ikan Pindang Bumbu Terasi

Bahan :
2 keranjang  ikan pindang, kira2 6 ekor isinya
4 buah cabai merah besar, 4 cabai hijau besar 
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
1 buah tomat merah, potong-potong
2 sendok teh terasi bakar, haluskan
1/4 sendok teh gula merah
Garam secukupnya

Cara Membuat :
Goreng ikan keranjang hingga matang
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan layu
Masukkan cabai dan tomat, aduk hingga layu dan matang cabainya
Masukkan terasi, gula dan garam dan sedikit air, 50 ml aja, hanya untuk mencampurkan bumbu-bumbu
Masukkan ikan goreng, aduk rata dan tumis hingga bumbu meresap, cicipin rasanya. Angkat.
Sajikan hangat


6 comments :

  1. Kebetulan aku juga lagi punya stok ikan pindang mba... langsung masak ah buat makan malam. Mksh mba ide resepnya. Dimakan pake nasi anget pasti enak nan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba , met coba ya..nglawuhi banget ini :D

      Delete
  2. Waduhhh pindang senenganku mb.Diah kapan2 tak coba ah.....ty resepnya mb. ..(^_^)

    ReplyDelete
  3. Noted dulu ini, kapan-kapan mau nyoba ah :)

    ReplyDelete