Sunday, July 19, 2015

Mudikkkk....^_^


Hai teman-teman....apa kabar ?
Selamat hari raya Idul Fitri 1436 H ya..mohon maaf lahir batin. Maaf telat sedikit, karena dapurnya di tinggal mudik dulu..^^

Gimana liburan teman-teman ?..Mungkin banyak juga yang masih berada di kampung halaman bersama keluarga tercinta. Pastinya momen bahagia yang udah di tunggu selama setahun ini..nggak akan di lewatkan ya. Tapi buat yang berhalangan mudik..tetap semangat..masih ada Lebaran tahun depan ya. Aku aja..Kakak yang Jakarta..sama ponakan kesayanganku yang tinggal di Karawang nggak mudik..tuch rasanya beda banget..ada yang kurang gitu..tapi ya gimana lagi..masing-masing ada keperluan yang nggak bisa di tinggalkan tahun ini. Yang penting bisa sungkem ke orangtua dan kakak-kakak lain..semua dalam keadaan sehat semua..udah bahagia dech.

Tapi mudik kemaren kok terasa beda juga..Yogya agak sepi pas kami berangkat dari Semarang..suamiku sampai protes..kok nggak macet ya..hahaha. jadi sampai Yogya lebih cepat. Tapi memang karena sekarang kami sudah tau triknya..kalau mau Ke Yogya dari Semarang..jangan lewat tol..karena semua orang lewat tol..kita lewat jalan biasa..malah nggak macet. kalau Lebaran tahun kemaren..malah terjebak lama di tol..hihi. Tapi kalau Lebaran nggak terjebak macet itu kurang seru kali ya..haha. Soalnya biasanya kan Lebaran identik dengan macet..jadi berasa ada yang hilang jika nggak macet. Apalagi  jalur ke rumah Eyang Yodha kan menuju ke tempat biasa, makanya kalau sepi jadi aneh..hihi. Lebih aneh lagi...suamiku..kalau Lebaran nggak macet kok malah protes..."Lebaran kali ini beda dan aneh..Yogya kok nggak macet sama sekali "..katanya..hihi. Tapi beneran, pas Lebaran hari 1 & 2..Yogya, jalan-jalan di Yogya masih sepi, di beberapa keramaian Yogya..liburan kemaren kok malah pada tutup..huhu. Jadi aku muter-muter nggak jelas mau ke mana-mana tutup semua. Resto-resto favorit masih tutup..mau ke Mirota batik & Titon carft..cari pernik-pernik jadul untuk properti motret..tutup juga. Ke Kraton..karena Yodha pengen liat Kraton..tutup juga. Kalau hari ini dan beberapa hari ke depan..baru macet kali ya di Yogya..karena musim liburan dah tiba..dan semua tempat keramaian atau resto pasti sudah buka seperti biasa.

Untung pagi hari kemaren, waktu kami jalan-jalan ke jalan Solo sampai kalasan tuch, kita sempat mampir ke Candi Prambanan..karena Yodha pengen liat Candi Prambanan setelah SD nich...karena udah belajar sejarah..jadi pagi-pagi iseng udah ada di candi Prambanan..hihi. Karena kalau siang malas banget..selain panas..juga pasti berjubel dech wisatawan domestik yang ke sana. Kalau pagi-pagi masih enak..sepi dan suasana masih adem. Tapi lumayan lama nggak ke Prambanan..sekarang makin rapi dan bersih juga kok..jadi lumayan seru jalan-jalan pagi di sana. Terakhir aku ke sana, waktu kerja sebelum nikah..nganter beberapa buyer asing dulu yang pengen tau tentang Candi Prambanan.

Jadi buat teman-teman dari luar Jawa, jika mau berkunjung ke Candi Prambanan di Yogya..aku sarankan pagi hari..suasana lebih nyaman..dan nggak terlalu panas. Buka dari jam 8 pagi kok..tempat wisata Candi Prambanan ini. 





