Sunday, August 2, 2015

Ayam Goreng Kampung Gurih


Maaf kemaren absen posting ya teman-teman..seharian sibuk. Eh sore di ajak nge date sama dua cowok..nonton Pixels ke Paragon..yo wis..jalan-jalan sekalian sampai malam..hihi. Buat *gamer sejati kayak Yodha..seneng banget dia nonton pixels..sampai mlongo dan ketawa ngekek-ngekek nontonnya..karena ceritanya seru dan lucu, tentang games..hihi. Nah..habis nonton tuch kita makan di ayam goreng langganan favorit Yodha dan papinya..Ayam Goreng kampung pak Supar di Moch Suyudi Semarang. Kita biasa makan di situ sich kalau pas turun ke bawah jika udah mentok dan bosan dengan makanan lain..ujung-ujungnya Yodha mintanya....ya ayam goreng Pak Supar..hihi. 

Ayam goreng pak Supar nich lumayan beken di Semarang bawah. Yang khas itu karena ayam gorengnya ayam kampung kecil-kecil..jadi enak memang. Dengan citarasa ayamnya gurih nggak terlalu manis, dan tehnik menggorengnya yang aku suka..nggak di goreng sampai kering..tapi cuma di celup minyak gitu nggorengnya..jadi nggak kerasa ayamnya. Ayam ungkepnya juga nggak sampai empuk banget..jadi ketika di tarik..daging ayamnya itu masih sedikit liat khas ayam kampung, tapi enggak keras. Jadi masih ada sensasi sedikit alot khas ayam kampung. Di ayam goreng pak Supar ini juga penyajian minimalis nggak banyak lalapan, tapi jangan kaget jika di meja akan di sodorin sepering penuh ayam goreng panas. Tapi jangan takut..nggak perlu di bayar semua..cukup yang di makan aja..hihi. Sayangnya sering makan di situ tapi mau foto-foto kok ribet..satu meja makan berdesakan sama orang lain..hihi..karena selalu ramai pengunjung jika waktu makan malam dan model warung yang meja panjang di pakai ramai-ramia bisa..huhu.

Nah..tadi malam udah puas makan ayam goreng ala kampung..eh lha kok tadi ke pasar di tanya hari ini mau makan apa..kok jawaban Yodha ya ayam goreng lagi..hihi. Begitu dech..kalau lagi suka lauk tertentu ya itu-itu terus yang di minta. Ya udah dech akhirnya tadi beli juga ayam kampung lagi di pasar..hihi. Aku masak ala Pak Supar yang nggak terlalu manis. Jadi intinya sich ayam goreng bumbu kuning..tapi ayam yang di pakai ayam kampung. Jadi ya tetep selalu enak. Tapi jika bosan ayam goreng bumbu manis..ayam goreng gurih ini memang enak..dan bisa ngabisin nasi juga..haha. Sambal yang cocok untuk  ayam goreng gurih ini biasanya sambal terasi matang yang pedas manis, atau sambal lain seperti sambal mentah bawang atau terasi..enak juga. Siap-siap nambah timbangan aja..kalau makan sama ayam goreng kampung begini ya teman-teman..hihi.

Oke dech jadi ini ceritanya ayam goreng tiru-tiru pak Supar stylenya..tapi kalau soal rasa sich aku tanya ke bos kecilku tadi..gimana..pilih Pak Supar atau punya Mami...dan bos kecilku kasih jempol..pilih ayam goreng Mami..katanya..hihi.

Oke dech ini ayam goreng gurih ala aku ya teman-teman..bumbunya sich biasa ayam goreng, cuma lebih kuning dan nggak banyak pakai gulanya. Tapi tetep pakai gula lho ya..kalau aku..itu wajib..untuk menyeimbangkan rasa gurih ayamnya. Tapi nggak terlalu banyak seperti ayam goreng bacem atau manis. 

Ayam Goreng Kampung Gurih

Bahan :
1 ekor ayam kampung ukuran sedang atau kecil aja
1000 ml air ( bisa campuran 500 ml air kelapa dan 500 ml air )
3 lembar daun salam
4 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh garam ( bisa di tambah jika kurang asin )
1 sendok teh kaldu ayam
1/2 sendok makan gula merah

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
6 butir bawang merah
4 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
3 cm kunyit
1 cm jahe

Cara membuat :
Campur semua bahan di panci, tutup rapat, ungkep dengan api kecil hingga ayam empuk, tapi jangan terlalu empuk. Jangan lupa koreksi rasa di tengah-tengah waktu mengungkep ya..agar sesuai selera rasa asin gurihnya.  Jika sudah pas gurihnya dan ayam matang, angkat dan biarkan ayam agak dingin, baru di goreng.
Cara menggorengnya nggak perlu terlalu lama ya.panaskan minyak agak banyak hingga panas, masukkan ayam sekedar hingga kuning keemasan. Angkat. Sajikan hangat dengan sambal terasi.


Untuk sambalnya..karena bosan sambal terasi matang yang di tumis lagi..aku buat sambal terasi tomat aja. tetep di goreng dulu..bahan-bahannya, tapi setelah itu nggak di tumis lagi..jadi citarasa tomat segarnya masih terasa. Enak..apalagi terasinya pakai terasi Juwana asli yang aku jual..hemmm..mantab dech...hihi. 

Sambal Terasi Tomat

Bahan :
10 buah cabai merah keriting
Cabai rawit merah 5 buah
6 butir bawang merah, potong-potong
1 siung bawang putih
1 sendok teh terasi bakar
1/4 sendok teh gula merah
Garam sesuai selera

Cara membuat :
Tumis bawang merah , bawang putih, cabai hingga matang, haluskan dengan terasi, garam dan gula
Goreng tomat hingga matang dan layu, masukkan ke dalam cobek berisi ulekan cabai dkk, ulek hingga rata, tuangi sedikit minyak panas sisa menggoreng bahan sambal. Koreksi rasa. Sajikan bersama ayam goreng.




4 comments :

  1. sama ya mbak aku kalau goreng ayam gak pernah lama apalagi buat pascal. Dia kalau keras gak bisa nelannya

    ReplyDelete
  2. Mba didi...
    mau tanya, tomat yg di gunakan berapa buah?
    karena tidak tercantum di bahan..

    ReplyDelete
  3. Siang mbak diah,kalau boleh tau mbak diah pakai kamera apa ya untuk memfoto2 makananya soalnya hasilnya bagus2:)

    ReplyDelete
  4. Sering banget aku contek resepny mb diah..kuliner semarang pak supar jd pengen nyamperin ke warungnya..trus trasi juwana..hmm..yg asli pati siapa nih?mb diah ya?

    ReplyDelete