Thursday, July 30, 2015

Singkong Keju


Bosan kue kering dkk...yukk mari ngemil singkong goreng teman-teman. Tadi ke pasar kok liat singkong kupasan bagus-bagus..udah bersih..wah..jadi kangen singkong keju. Kebetulan di rumah juga lagi ada tukang yang kerja beres-beres lantai atas, jadi ada yang bantu ngabisin..jika goreng singkong pagi-pagi..hihi. Dan beneran sesuai dugaanku..bulan-bulan ini memang lagi banyak panen singkong bagus. Buktinya..walaupun kecil-kecil..tapi jadi mempur dan enak banget pas di goreng tadi singkongnya.

Biar makin enak..kasih taburan keju. Nggak perlu repot sich..aku kan ada bumbu tabur keju yang biasa aku jual. Wah..enak..pakai bingit di taburi bumbu tabur keju ini. Yummy dech..aku sampai nggak berhenti cemal-cemil. duch..kapan dietnya..hayooo...lol..! Bumbu tabur nich udah jualan lama dari dulu..tapi lupa terus mau woro-woro..tapi selama ini ya udah banyak yang order. Karena memang bumbu taburnya ini..soft..enak..nggak neg..seperti bumbu tabur yang lain yang beredar. Memang bumbu tabur ini buatan umkm..jadi lebih enak dan nggak berlebihan gurihnya.

Ada macam-macam varian bumbu taburnya..yang suka pedas ada balado, ada pedas manis, ada ayam panggang, bbq, jagung bakar, keju, sapi panggang, dll. Banyak dech variannya. jadi jika mau usaha singkong keju atau snack lain yang pakai taburan bumbu-bumbu..aku jual lho teman-teman..hihi. 

Nah sekarang aku mau share resep singkong keju ya..mau pakai bumbu tabur merk lain ya monggo..jadi aku share jika aku jual bumbu tabur juga..agar teman-teman yang biasa pesan tepung ke aku..bisa sekalian pesan ya..jika membutuhkan bumbu tabur aneka rasa. Bumbu tabur ini juga enak untuk taburan kentang goreng dan aneka snack lain. Kalau favoritku yang pedas manis dan balado..juga keju ini. Kalau yang suka pedas, ada juga yang ekstra pedas lho teman-teman. Jika mau order bisa email di bundadidi@gmail.com ya teman-teman. Mau praktis..sms aja ke 089654712500 ( sms only ). Tepung-tepung lain ready juga nich..ada tepung kentang seduh, tempura..tepung krispi, martabak, kremes, brownies, muffin, leker..dll yang jadi best seller..udah ready. Yang kosong tepung ketan hitam ya.

Oke..ini dia resep singkong goreng kejunya ya teman-teman..selamat mencoba..:)
Singkong Keju

Bahan :
1 kg singkong
600 ml air ( hingga terendam singkongnya )
1 - 2 sendok teh garam ( sesuai selera )
1 sendok makan gula pasir
3 siung bawang putih, haluskan

Cara membuat :
Campur semua bahan, rebus hingga sedikit merekah ( jangan kelembekan ya )
Panaskan minyak goreng, goreng singkong hingga agak kering
Taburi bumbu tabur jika sudah agak dingin agar nggak meleleh bumbu taburnya.

Tips :
Pilih singkong yang baik dan mempur ya..agar hasilnya bisa empuk dan nggak keras
Singkong yang baik itu warna bagian dalamnya berwarna pink kemerahan, rasanya enak..mempur dan gurih..serta nggak pahit.







5 comments :

  1. aku gak bisa milih singkong mbak, biasanya penjualnya yang milihin untungnya udah dipercaya. Mempur artinya apa mbak?

    ReplyDelete
  2. kalo mau bikin yg kotak2 kecil spt yodha itu dipotong dadu kecil2 dulu trus direbus ya mb? atau sesudah direbus br potong2 kecil?

    ReplyDelete
  3. kalo mau di simpan di freezer buat stok yang uda di rebus ya mba?.

    ReplyDelete
  4. Kadang disini susah cari singkong yang mempur mba,untung sekarang ada yang jual singkong keju beku jadi tinggal goreng.

    ReplyDelete
  5. Singkong kulit dalam yg merah muda memang bagus, tapi tergantung juga berapa lama singkong terpapar udara setelah dipanen.
    Singkong putih jg bagus hasilnya, asal singkongnya masih baru.
    Cara pilih singkong, patahkan ujung singkong, jika mudah patah, tidak lembek, putih bersih, tanpa ada warna lain (abu, hitam, merah, dll), dan agak basah.

    Singkong kuning jg bagus kok. Teksturnya bagus setelah digoreng, dan rasanya agak kenyal seperti jelly. Singkong kuning biasa dipake buat tape di daerah sini.

    ReplyDelete