Kemaren mau kulineran ke mana-man juga masih banyak yang tutup..huhu. Memang kalau niat mau wisata kuliner ke Yogya ya..jangan pas Lebaran..selain banyak yang tutup..jika nggak tutup pun pastinya berjubel yang makan di sana..di serbu wisatawan. Misal seperti resto Jejamuran..biasanya buka waktu Lebaran..tapi ya musti antri-antri jika makan di sana. Makanya kemaren nggak mampir ke sana. Sebenernya kangen makan di tempat-tempat makan yang unik dan legendaris di Yogya gitu..tapi banyak yang pada tutup. Kemaren akhirnya karena muter-muter nggak nemu yang buka..kita makan di Ayam Goreng Mbok Berek..di jalan  Magelang..hihi. Rencana semula sich mau makan Brongkos bu Padmo yang terkenal..tapi tutup Karena udah kadung lapar..ya sudah..belok ke ayam goreng Mbok Berek aja di dekat situ..hihi. Tapi lumayan nyaman dan makanannya juga enak kok di ayam goreng Mbok Berek ini, walau ketemunya ya..ayam goreng maning..sama kremesan..hihi. Bakul tepung kremes ..masih mau makan kremesan juga..hihi. Gak apa-apa dong..jadi buat referensi aja. Kremesan di Mbok Berek kan sedikit beda..karena lebih banyak tepung berasnya. Jadi jika lewat jalan Magelang pinggir yang mau keluar Yogya..ayam goreng Mbok Berek nich rekomended juga untuk tempat bersantai dan makan teman-teman. Suasana restonya adem..dan khas Jawa banget..jadi pengen punya rumah seperti ini suatu saat nanti di Yogya..hihi. Nanti teman-teman boleh mampir dan nginap dech kalau liburan di Yogya..hahaha.....*ngayal dulu*





Kemaren  juga sempat mampir ke Warung mangut legendaris bu Is..di jalan Imogiri..waktu mau ke supplier tepung gaplekku..hihi. Ya elah..Lebaran..tetep kerja dong..pesan tepung gaplek yang mau di kirim ke Semarang..pesanan teman-teman..sama borong rambak Yogya juga di sentra nya..jadi dapat yang benar-benar berkualitas. Sempat muter-muter juga ke beberapa pasar tradisional Yogya..sayangnya..banyak yang masih tutup..padahal dah niat mau beli bakpia  kumbu hitam di depan pasar Bantul..tutup..mau beli tempe benguk sengek..juga tutup...huhu. Mau cari ayam  ingkung yang lagi nge top.tutup juga. Pokoknya kalau Lebaran ya..nggak bisa berharap nemu kuliner yang  unik-unik yang buka...hihi. Ya iya lah ya..kan pada Lebaran juga yang jual ya...hihi.

Kalau warung bu Is ini adalah warung mangut lele yang legendaris selain Mangut Nggeneng mbah Marto yang di jalan Parangtritis. Bendanya kalau mangut Nggeneng kan lelenya di asap, baru di masak. Kalau di mangut bu Is..ini lelenya di goreng, baru di masak mangut. Citarasanya juga beda, kalau mangut lele Mbah Marto..itu berkuah agak kemerahan pedas, yang di bu Is ini..lebih kental kuahnya..nggak merah tapi pucat..khas ndeso banget..beda tipis lah sama masakan ibu di rumah..hihi. Urap mentahnya enak..dan juga sambal terasi ndesonya. Pokoknya sensasi rasa alami ndesonya yang kental. Ntar aku posting resepnya dech kapan-kapan teman..karena kalau mangut seperti ini..ibuku aja udah sering banget buat. Mangut lele bu Is ini citarasanya gurih manis..nggak terlalu pedas, makanya di sediakan juga lombok ijo goreng untuk pelengkapnya. Di makan sama urap mentah yang seger..wah enak banget memang. Citarasanya..otentik rasa kampung dech. Cobain kalau ke Yogya teman-teman..warungnya ada di jalan Imogiri km 12 ya..pas depannya ada tugu kecil buat ancer-ancernya. Kalau dari arah Yogya kiri jalan. Sampingnya ada warung es kelapa muda. Warungnya sich biasa banget..tapi yang parkir mobil semua..hihi. jadi jika mau cari..salah satu tandanya ya..ramai banyak yang parkir mobil di depannya. Suka dech..kalau ke Yogya..ke tempat kuliner ndeso begini..dari yang makan di dapur langsung sambil lihat cara masak mangut di rumah Mbah Marto..yang mangut Nggeneng.....sampai warung-warung nyempil khas pedesaan tuch bisa nge top semua..seperti ayam goreng Mbah Cemplung..tuch juga berada di kampung gitu..warungnya.tapi yang datang..berderet2 mobil mewah parkir di situ...hihi.




