Thursday, October 22, 2015

Pepes Mangga Muda



Yeay..lagi musim mangga sekarang ya teman-teman..jika punya pohon mangga di rumah, pasti dong punya stock mangga muda atau pencit banyak. enak lho di olah jadi aneka menu..seperti sambal pencit, rujak serut, dll. Nah..aku mau nambahin koleksi menu yang memakai mangga muda nich...yaitu Pepes Mangga Muda..atau kalau di daerah mba Elmi di Kartosuro sana di sebut Lintingan.

Kemaren aku di kasih pepes ini sama mba Elmi...aku kira bakalan asem banget karena ada mangga mudanya, ternyata tidak lho..enak dan malah jadi ada sedikit rasa asam segar pepesnya, tapi nggak mengganggu rasa. Jadi aku penasaran pengen nyoba sendiri. Akhir tanya mba Elmi katanya bumbu pepes biasa, tapi di tambah  mangga muda yang di serut ini. Baiklah..langsung ke pasar tadi pagi cari kelapa muda dan ikan pindang.

Masak sebentar di dapur, jadi dech pepes yang sedep..enak buat lauk gitu aja, tanpa lauk lain udah enak banget. Aku pakai kerupuk aja..hihi. Bahan-bahan mudah di dapat, dan murah, jadi bakalan jadi menu favoritku sich jika buat makan menu sehat yang di kukus. Apalagi aku suka pepes yang pakai kelapa parut muda dan ikan pindang. Sipp dech bisa jadi variasi menu baru. Yang mahal palingan kemanginya..huhu. Kapan musim hujan datang ya..biar bisa nanam kemangi lagi. Aku suka banget pepes yang pakai kemangi tuch jadi harum dan aromatik seger. Tadi beli 4 ribu dapat dikit banget..hihi.

Okey dech, jika teman-teman suka masakan yang di kukus, selamat mencoba ya..ini aku tulis resep step by step aja biar jelas dan lengkap. Ikan pindang bisa pindang apa aja..aku kira di ganti misal ikan teri atau bandeng presto, udang, dll juga enak. Tapi kalau aku paling suka memang pepes ikan pindang.

Siapkan bahan dulu ya :
Ikan pindang 2 keranjang, jika kecil-kecil ya. Jika besar cukup satu keranjang aja


 Kelapa muda parut 1/2 butir,kupas dan parut panjang ya.


Siapkan 1 buah mangga muda, ukuran sedang, bisa mangga arum manis atau yang lain, yang agak asam. Bumbu 6 buah bawang merah, 3 siung bawang putih, 6 buah cabai rawit, 3 cabai merah, 1/2 sendok teh terasi bakar, 1/2 - 1  sendok teh garam ( sesuai selera ), 1 sendok teh gula merah / gula pasir, 2 lembar daun salam.
Noted : Kalau mba Elmi, bumbu halusnya pakai tambahan kaldu bubuk sedikit kemaren, tadi aku coba pakai terasi Juwana jualanku, andalan jadi urus penyedap alami masakan..dan hasilnya pepesnya memang jadi makin sedep, walau tanpa penyedap. Tapi jika kurang suka terasi atau nggak punya stock di rumah, bisa di ganti kaldu bubuk sedikit.


Haluskan bumbu : bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, serta garam dan gula. Cabai ulek terakhir agak kasar aja nggak pa-pa.


Serut mangga muda, remas-remas dengan sedikit garam agar berkurang asamnya, lalu cuci bersih dan peras hingga kesat. Suwir-suwir ikan pindang. Daun salam di potong-potong, campur dengan kelapa.


 Tambahkan bumbu halus, aduk rata. Koreksi rasa agar pas gurih garamnya ya.


Ambil adonan secukupnya, semat ujungnya bentuk pepes biasa.


Kukus selama 30 menit hingga matang.


Jika sudah matang, bakar pepes sebentar agar makin harum.



Done..! Sajikan dengan nasi ngepul hangat..yummy !

17 comments :

  1. Itu yang di gambar kemanginya semuanya 4rb tah mbk?mahal bangeeet nget ya.. di bondowoso jawatimur sini ..kemarau gk kemarau sak gitu cm 500 perak.kayaknya menggoda banget tuh mbk.mau cobaa ahh.makasih resepnya ya..ngilerr.commm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh Mba Rara...ngenes.com aku yang suka kemangi ini..hahah. Mana beli segitu pakai acara merayu tukang sayur langganan..soale sebenernya nggak boleh beli dikit harus satu ikat kecil 8 ribu...:D Met coba ya :)

      Delete
  2. Perlu di coba nehhh....kebetulan punya mngga muda di kasi tetangga....kalo di kasi mangga muda selalu di bikin rujak ama asinan mangga..ampe bosan bikinnya....hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Idos, met coba ya..enak, lauk tapi seger..hihi..ada asem-asemnya dikit. tadi aku gado aja juga enak..:)

      Delete
  3. Dari beberapa hari yang lalu saya pengen nyoba bikin pepes untuk pertamakalinya... Eh, kebetulan Mba DD posting resepnya... Tapi ga ada mangga muda... Trus ikannya kalau diganti ikan segar boleh kan Mba?
    Blum pernah lihat ikan seperti itu di pasar dekat rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pepes yang pakai kelapa parut ini cocoknya untuk ikan-ikan olahan yang gurih mba, misal ikan peda, bandeng presto, ikan pindang, teri, kalau yang segar palingan udang segar. Jika mau pepes ikan segar nggak perlu pakai kelapa, ada resep pepes lain ya, yang langsung di lumur bumbu ke ikan segar, terus di kukus. Coba di search ya..resep pepes lain di webku ini banyak kok :)

      Delete
  4. Oh... Baru tau saya Mba...
    Ok deh kalau begitu... Thank You buat penjelasannya ya, Mba....

    ReplyDelete
  5. Ngileerrr.....Wah wajib di coba ini mb.Diah.....trmksh resepnya....

    ReplyDelete
  6. beeeeh...info ya mantapppp
    ...makasih semua

    ReplyDelete
  7. beeeeh...info ya mantapppp
    ...makasih semua

    ReplyDelete
  8. Sore ini mau coba mba dd bahan"nya dah trkumpul smua, doain berhasil yaa... 😀😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..semangat..jangan lupa di cicipin dulu ya sebelum di kukus, biar pas bumbunya :)

      Delete
    2. sukses mba pepesnya maknyuusss, hehehe ... aku tambahin pete makin enaakkk, makasih resepnya yaaaa .... waahh malam ni lupakan timbangan bb!!! :)) :))

      Delete