Saturday, October 24, 2015

Lodeh Terong & Tempe Bumbu Rebon


Kangen menu ndeso, lodeh terong. Tapi lagi pengen lodeh bergaya kota..hahah. Masak ada ya lodeh bergaya kota. Maksudnya tuch biasanya kalau aku bikin lodeh ndeso itu kan *buthek dan pucat penampilannya, karena biasanya pakai cabai iris aja. Nah kali ini aku buat penampilan lodehnya terang benderang menggoda mata. Caranya..?..Ya pakai cabai halus, jadi lodehnya merah kekuningan menggoda..lodeh priyayi..hihi.

Kalau soal rasa, sama enaknya..baik lodeh buthek pucat atau cantik menarik gini aku suka semua. Sedep..asli otentik menu khas Jowo yang nggak pernah bikin bosan. Pakai kerupuk aja makannya udah enak, apalagi jika di tambah tempe garit, ikan pindang goreng atau ikan asin, wah yo tambah manteb. Jika awalnya tadi membayangkan makan siang sop buntut yang segar, tapi karena ndak ada...makan pakai lodeh ini..sama nikmatnya kok..hahah. 

Tempenya jika ada yang agak semangit, tapi jangan semangit banget, wah tambah sip dan sedep lodehnya. Terong lebih enak pakai terong hijau. Terong hijau lebih manis jika di buat lodeh di banding terong ungu. Masak lodeh, harus sabar, jangan mendidih langsung di angkat, rasa belum meresap ke bahan. Biarkan masak dengan api kecil hingga meresap bumbu-bumbunya, baru terasa sedepnya keluar. Jika masih ada sisa sayur lodeh, jangan di buang, simpan di kulkas, besoknya di panaskan..makin nyampleng rasanya..hihi. 

Biar makin sipp, lodehnya aku pakai bumbu rebon, yang memang enak jika di buat masak lodeh seperti ini. Rebon itu bukan ebi ya. Kalau ebi itu udang kupas besar yang di keringkan. Kalau rebon adalah udang kecil-kecil yang segar, di keringkan bersama kulit dan kepala. Jika dalam kondisi segar biasa di buat terasi. Jika di keringkan, jadi bumbu masakan yang beraroma khas dan gurih. Harga rebon relatif lebih murah, di bandingkan dengan ebi. Selain untuk masakan, rebon juga enak di buat rempeyek udang rebon.

Oke dech yang suka menu ala kampung, mari masak..dan Have a nice weekend ya teman-teman..:)

Lodeh Terong & Tempe Bumbu Rebon

Bahan :
2 buah terong hijau, potong kotak
100 gram tempe, potong kotak
800 ml santan sedang
2 lembar daun salam 
2 cm lengkuas, memarkan
2 sendok makan rebon, rendam air panas
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu ayam
Garam sesuai selera
10 buah cabai merah, haluskan
8 buah bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang, masukkan cabai halus, aduk rata dan tumis hingga matang. Masukkan rebon, aduk rata.
Masukkan santan dan semua bumbu, biarkan mendidih
Masukkan tempe dan terong, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan  kuah agak menyusut.
Koreksi rasa
Sajikan hangat


7 comments :

  1. sebagai penggemar sayur lodeh, variasi baru begini, bikin semangat utk mencoba... Nuhun utk resepnya jeng Diah...
    sekalian saya izin share ya...

    ReplyDelete
  2. Dipasangkan dg ikan asin pasti tambah endessss.... :D
    Saya sering masak menu ini, tapi selalu memilih terong ungu.alasannya simple karena saya suka warna ungu...hehehe.... baru ngeh kalo terong hijau lebih enak buat lodeh... makasih infonya mbak Diah :)

    ReplyDelete
  3. tempenya lebih enak langsung dimasak atau di goreng dulu sih mbak kalau bikin lodeh?

    ReplyDelete
  4. Hmmm jd kepngen mkn lodeh jadi nya..

    ReplyDelete
  5. wah, jadi laper nih..
    catet dulu resepnya ...makasih :)

    ReplyDelete
  6. Mbak, pengganti tempe apa ya? Kalo terong doang kan rasanya eneg gitu ya.

    ReplyDelete