Thursday, October 29, 2015

Orak Arik Peda & Pete


Yeay..gagal diet lagi..hari Minggu kemaren aku sudah membeli beras merah. Rencana mau makan beras merah lagi. Tapi kok ya nggak kelakon terus hingga udah mau Minggu lagi..hihi. Apa tunggu awal bulan sekalian diet beras merahnya ya. Hari ini aku malah tergoda orak arik peda....hahah. Jadinya nggak pakai di suruh tangan langsung mengambil beras putih, mencucinya dan memasukkannya ke rice cooker. Sambil menunggu nasi matang, nguplek sebentar di dapur bikin orak arik peda. Dan perfect, nasi matang orak arik matang juga..dan bye bye rencana diet..:D.

Jadi kemaren pas ke pasar lihat ikan peda cantik-cantik menggoda iman untuk di beli..ya udah akhirnya beli juga. Akhirnya..beli juga 3 biji. Dan karena takut kelupaan masak, akhirnya tadi segera aku olah saja..jadi orak arik Peda yang berhasil membuatku menghabiskan satu piring nasi putih hangat..hihi.


Beberapa waktu lalu aku sudah pernah posting menu orak arik peda, jadi kali ini aku ingin mencoba tehnik pengolahan yang berbeda. Jika resep yang dulu ikan peda aku goreng, kali ini aku coba kukus saja. Dan hasilnya..lebih enak lho..jadi nggak terlalu berminyak orak ariknya. Nah biar beda lagi resepnya juga kali ini aku pakai tambahan terasi dan pete. Dan ternyata..bisa klop rasanya. Aku nggak makan petenya sich..tapi cuma sebagai penyedap aja..no problemo..:D. Mumpung pete lagi murah..jadi apa aja di masukin pete..hihi. Jadi buat teman-teman yang suka pete, semoga bisa jadi ide olahan pete yang baru ya..di campur orak arik peda, bisa klop juga.

Memilih peda yang bagus, pilih yang bersih dan nggak berbau menyengat. Peda juga nggak kaku yang berarti nggak pakai formalin. Peda yang enak itu jika di kukus atau di goreng dagingnya jadi empuk. Jadi jika sudah di masak tetap kaku dan ada aroma aneh, jangan di masak ya teman-teman, takutnya pakai formalin. Oke..buat penggemar ikan asin..pete..silahkan di coba..ya..:D

Orak Arik Peda & Pete

Bahan : 
3 ekor ikan asin peda, kukus hingga matang, suwir-suwir
2 butir telur
1/2 papan pete, potong kecil-kecil
8 buah cabai rawit merah, potong serong
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
1/2 sendok teh terasi bakar
1/2 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum. Masukkan cabai rawit, terasi, gula pasir, pete.
Aduk rata hingga pete layu.
Sisihkan tumisan bumbu dan peda ke pinggir wajan, masukkan telur, buat orak arik, aduk rata dengan tumisan peda. Koreksi rasa hingga pas rasanya. Tidak perlu pakai garam, karena peda sudah asin.
Sajikan hangat. Yummy.


10 comments :

  1. So cute hahaha nggak usah pakai diet lha! ini kelihatan uuuueeeeeenak tenan saya jadi ngiler, tapi kok sayang di sini nggak ada ikannya:-( nangis .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Susy..iya , di luar negeri,..ikan asin malah lebih mahal dari daging atau malah gak ada yang jual ya mba..:D

      Delete
  2. Wah enak nih nampaknya, btw selamat ya mak kemarin terpilih diacara bloggercamp menjadi foodblog tertavorite

    ReplyDelete
  3. Wah, ini salah satu menu favorit kami. Lauk ini bisa menghabiskan ber-piring2 nasi. Habis nasinya, tambah pedanya, habis pedanya tambah nasinya, Untungnya saya nggak diet ha...ha.. Saya akan coba dg cara ini, dikukus pedanya. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...Ya mba Sisca...bener banget..:D

      Selamat mencoba mba..menurut Saya lebih keset gt pedanya jika di kukus nggak berminyak..dan hemat minyak juga ya..kalau habis buat goreng ikan asin kan nggak bs kepake lagi minyak..:D

      Delete
  4. Ada tips ga biar gampang suir peda biar ga kena tulangnya. Spy anak2 bs ikut makan hehehe

    ReplyDelete
  5. Halo mba , saya widya lam kenal ya..

    enak tuh ikan peda nya.. pasti lebih enak ya klo dikukus..
    tapi, saya mau sharing sedikit , sebenernya ga boleh lho campur telur dan ikan.. makanan darat dan laut.. saya jadi inget, dimana2 resep pempek ikan juga pke telur.. hehehe dari yang saya baca, salah kombinasi makanan, terutama darat+laut atau telur+ikan, bisa menyebabkan reaksi biokimia yg dpt merusak usus..
    sumber :http://triquranhadits.blogspot.co.id/p/pengetahuan.html?m=1

    saya hanya sekedar sharing ya mba didi, buat kesehatan keluarga juga tentunya :)

    ReplyDelete
  6. Bener sekali mba tehnik memasak kukus/steam memang jauh lebih sehat dan aman serta murah. Ikan pedanya juga lebih gampang di pisahkan dari tulangnya jika di kukus. Inspirasi sekali mba. Terima kasih

    ReplyDelete