Friday, July 31, 2015

Tempura Pisang


Yodha udah masuk sekolah lagi. Karena sudah suka ngemil dan makan..otomatis harus mikirin bekal dia juga..karena walaupun di sekolah di kasih snack juga, tapi kadang kalau nggak sesuai selera dia, yang di oleh-olehin ke aku snacknya..alias di bawa pulang..hihi. Jadi emaknya inilah yang tahu persis apa yang lagi di suka dan tidak di suka sama Yodha. Sekarang dia lagi bosan..dengan roti-rotian modern..atau roti-roti ala bakery..gara-gara sering beli tapi rasanya kurang enak. Nggak tau ya teman-teman..banyak roti dari pabrik atau bakery ternama pun sekarang memang rasanya..*ampyang*...atau hambar aja gitu ya..nggak berasa makan roti seperti jaman dulu..karena kebanyakan pengembang dll, atau paling nggak beda lah sama roti buatan kita sendiri ya..yang jika di gigit itu masih terasa enaknya gitu ya teman-teman.

Jadi sebagai emak-emak nich kita kudu pinter-pinter kasih bekal yang variatif buat anak biar nggak bosan..agar asupan nutrisinya tercukupi ketika di sekolah. Apalagi buat Yodha nich..yang sekolahnya full day..kayak ngantor..hihi. Tapi untunglah kalau makan siang aku tanya selalu di makan apa yang dari sekolah..karena udah laper kali ya..tengah hari. Tapi kalau snack  kadang di bawa pulang aja yang dari sekolah, tapi makan snack yang di bawa dari rumah. Kemaren lucu..dia minta singkong keju yang aku buat kemaren buat bekal..hihi. Ternyata dia sudah mulai suka yang ndeso-ndeso snacknya..haha. Tapi tetep pakai taburan keju lah ya..:D

Nah..hari ini aku mikir bikin snack apa ya buat Yodha nanti..sapa tau minat buat bekal besok-besok. Akhirnya aku teringat masih punya sisa tepung tempura Jepang yang aku buka Lebaran kemaren. Hemm..jadi kepikiran buat tempura manis..karena biasanya kan tempura gurih. Setelah aku lihat di tepungnya bumbunya cuma garam aja..nggak ada macam-macam bumbu gurih..jadi aku pikir bisa di jadikan untuk tempura manis nich. Akhirnya tadi aku coba untuk goreng pisang..dan..berhasil..enak sekali rasanya. jadi tadi berhasil buat tempura pisang manis. Hemmm..nyam-nyam..renyah garing, tapi  lembut kulit adonan pisang..di padu legitnya pisang kepok matang yang matang dan harum..enaknya...! Roti-rotian..lewat dech..hihi. Jadi adonan tempura ini sempurna untuk melapisi pisang yang legit dan manis. Jadi  kulit luar pisangnya nggak terlalu tebal dan mengenyangkan banget seperti pisang goreng biasa..tapi lebih ringan..kres dan lembut. Tepung tempura Jepang yang aku jual ini memang nggak pakai bumbu macam-macam..cuma garam aja..makanya sangat fleksibel juga buat goreng tempura pisang..ubi..nangka..dll. Jadi adonan tepung tempuranya itu bisa kriuk..dan awet renyah hingga dingin lho. Jika mau buat jualan dan lebih awet kres lagi..pakai aja pisang kepok yang agak keras ya..belum kedalon..pasti enak lagi. Aku aja tadi pakai pisang yang matang banget agak lembek..tetep bisa kriuk renyah kulit luarnya.

Kunci menggoreng pakai tepung tempura agar kriuk renyah luarnya..jangan lupa buat adonan pakai air es. Dan jaga adonan tetap dingin selam proses menggroeng ya. Jangan buat adonan dulu..terus 2 jam kemudian baru di goreng. Hasilnya bisa beda nanti. Dan tepung tempura ini fleksibel mau di bumbuin lagi sendiri. Jika mau gurih suka aku tambahkan kaldu dan bawang putih bubuk serta merica. Jika mau manis, tinggal tambah gula halus dan sedikit garam, serta vanili. Sipp dah..nemu satu menu baru buat snack Yodha. Besok mau  coba tempura ubi ah...! Pakai ubi manis kuning yang di rebus dulu sebentar hingga agak empuk...biar menggorengnya lebih cepat..pasti enak juga...:)

Yang mau pesan tepung tempura..ready ya teman-teman..baru datang fresh kemaren dari prabiknya nich. Dan seminggu ini kok ya jadi best seller..tepung tempuraku ini..banyak sekali yang pesan. Alhamdulillah. Karena memang rekomended..tepung ini fresh dari pabrik, buatan baru dan expired nggak lama-lam banget lho..jadi nggak pakai pengawet. Aku order yang datang hari kemaren itu expired di kemasan akhir Dec aja..jadi aku malah seneng karena otomatis buatan baru terus..nggak pakai pengawet, bukan stock tepung berbulan-bulan atau tahunan gitu. Selain itu nggak pakai penyedap atau bahan tambahan lain yang aneh-aneh..hanya garam aja bumbu aslinya..jadi masih fleksibel, bisa untuk tempura gurh atau manis. Praktis..mudah dan bisa membuat aneka snack atau lauk variatif dech dengan tepung tempura ini. Hotline pemesanan..hihi..bisa ke 089654712500 ya. Thank you buat teman-teman yang udah nyoba dan order.


Tempura Pisang

Bahan :
Pisang kepok ukuran kecil, belah dua memanjang, lumuri dengan tepung tempura secukupnya hingga rata.
100 gram tepung tempura, 160 -200 ml air es, 2 sendok makan gula halus, 1/8 sendok teh garam , 1/4 sendok teh vanili, mixer sebentar hingga rata.
Panaskan minyak, celup pisang yang sudah berbalut tepung tempura ke adonan basah, celup ke minyak panas, dan goreng hingga keemasan dan renyah luarnya.
Sajikan hangat..tapi jangan kuatir..dinginpun masih awet renyah lho..!



5 comments :

  1. ternyata ngaruh ya mbak kalau pakai air es

    ReplyDelete
  2. aku dah berapa taon nggak makan roti dari bakery yang di mall itu. habis perasaan kalo makan rotinya kayak makan angin sih, dicokot gembos, serasa nggak 'berdaging" gitu. efeknya hanya kenyang sebentar trus kaliren lagi hihi...Masih untung nggak masuk angin hahahaaaa.....
    Mendingan beli roti keliling di depan rumah yang masih homemade itu. Maksudnya buatan pabrik kecil gitu mbak. Alhamdulillah disini masih ada merk yang enak dan disukai orang rumah (malah curcol).

    ReplyDelete