Thursday, July 2, 2015

Barongko



Kemaren di dapur masih ada pisang kepok satu sisir dan matang pohon ranum-ranum, kiriman eyangnya Yodha. Saking banyaknya kok mulai bingung mau di buat apa lagi..kolak..udah..carang gesing..hingga pipes kopyor udah..pisang gorengan atau pisang rebus kok bosan. Sementara jika di buat cake, kan kurang mantep aromanya. Terus kemaren keingat dech sama salah satu kue yang bahan utamanya pisang kepok..yaitu kue Barongko. 

Kalau nggak salah dari Makasar ya kue Barongko ini. Jadi intinya kue Barongko ini terbuat dari pisang kepok, santan, gula dan telur. Mudah saja cara pembuatannya..tinggal pisang di haluskan, lalu di campur bahan lain terus di kukus. Karena kemaren pengen cepat, makan aku haluskan saja dengan blender pisangnya...sama santan, gula, lalu tambah telur. 

Hasilnya oke juga..lembut dan legit..Lumayan juga untuk variasi jajanan dari pisang kepok. Tapi kalau aku   lebih suka carang gesing atau kolak. Karena masih teras tekture pisangnya ya. Kalau barongko ini  karena pisang di haluskan, jadinya mirip-mirip puding pisang kukus, lembut gitu. Buat anak-anak..cocok. Kalau buat aku..satu aja udah cukup..suamiku habis 2 aja..udah..jadi sisanya simpan kulkas aja..besok di kasih budhe sayur.

Untuk variasi rasa  barongko ini bisa di tambah kelapa mudah atau nangka ya mungkin jadi lebih harum dan legit. Oke..ini dia resep barongko yang manisnya dikit aja teman-teman, sesuai selera kami..jadi nggak terlalu mblenger banget. Rasanya masih legit dan manisnya pas. Barongko ini lebih enak jika di sajikan dalam keadaan dingin.

Barongko

Bahan :
1 sisir pisang kepok ( kira2 12 buah )
1 butir telur
50 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
100 ml santan
Daun pisang secukupnya

Cara membuat :
Potong-potong pisang, buang bagian tengah yang berwarna hitam
Lumatkan pisang, atau bisa langsung di blender dan dicampur dengan santan, gula dan garam
Masukkan telur yang sudah di kocok lepas, aduk rata
Ambil 2 lembar daun pisang, beri 2 sendok sayur adonan
Bungkus bentuk tum
Kukus selama 25 menit hingga matang
Dinginkan sebentar. Lalu masukkan kulkas hingga saat akan di sajikan.

6 comments :

  1. Bener mbak di...kalo pisang barongko ini cocok utk anank anak terutama balita mgk spt anak saya yg msh 14bulan..krn blm bisa makan texture kasar.
    Btw, coba mbak Diah bikin pisang keju...yg digorengnya pake tpung roti...waw pasti lebih doyan org serumah..hehehe...krn pisang kepok yg matang cucok bgt buat pisang keju!!

    Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy amba, halus dan lembut plus bergizi buat anak2..:)

      Delete
  2. Kalau hanya pake 1 biji telur rasa n tekstur barongkonya akan keras mbak g akan selembut kalau pake telur yg banyak n santan yg banyak.. semakin lama disimpan dikulkas mk kue barongko akan mengeluarkan air di dlm daun pisangnya hmmm paling enak d mkn wkt dingin 2 hehee.. penggunaan pisangx kebanyakan mbak sampe sesisir tdk seibang dg telur n santan hehee.. jd soal rasa kurang nendang hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak keras mba..udah lembut tuch kmrn ku buat..krn aku pakai pisang yang udah matang banget..dan berhari2 ku diamkan,..jadi udah lembut..hihi. Kalau telur banyakkami kurang suka malahan..jadi munurutk ku pas aja kmrn tekturenya..

      Delete
  3. Barongko yang asli enaknya pake banyak telur,mbak.Perbandingannya 1:1,jadi 1biji pisang:1 telur, tambah santan kental dan SKM.dijamin ketagihan:-)

    ReplyDelete
  4. Barongko yang asli enaknya pake banyak telur,mbak.Perbandingannya 1:1,jadi 1biji pisang:1 telur, tambah santan kental dan SKM.dijamin ketagihan:-)

    ReplyDelete