Friday, July 3, 2015

Dawet Bunga Telang


Kemaren ada Pak tukang  bersih-bersih halamanku bilang.."Bu..bunga telangnya terlalu rimbun , di potong saja ya..jika tidak nanti pohon jeruk sambalnya mati..karena tertutup pohon bunga telang. Wuaa...sebenernya sayang sekali..karena aku suka sekali membuat aneka kue-kue atau makanan pakai pewarna bunga telang ini..dan pohonnya juga lagi rimbun-rimbunnya..dan banyak bunganya. Tapi tak lihat memang akan mati pohon jeruknya jika tidak segera di pangkas bunga telangnya...sayang juga. Jadilah kemaren terpaksa merelakan tanaman bunga telangku untuk di potong dulu.

Padahal cantik banget bunga telang ini jika untuk pewarna makanan teman-teman. Lihat nich kemaren aku panen bunganya..sebelum di potong, aku  buat dawet. Hemm biru alami cantik ceh. Dan jika di pakai sebagai pewarna makanan...bunga telang ini nggak ninggalin jejak rasa aneh atau rasa apapun di makanan teman-teman..bunga telang ini...jadi ya memang sebagai pewarna alami saja. Dawetnya ya tetep harum aroma tepung beras dan pandan..walau berwarna kebiruan cantik ini. 

Karena kemaren banyak bunga telang..aku pakai segenggam aja..untuk bikin dawetnya..warnanya udah cantik banget. Waktu di masak memang nggak terlalu biru..tapi ketika dawetnya udah dingin..warna biru cantiknya semakin kuat dan muncul. Hemm..amazing...!  Jadi dawet ini, makanan terakhir aku pakai bunga telang..besok-besok musti nanam dulu lagi dech..jika sudah masuk musim hujan..huhu.



Okay..untuk resep aku masih pakai resep dawet yang biasa aku buat...cuma pewarnanya ganti bunga telang. Jika tidak ada..ganti saja pakai air daun suji dan pandan untuk pewarna hijau ya teman-teman. Atau kalau mau hitam..tinggal kasih air abu merang..jadi dech dawet ireng. Hemm..sebenernya alam sudah menyediakan berbagai pewarna alami ya teman-teman untuk makanan. Jadi mari kita manfaatkan, daripada pakai pewarna buatan.

Dawet Bunga Telang

Bahan :
60 gram tepung beras
40 gram tepung tapioka
600 ml air
1 genggam bunga telang, remas2 dengan air yang untuk adonan dawetnya hingga berwarna biru airnya. Saring
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan

Pelengkap :
Sirup gula merah ( kinco ) secukupnya
Santan matang secukupnya
Es batu jika suka

Cara Membuat :
Aduk rata tepung beras dan tapioka, air bunga telang. Beri garam dan daun pandan
Masak di atas api sedang, hingga meletup-letup dan menjadi bubur kental
Siapkan wadah berisi air dingin yang di beri es batu, cetak adonan dawet dengan cetakan di atas wadah berisi air dingin.
Siap di buat es dawet.



Bye bye pohon bunga telang ku yang cantik dan rimbun...huhu..tunggu musim penghujan nanti dech nanam lagi di halaman depan aja, biar nggak mengganggu pohon lain. Untuk kemaren biji-biji keringnya masih di simpan sama Pak tukang.



9 comments :

  1. warnanya cantik mbak biru, bunga telang disini kayanya jarang mbak

    ReplyDelete
  2. Mbak mau tanya kalau bikin dawet yg kenyal dan nggak mudah hancur gimana ya? kapan itu nyoba pakai tepung beras dan hungkue mudah hancur gitu...Kalau yg ini sepertinya nggak gampang hancur ya mbak? Hungkuenya diganti tapioka. Sebelumnya terimakasih banyak:)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Peluk kangen dulu mba Diah....^_^ kangeeeen banget nih udah hampir sebulan ga pernah ngintip dapurnya mbak Diah gara2 kerjaan kantor ga brenti2. Sekarang kalau pas libur udah males buka inet mba apalagi masak...maunya leyeh2 & istirahatin mata..heheh. Baru sekarang nih di kantor sempetin nengok dapurnya mba Di...olala ternyata banyak banget masakan2nya yg bikin ngiler. Dawetnya cantiiik..dan itu pohon telangnya sayang banget ditebang.

    ReplyDelete
  5. Dawet bunga kamboja ada juga kok ^_^

    ReplyDelete
  6. Barusan nyobain resep dawetnya mbak didi, tapi kok tekstur dawetnya kurang kenyal ya mbak?

    ReplyDelete
  7. Kalau mau kenyal pake air kapur sirih mbak 2 sdm dijamin dawetx bakal enak n kenyal... sy sdh coba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air kapur sirih nya dimasak bareng bubur tepung tapioca dan beras? Apakah air kapur sirih tidak pahit dan aman untuk manusia?

      Delete
  8. Cantiiiikkk banget dawetnya.. Adem liatnyašŸ˜Š

    ReplyDelete