Apa lagi ya..cerita unik kuliner mudik kami kemaren..udah dech kayaknya..karena  udah mblenger menu ketupat dkk di rumah..kami suka kulineran di luar sekalian buat liputan. Biasanya dulu Ibu suka ngomel-ngomel..udah di masakin kok masih jajan..hihi. Tapi ya..sekarang udah biasa..dan hafal..kebiasaanku kalau mudik. Ya namanya juga food blogger..ke manapun pergi musti di sempatin icip-icip dan kulineran. Tapi karena banyak yang tutup..akhirnya nggak banyak tempat baru..yang kami kunjungi..huhu. Kami sempat makan di soto Kadipiro..tapi dulu pernah ku ulas ya. Kemaren mau cari mie pentil sama besengek koro benguk di pasar bantul malah kesiangan..eh bakpia kumbu hitam juga tutup..mau makan gudeg manggar juga tutup..wis..Lebaran  tutup semua..yang buka kebanyakan warung bakso sama mie ayam..kalau di daerah selatan Yogya..hahaha.aku sampai mblenger lihat warung-warung bakso yang penuh sesak pembeli di mana-mana. Tapi kemaren sempat kangen juga bakso khas Yogya yang pakai tahu pong..dan pakai bakso goreng yang super keras..tapi enak..setelah di rendam kuah..hihi. Enak banget..kapan-kapan aku buat sendiri dech. Lebaran 1 & 2 kemaren memang di Yogya banyak resto yang yang pada tutup..warung-warung yang terkenal juga...jadi ya..next time..jika mudik lagi pas nggak Lebaran..tunggu liputan wisata kuliner lain ya di Yogya.

Selamat menikmati libur Lebaran teman-teman..^^

11 comments :

  1. Maaf lahir batin juga ya mbk diah. Wah kalo kita kebalikan, saya org smrg asli tp tinggal di jogja jd klo lebaran mudiknya semarang, besok harus udh pulang jogja lg hehe, ga tau sih ya mbk kita dkasih rejeki n tinggalnya dimana, semua Allah yg atur. Eh Kok mlh curhat btw salam utk keluarga ya mbk smga sl sehat amin :-) Indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya ya mba Indah..kita papasana di jalan mungkin..hihi..Saya ke Yogya..Mba Ke Semarang..:D
      Betul mba..di manapun berada..bersyukur ya..:)

      Delete
  2. Minal aidin wal.faidzin juga utk mbak diah sekeluarga.
    Pokoknya kalau ntar saya mau jalan jalan ke jogja atau semarang, kudu sms mbak diah dulu biar dibuatin list tempat kuliner yang siip top markotop utk dikunjungi!!hehe..
    Saya asli sidoarjo surabaya, ngeblank tempat2 kuliner di jogja n smarang...okay mbak Di?! Hihi...
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba Ratna..:) Siap mba..ayuk kapan main ke Semarang atau Yogya ? :)

      Delete
  3. Mbak Diah didi minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir bathin ..saya hepi bgt berkat resep2x kue kering dari mbak diah lebaran dirumah kami sukses nastar kastangel putri salju ludes mbak eunak tenan kata keluarga..semoga mbak diah sukses terus dan ditambahkan rezkinya..thanks mbak diah.
    -xoxo- zheymee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..alhamdulillah..seneng dech mendengar cocok sama resep2 yang ku share ya..pastinya lebih puas jika menyuguhkan aneka kue buatan sendiri ya mba..:)

      Delete
  4. Taqabbalallahu minna waminkum shiamana wa shiamakum, selamat lebaran yah mbak diah sekeluarga dan salam buat yodha ganteng, senang yah yodha liburan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mba......sama2 ya..mohon maaf lahir batin juga..salam kembali dari Yodha..:)

      Delete
  5. Maaf lahir batin ya mb.diah....(^_^)

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum mba Diah,,, Apa kabar mba? Semoga mba sekeluarga selalu dalam lindungan Allah SWT dan dalam keadaan sehat selalu ya mba.

    Pertama2 mau ngucapin minal aidzin wal faidzin ya mba, mohon maaf lahir dan batin.
    Trus selamat Ulang tahun juga buat mba Diah, semoga sukses selalu dan tercapai segala cita2 mba.
    Lama g main blog (terutama tengok2 blog mba Diah, daku dah ketinggalan banyak berita dan cerita jadi makin kangeeeeeeennn)... Ternyata mba Diah sudah mengeluarkan buku masak2 selamat ya mba,,, Semoga masih bisa saya temukan di gramed kalau pas main ke Bogor,,,

    Pokoknya sukses selalu deh buat mba Diah, g sabar pengen eksekusi resep2 terbaru dari mba Diah... ^_~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Tinaaa..kangennn...wah...iya lam abanget ndak ngobrol ya....:) Amin..mksh atas doa baiknya ya mba...:)

      Delete