Tuesday, October 27, 2015

Sambal Terasi Pete Dan Teri


Kemaren seharian nggak masak..full kerjaan dari pagi hingga sore. Jadi maaf ya teman-teman, kemaren libur sehari posting resep barunya..hihi. Biasa..kalau hari Senin..rekap dan packing orderan yang numpuk dari hari Minggu. Jadi kemaren makan yang simple-simple aja. Jadinya kok pengen makan sambel ya hari ini. Ya udah masak sebentar buat sarapan. Sambal teri dan pete..pakai terasi..sedep. Di Pasar lagi musim pete ( petai ), walaupun aku nggak makan pete, tapi kalau cuma buat penyedap masakan ya oke aja..biar suami yang makan petenya..aku sambalnya aja..hihi. Murah banget pete ini, kemaren beli seribu kok dapat 3 papan petai. Murah banget ya teman-teman, mungkin karena lagi musim ya, padahal..kalau lagi nggak musim..pernah sampai 10 ribu lho per papan di sini.

Sambal kali ini biasa aja sich, sambal terasi yang di goreng dulu semua bahan. Biar sekalian ada lauknya, campur teri goreng sekalian. Udah dech, cukup di makan pakai nasi anget sama kerupuk aja udah enak. Oh ya..jika membuat sambal pakai teri, pakai teri tawar ya sebaiknya teman-teman agar tidak mempengaruhi tingkat keasinan sambal. Goreng teri terpisah dengan minyak untuk menggoreng bumbu sambal, agar nggak ada aroma amis yang kuat di sambalnya, Karena kan biasanya jika kita menggoreng teri, minyaknya akan keruh sekali, dan jadi beraroma amis. Pilih teri yang bagus dan nggak terlalu kaku ya teman-teman, jadi ketika kita patahkan masih bisa. Teri yang tidak mengandung formalin, jika di rendam air panas dan di goreng itu akan lunak dan kres kriuk tekturenya. Tapi jika di goreng jadi alot dan susah di patahkan, itu tandanya teri berformalin, jadi jangan di masak ya.

Sambal ini hasil akhirnya lebih mirip balado ya, karena jumlah teri dan pete yang lumayan banyak..hihi. Jika mau lebih kental dan basah sambalnya, jumlah teri dan pete sedikit saja. Kualitas terasi jadi kekuatan utama rasa sambal yang enak, maka pilihlah terasi yang enak ya. Nggak perlu penyedap jika pakai terasi yang berkualitas akan membuat sambal jadi enak. Aku, pastinya pakai terasi Juwana andalan dong..hihi. Oke....menu simple buat pagi ini..lumayan buat sarapan. Selamat mencoba ya teman-teman jika suka. Jika nggak suka teri, bisa di ganti udang, atau ikan pindang suwir, dll sesuai selera.

Sambal Terasi Petai Dan Teri

Bahan :
10 buah cabai merah
5 buah cabai rawit merah
6 buah bawang merah, potong-potong
2 siung bawang putih, potong-potong
2 buah tomat ukuran sedang
2 sendok teh terasi bakar
1 sendok teh gula merah
1/4 sendok teh garam
50 gram teri Padang tawar ( atau teri lain sesuai selera ), petai 1 papan, belah dua, goreng sebentar.

Cara Membuat :
Rendam teri dalam air hangat hingga mengembang ( jika pakai teri tawar yang kering ), goreng hingga kering.
Goreng cabai, bawang merah dan bawang putih , serta tomat
Ulek bersama bumbu-bumbu lain, koreksi rasa hingga pas bumbunya
Tumis hingga harum, masukkan teri dan petai
Aduk rata, sajikan hangat


10 comments :

  1. Lha petai kok murah banget to mba Di... di Jakarta sekarang ini semurah-murahnya dua ribu dapat satu papan. Ke Semarang aja kali ya mborong petai...hihih. Sambelnya enake mba.. pakai nasi anget pasti nambah terus lupa diet... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya mba Erti..aku ya kaget..beli pete ke mbah2 langganan di pasar, aku tanya pete berapa mbah ? seribu..ku kasih uang seribu kan..eh di kasih 3 papan...hahah. Terus ku tanya lagi..gak salah mbah..kan seribu..kata Mbahe..Ra popo..hihi...

      Delete
  2. selamat ya mbak Diah...pantas saja menang di BloggerCamp..blognya keren... salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mas Syaifudin, salam kenal juga ya..terimakasih, wah pasti seru acaranya, sayang jauh, jadi nggak bisa ikutan hadir ke BloggerCamp Saya..:)

      Delete
  3. Salam kenal mbak. Tahu blog ini dari BloggerCamp juga. Keren. Dan skrg saya lapar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mas, salam kenal juga ya...makasih udah mampir :)

      Delete
  4. Di Duri Pete kemarin beli 3 papan sepuluh ribu mba, huhuhuhuhu ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi musim pete padahal ya mba..tapi ya udah lumayan murah kan..daripada jika nggak lagi musim..pernah 10 rb mba di sini per papan..haha.

      Delete