Wednesday, October 28, 2015

Lele Asap Asam Pedas


Tadi pagi waktu ke pasar, di lantai 3 pasar Jati..rencana awal mau beli udang dan ikan. Tapi ketika melewati Mbah penjual ikan asap langganan yang menyapa dengan ramah..jadinya kok jadi pengen mampir ke meja jualannya. Dan mataku langsung tertuju pada lele asap yang di potong-potong, jadi penampakannya seperti ikan pari asap. " Pinten mbah ?"..Langsung aku tanya si Embah. "Rong ewu wae cah ayu...!" kata Mbahe..aduch..si Mbah ada-ada aja..sudah mak-mak gini kok ya di panggil cah ayu..hahah. "Njih mbah beli 5 ..! "kataku. Akhirnya kok ya beli juga..hihi..karena aku paling suka lele asap.

Biasanya kalau beli lele asap suka aku masak mangut..tapi biar nggak bosan pengen buat sesuatu yang beda. Walau penampakan sich sama..merah menyala seperti mangut juga..hihi. Tapi rasanya beda lho teman-teman. Kalau mangut itu seger pedes gurih ada aroma kencur dan kuah agak encer seger. Nah..kalau yang aku masak ini..rada beda, karena aku masak kuah agak kental dan rasanya asam pedas. Asamnya aku pakai belimbing wuluh atau belimbing sayur yang melimpah ruah di halaman. Kasian aja..dari kemaren belimbing banyak cuma berjatuhan nggak di pakai masak. padahal kan banyak vitamin juga ya belimbing wuluh ini.

Dan tadi hasil coba-coba masak asam pedas ini, hasilnya..okeh juga..enak dan seger ternyata belimbing wuluh berpadu dengan kuah santan pedas. Selain itu bisa menetralkan aroma amis lele asapnya. Sipp dech, jadi nemu menu baru yang pakai belimbing wuluh selain buat garang asam, sayur asem,dll. Merah menggoda, dan ada rasa asam segarnya..enak dech. Jika nggak ada lele asap, pakai ikan asap lain juga enak aku kira. Atau lele goreng..hihi. Tapi ada yang kurang, aroma asapnya yang nggak ada. Okeh dech..buat teman-teman yang suka masakan pedas dan asam segar , cobain ya..:)
Lele Asap Asam Pedas

Bahan :
5 potong lele asap
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan 
8 buah belimbing wuluh, belah dua
600 ml santan sedang
1/2 sendok makan gula merah
1/2 sendok teh kaldu sapi
1/2 sendok teh garam
5 buah cabai rawit merah biarkan utuh

Bumbu Halus :
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri
10 buah cabai merah keriting
Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang.
Masukkan santan dan bumbu lain, kecuali belimbing wuluh.
Biarkan hampir mendidih
Masukkan Lele, masak sambil sesekali di aduk selama sekitar 15 menit. Masukkan belimbing wuluh.
Masak kembali  hingga bumbu meresap. Koreksi rasa.

Note : Lele asap atau lele goreng yang di masak mudah hancur. Maka jangan terlalu lama di masak dalam kuah. Jika mau kuah agak kental, angkat dulu lele ketika bumbu-bumbu sudah meresap, baru kentalkan kuahnya.


3 comments :

  1. Wah....sedep kayaknya mbak

    Oh ya kalau bisa bikin resep yang pakai buah cermai donk mbak, klo ditempatku banyaknya buah cermai

    Trims

    ReplyDelete
  2. Next menu setelah mantai wajib dipraktekin nih Hihihi...Secara blm berangkat udah narget Mau beli tuna asap,Pasti enak nih dimasak begini

    ReplyDelete
  3. Cara membuat lele asap bagaimana caranya Mba Diah? Maklum pemulaaa.. :D

    ReplyDelete