Wednesday, July 22, 2015

Bodo Kupat


Lebaran datang  lagiiii...!..Hayuk..siap yang kemaren Lebaran belum sempat makan ketupat opor..datanglah ke Semarang..daerah Pantura dan sekitarnya. Besok..kemeriahan Lebaran terasa lagi. Dari tadi pagi..pasar udah meriah..penuh pedagang ketupat, baik yang udah mateng atau hanya jualan selongsong ketupatnya..atau jualan janur..jika ada yang mau buat ketupat sendiri..ada semua. Pokoknya berasa mau Lebaran lagi..hihi. Yapp..itulah tradisi *Bodo Kupat*..atau Lebaran Ketupat..yang bisa di lakukan masyarakat Jawa Tengah 1 minggu setelah Lebaran. Dulu sejarahnya itu..Bodo Kupat ini di lakukan..setelah puasa..syawal..setelah Idul Fitri. Tradisi ini di perkenalkan para Wali..dan di adaptasi dengan budaya masyarakat Jawa..agar umat Islam di sini..lebih semangat..menjalankan ibadah puasa syawal. Bodo Kupat di sebut juga Bodo Kecil..setelah menjalankan ibadah puasa sunah..selama 6 hari di bulan Syawal. Para Wali jaman dulu memang sangat pandai mengajarkan ibadah..dengan di barengi pendekatan budaya ke Masyarakat Jawa Tengah. Begitu sich..cerita yang aku baca..tentang Bodo Ketupat ini teman-teman.

Dan tradisi Bodo Ketupat ini..sampai sekarang tetap terjaga...dan di kenal di sini dengan istilah Bodo Kupat. Bodo artinya Lebaran..Kupat artinya ketupat dalam bahasa Jawa. Makanya..jangan harap harga-harga kebutuhan pokok di pasar turun ya..sebelum Bodo Ketupat usai..hihi. Aku ikutan meramaikan Bodo Ketupat ahh..tadi pagi-pagi udah belanja ke pasar. Walau harga ayam kampung masih 75 ribu per ekor..hihi..tetap niat bikin opor ayam dan sambal goreng ati untuk bodo kupatan besok. Selain itu memang..kalau Lebaran biasa aku jarang makan ketupat opor..karena nggak pernah masak ketupat..opor dll...di rumah. Kalau makan di rumah mertua atau di rumahku di Yogya..udah mblenger duluan. Jadi..waktu bodo kupat seperti ini..waktu yang tepat untuk masak opor di rumah..dengan citarasa sesuai selera. Aku suka opor untuk ketupat itu agak encer..nggak kental..jadi seger rasanya. Di padu..dengan sambal goreng ati yang beneran sambel goreng..merah menyala..dan terasa pedas gurihnya..hihi. Baru mantep..buat makan ketupat opor.

Alhamdulillah...udah nyicip tadi sepiring sama Yodha..enak sekali..Yodha juga suka. Seneng dech..bisa mengenalkan masakan ketupat opor dan sambel goreng yang benar-benar enak..dan bercitarasa ke Yodha...jadi biar dia menyukai masakan tradisional..jika besar nanti..hihi. Selain itu juga..masak sesuai request suami..yang udah lama nggak makan sambal goreng ati yang beneran rasa *sambel goreng*..bukan suma sayur santan pedas yang nanggung rasanya..hihi..jadi sambal goreng yang merah menyala..banyak cabenya di banding atinya..hihi. Tapi memang enak sekali untuk makan ketupat opor sambal goreng seperti ini teman-teman. Saking enaknya sampai terharu..!...lebay ikutan istilah Yodha dech..haha. Soalnya memang kemaren lebaran belum makan ketupat opor sama sekali.

Opor ayam kampung dengan kuah yang encer..jadi terasa segar berpadu dengan ketupat yang pulen dan lembut. Bumbu opor juga aku buat ringan..nggak terlalu berempah..agar lebih segar rasanya..dan nggak neg. Tapi gurihnya..tetep dapet......! Tips memasak opor ayam kampung, masak dengan api kecil..agar bumbu meresap ke dalam daging ayam...dan kuah  nggak banyak menyusut.

