Monday, July 20, 2015

Sego Gurih & Ingkung

 

Alhamdulillah..bisa kembali ke dapur..dan masak-masak lagi. Menu hari ini..masih agak berat...hihi. Gara-gara kemaren pas mudik ke Yogya ngidam pengen makan Ingkung Mbah Cempluk..di Yogya, nggak keturutan..bikin sendiri aja dech akhirnya.  Mumpung ceritanya nich..daku lagi ultah hari ini..jadi masak menu yang rada berat lagi nggak apa-apa dech..besok baru masak urap..dkk..hihi. Alhamdulillah Yodha dan papinya suka. Dari kemaren suami memang pengen makan ingkung juga..tapi karena kalau masak ayam, Yodha selalu minta ayam goreng atau bakar..jadi gagal terus masak ingkung. Eh...pas di Yogya..mau makan ayam ingkung di warung makan Ndeso..juga nggak kesampaian. Di Yogya..warung makan ayam ingkung di warung makan Ndeso atau Mbah Cempluk nich memang lagi nge hit juga..setelah sebelumnya..ayam goreng kampung ala Mba Cemplung yang juga sudah melegenda duluan. 

Kalau buat aku ingkung sebenernya bukan kuliner baru lagi sich..karena dari kecil terbiasa makan ingkung.  Ayam ingkung biasa di sajikan dengan nasi gurih..atau sego gurih..yang biasa di bagikan di acara hajatan atau kendurian, itupun porsinya ya nggak satu ekor ayam utuh..paling-paling dalam bentuk suwiran..haha. Tapi jika ada kendurian atau hajatan aja..di rumah..baru dech ibu masak ingkung utuh..hihi...dan bisa puas makan ayam ingkung. Tapi beneran..jaman kecil dulu..kalau makan ayam suwir ingkung dan nasi gurih itu berasa enak banget. 

Jadi intinya ingkung itu..adalah ayam yang di masak utuh, nggak di potong-potong..bisa di ungkep dengan bumbu ( di rebus ) atau di lumuri bumbu , lalu di kukus. Kalau ibuku suka masak ingkung yang pakai santan..dan di ungkep dengan bumbu rempah, lalu di angkat dari rebusan bumbu ketika ayam sudah empuk dan bumbu meresap. Karena memakai santan kental..maka citarasa ingkung semakin gurih. Ada juga ingkung yang di masak tanpa santan..dengan bumbu-bumbu biasa..jadi seperti ayam ungkep biasa, tapi tidak di goreng. Tapi jika makan ayam ingkung di warung makan Mbah Cempluk Yogya..ada beragam versi..ada yang rebus..kukus..goreng..bahkan bakar. Tapi, kalau aku paling suka ayam ingkung itu yang di rebus saja..pakai santan dan bumbu rempah..jadi gurih sekali dan alami rasa gurih serta manis ayam kampung akan muncul. 

Ayam ingkung paling enak di makan sama sego gurih, yaitu nasi yang di masak dengan santan juga dan daun salam, garam serta sereh. Rasanya nggak gurih banget kayak nasi uduk..soft aja gurihnya. Jika mau komplet bisa di tambah kering tempe..kacang dan kedelai goreng serta opor telur dan sambal goreng krecek...serta lalapan. Menu seperti ini juga bisa di jumpai ketika ada acara sekatenan..di alun-alun Kraton Yogya. Biasanya waktu sekatenan, banyak penjual sego gurih dan ayam ingkung ini teman-teman..jika mau coba. Wah..jadi kangen suasana sekatenan..jaman kecil dulu..suka di ajak ibu rame-rame nonton sekatenan, sama tetangga dan saudara..jalan kaki malam hari, pulang pagi hari baru naik angkot..haha. Seru sekali..karena ramai-ramai..jarak dari rumah ke alun-alun sekitar 9 km nggak terasa capek lho..hihi. Apalagi dapat bonus di beliin sego gurih sama *endog abang* atau telur rebus yang di warnai merah, khas sekatenan..enak tenan..jaman dulu kala itu..:)

Sekarang..alhamdulillah..kalau mau makan sego gurih dan ingkung nggak perlu jalan jauh-jauh..cukup masak di rumah saja. Rasanya..alhamdulilah..bisa ngobatin rasa kangen pada sego gurih dan ingkung khas Yogya.

Mau coba..yukk mari..silahkan teman-teman..untuk ingkung ini wajib pakai ayam kampung ya..jika ayam biasa..kurang sip rasanya. Sebelum di ungkep..ayam di belah dulu bagian perutnya, kedua sayapnya di silangkan mengikat leher, kemudian kakinya di kerat, lalu di tekuk ke dalam, agar posisi ayam nggak berubah ketika di masak, bisa di ikat dengan tali dari bambu. Masak ingkung pakai wajan cekung, dan di tutup rapat sehingga matang sempurna dan bumbu meresap.


Ingkung

Bahan :
1 ekor ayam kampung ukuran sedang ( kira-kira 1 kg )
1500 ml santan kental
4 lembar daun salam 
3 cm lengkuas, memarkan
1 batang sereh, memarkan
2 lembar daun jeruk purut
1 sendok makan garam
1 sendok makan gula merah

Bumbu halus :
8 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok makan munjung ketumbar

Cara membuat 
Masukkan semua bahan, serta bumbu halus ke dalam wajan.
Tutup, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap
Koreksi rasa
Jika ayam sudah empuk dan gurh rasanya, tidak perlu di masak hingga kuah habis.
Angkat ayam, tiriskan
Sajikan dengan nasi gurih atau sego gurih

Sego gurih
Bahan :
300 gram beras
2 lembar daun salam 
1 batang serai, di ambil putihnya, dimemarkan
Garam secukupnya
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa 

Cara memasak :
Rebus beras, daun salam, serai, garam, dan santan sampai mendidih.
Kecilkan api, masak hingga santan terserap di nasi
Kukus hingga matang



Pelengkap lain..sambal goreng krecek...pakai krecek Yogya asli..yang ku impor dari Yogya..kemaren..enak banget..favorit Yodha nich. Resep udah pernah ku posting ya di SINI teman-teman. Kering tempe juga...sudah sering ku ulas resepnya di web ini.



3 comments :

  1. Mbak diah didi.. makasih resepnya. Akhirnya bisa dapet resep ayam ingkung di blog mbak.
    Saya pendatang di jogja, tau ayam ingkung juga pas dapat nasi kenduri itupun suwiran. Pengen bikin sendiri biar puas.. haha..
    Aku coba ya mbak.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..selamat mencoba..memangs ensai ayam ingkung suwir itu gimana..gitu ya mba..haha. Jika keluarga kecil kayak aku...aku sarankan bikin yang kecil aja ayam nya mba..takut ndak habis..hihi. Kemaren kami cuma kuat separo..hihi....sisanya berakhir jadi ayam panggang, setelah aku masak lagi dengan sisa kuahnya hingga mengental...:D

      Delete
  2. wah mbak padahal dekat rumah saya desa kuliner ingkung kebetulan om saya juga buka warung makan namanya Mbah Demang menunya ingkung sama oseng-oseng jantung pisang, makin banyak warung kuliner ingkung sekarang hehe, malah belum jadi nyobain ya, semoga ada kesempatan nyobain pas ke jogja hehe

    ReplyDelete