Google Ad

Wednesday, July 8, 2015

Sayur Pepaya Bumbu Rujak


Sayur pepaya yang masih muda..adalah salah satu sayur favoritku. Nggak pernah bosan dech..mau di masak apa aja..suka. kadang kalau makan sayur pepaya gak perlu nasi juga enak..hihi..di gado gitu dech.
Kemaren aku kok kepengen sayur pepaya lagi. Tapi kali ini aku buat sayur pepaya versi lain. Kalau biasanya kan di lodeh aja tau di oseng. Aku pengen coba bumbu rujak kemaren..jadi lebih kuat bumbu-bumbuya. ternyata enak juga. Apalagi jika sudah menginap semalaman sayurnya..tambah enak..hihi.

Bumbu rujak itu seperti bumbu sambal goreng tapi lebih lengkap rempah-rempahnya..jadi citarasa lebih kuat di banding sambel goreng. Jadi musti di imbangi takaran garam dan gula yang pas. Biasanya yang di bumbu rujak itu...ayam..ikan goreng atau telur..tahu..nah kali ini aku buat sayur pepaya bumbu rujak..enak juga ternyata.

Kemaren tuch beneran menyempatkan waktu masak..di tengah kesibukan yang belum berkurang juga. Karena dekat Lebaran gini, alhamdulillah yang pesan aneka tepung masih banyak..hihi. Kurir yang masih buka JNE sama pos ya teman-teman..kalau Wahana udah nggak bisa kirim minggu ini..jadi ayuk..yang mau nyetok aneka tepung yang ku jual buat lebaran..masih bisa hingga H - 3 kok JNE. Kemaren malah baru datang stock tepung kentang seduh baru..fresh baru di buat oleh supplierku..jadi yang kemaren kehabisan stock tepung kentang.sudah ready lagi nich teman-teman. Tepung kentang seduh nich salah satu tepung andalan jualanku yang best seller ..sampai selalu kehabisan. Tepung kentang seduh ini sangat praktis untuk membuat perkedel..kroket..kentang panggang, mashed potatoes, bubur atau sup kentang buat balita juga oke..buat campuran donat..atau roti bisa menul-menul empuk udah nggak di ragukan lagi..hihi.

Buat lauknya..kemaren aku buat lauk simple buat yodha..chicken katsu..atau fillet ayam goreng balut panir. Rasanya enak dan gurih. Walau nggak nyambung lauk sama sayurnya..hihi. gak apa2 dech yang pentimg Yodha suka..ngejar masak cepat soalnya. Untuk resep chicken katsu udah pernah ku share ya teman-teman..klik resepnya di SINI.


Sekarang aku mau share sayur pepayanya aja ya ^^

Sayur Pepaya Bumbu Rujak

Bahan :
1 buah pepaya ukuran sedang, cacah atau serut sesuai selera
800 ml santan
2 lembar daun salam 2 cm lengkuas
2 lembar daun jeruk
1 sendok makan gula merah ( sesuai selera ) 
1 sendok teh kaldu sapi
Garam sesuai selera

Bumbu halus :
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/4 sendok teh ketumbar
1 cm jahe
1 cm kunyit
10 buah cabai merah keriting
1/4 sendok teh terasi bakar

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan santan dan semua bumbu
Biarkan hingga hampir mendidih, masukkan pepaya
Masak sambil sesekali di aduk hingga meresap dan kuah menyusut
Koreksi rasa hingga pas gurih manisnya. Untuk sayur bumbu rujak ini biasanya agak sedikit manis, namun bisa di sesuaikan selera.



4 comments :

  1. Waaahh ini kesukaanku mba...biasanya dilodeh. Kapan2 coba ah....makasih resepnya

    ReplyDelete
  2. wah mbak diah didi udah lebaran duluan nih menunya :)

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel