Friday, October 9, 2015

Tips Menggoreng Lele


Lele adalah salah satu sumber protein yang tinggi dan harganya cukup terjangkau ya teman-teman, makanya tidak heran, hidangan dari lele ini banyak di jual di warung-warung penyetan pinggir jalan hingga restoran. Harga lele relatif murah, karena budidayanya yang mudah. Setengah kilo lele hanya 12 ribu udah lumayan besar-besar. Aku kalau beli lele buat bertiga cukup setengah kilo aja. Bukan apa-apa sich..karena aku kurang suka lele yang sudah masuk freezer...jadi jika pengen beli seperlunya saja. Ikan lele, paling enak..ketika langsung di olah sesaat setelah di bersihkan, dari kondisi masih segar dan hidup ya. 

Makanya di pasar, penjual ikan lele selalu menjual dalam kondisi hidup ya teman-teman, dan jika kita takut mematikan lele sendiri, minta saja sekalain di matikan penjualnya, tapi begitu sampai di rumah, segeralah di olah ya, karena jika tidak, makan lele akan mudah berlendir dan menjadi amis. Rasanya kurang enak lagi nanti. Jadi, jika teman-teman ada yang punya usaha pecel lele, sebaiknya simpan stock lele dalam kondisi hidup, jadi ketika ada yang pesan baru di bersihkan dan langsung di goreng, jadi pembeli bisa menikmati lele goreng fresh..yang rasanya lebih gurih dan nggak amis. Lele goreng dari ikan lele segar itu rasanya enak banget ya teman-teman. Gurih..ada citarasa sedikit manis dagingnya, aromanya fresh nggak amis..enak dech pokoknya.

Mengolah lele jika dalam kondisi segar, juga tidak perlu memakai penyedap lho, rasanya sudah gurih sekali, karena daging ikan segar mengandung natural umami, cukup di bumbuin garam, ketumbar dan bawang putih halus, diamkan hingga meresap sekitar 30 menit dalam kulkas, makan ikan lele goreng yang gurih dan nikmat bisa kita nikmati. Menggoreng lele agar tidak lengket dan *mritili ( koyak ) dagingnya..gunakan minyak agak banyak dan wajan anti lengket. Lumuri lele dengan sedikit tepung, maka lele goreng akan mulus, tanpa brocel sana sini..hihi. Atau jika mau bisa di celup adonan kremesan sebelum di goreng, maka lele goreng akan lebih aman dan bisa garing sempurna waktu di goreng dan cantik penampilannya. Seperti yang aku buat kali ini, aku celup pakai adonan tepung kremes, lalu masuk ke minyak yang sudah di panaskan. Aman dech lelenya mulus adan matang dengan cantiknya. Jika mau, bisa tinggal di taburi kremesan, jadi dech lele kremes yang yummy..seperti sajian di resto kan...:D

Jadi, jangan ragu masak lele sendiri di rumah ya teman-teman, jika beli matang di warung penyetan, kan lumayan mahal tuch, jadi buat sendiri aja di rumah, lebih enak dan murah. Dan jangan takut ya menggoreng lele akan meledak-ledak, dengan cara di kerat-kerat badannya, dan jika di celup adonan tepung tipis-tips seperti ini, Insyaallah aman..:)


Okey, untuk bumbu rendaman lele, pasti sudah pada bisa kan, misal 500 gram lele atau sekitar 4 ekor, kita perlu 2 siung bawang putih, 1 sendok teh ketumbar, 1 sendok makan garam dan air 100 ml kira-kira. Kerat-kerat lele agar bumbu meresap..lalu goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga kering jika suka lele goreng kering.


Sajikan lele goreng dengan sambal sesuai selera, bisa sambal ala penyetan, atau sambal terasi seperti ini, semuanya..enak kok. Jangan lupa lalapannya ya..biar gizinya makin komplet. Oke, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya tipsnya teman-teman.


Oh ya, jika ingin membuat lele kremes seperti yang aku buat ini, lelenya sebaiknya di goreng terpisah ya, agar bisa kering. Jika dari lele mentah langsung masuk ke penggorengan dan di balut kremesan, nanti nggak bisa kering lelenya, karena kremesnya kan lebih cepat matang. Tapi kalau hanya di celup adonan kremes saja untuk mencegah lele koyak sana sini waktu di goreng, no problem karena adonan yang menempel di badannya akan kering juga, jadi semakin eksotis dech lelelnya..hihi. Yang mau buat lele kremes dan nggak mau repot buat adonan kremesnya..aku jual TEPUNG KREMES homamade yang enak dan kriuk, awet kriuk jika di goreng terpisah hingga berhari-hari lho, jadi jika mau buat usaha kremesan, cocok banget. Sms / wa aja ke 089654712500, jika perlu tepungnya ya.


2 comments :

  1. parno banget kalo goreng lele,suka meledak2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di lapisi sedikit tepung atau di celup adonan tepung seperti ini, aman kok Mak..:D

      Delete