Opor Ayam

Bahan :
1/2 ekor ayam kampung
1500 ml santan encer
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
2 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu ayam 
Garam secukupnya

Bumbu halus :
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri sangrai
1 sendok teh ketumbar sangrai
1 cm kunyit bakar
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang
Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
Masukkan santan..dan semua bumbu lain.
Biarkan hingga mendidih, koreksi rasa , sudah pas belum rasanya
Tutup panci, masak hingga meresap dan daging ayam empuk, dengan api kecil.
Jangan kuatir santan pecah. Nanti jika ayam sudah empuk dan bumbu sudah meresap..bisa di tambah  santan kental instan 1 sendok makan..nanti akan menyatu lagi santan yang pecah.


Sambel gorengnya..mantap pedasnya..dengan perbandingan cabe sama dengan atinya sama..hihi. Masih mahal je ati sapi ( hati sapi )..jadi dikit aja cukup buat kami bertiga..beli 250 gram..cabenya juga 250 gram. Manteb...dech rasanya. Tapi nggak pedas banget lho..karena separo pakai cabe merah besar / cabe teropong..separo..cabe merah keriting. Pas pedasnya..Yodha aja nggak kepedasan kok. Tips memasak sambal goreng yang enak..adalah di tehnik menumis bumbunya..harus sampai benar-benar matang ya teman-teman. Gunakan minyak agak banyak ketika menumis..jadi bumbunya bisa matang sempurna dan nggak gosong. Tenang..nanti kelebihan minyak bisa di buang kok..setelah bumbu matang..jika ngak suka masakan terlalu berminyak. Untuk memasak hati sapi..bisa di rebus dulu atau   langsung di goreng sebentar seperti yang aku buat. Jika hanya memasak hati sapi dalam jumlah sedikit, tentu repot dan lama jika harus merebusnya terlebih dahulu. Jadi alternatif lain...bisa di goreng langsung aja. Untuk menghilangkan aroma amis..lumuri hati sapi dengan susu bubuk. Hasilnya jadi enak dech..tekture dan citarasa hatinya masih terasa manis..nggak sepo..tapi nggak amis.

Sambal Goreng Ati Kering

Bahan :
250 gram ati / hati sapi
150 gram cabai teropong, iris tipis
100 gram cabai keriting, haluskan
8 buah bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 sendok makan gula
1 sendok teh garam ( sesuai selera )
100 ml santan kental

Cara membuat :
Potong hati sapi kotak kecil, lumuri dengan 2 sendok makan susu bubuk full cream..diamkan 15 menit
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum, masukkan cabai, masak dengan api sedang hingga agak lama dan keluar minyaknya dan benar-benar matang ( tanak )
Masukkan santan, hati dan semua bumbu lain. Tutup panci
Masak dengan api kecil hingga meresap.
Koreksi rasa hingga pas gurih manisnya.


Kupatnya..beli mateng aja..hahah..karena keburu pengen makan ketupat opornya..kalau bikin sendiri kan lama..ngabisin gas pula..hihi. Tadi cuma beli 4 selongsong ketupat yang masih kosong..besok buat uji coba..bikin ketupat merang. Kalau ketupat buat makan hari ini..beli mateng..5 ribu..satu biji..huhu.


Eits...jangan lupa..yang nggak boleh ketinggalan..untuk makan ketupat opor ala Bodo Kupatan khas Semarang ini..adalah..bubuk kedelainya. Ini yang bikin sedep. Bubuk kedelai ini terbuat dari kedelai sangrai..yang di giling halus..di beri bumbu gula..garam..kencur, dll..citarasanya sedikit manis gurih. Selain enak buat makan kupat opor...cocok juga untuk makan ketan kukus..atau di sebut juga ketan bubuk kedelai...enak..besok aku buatin ya teman-teman ketan bubuk kedelai...:) Kalau cuma butuh sedikit sich bubuk kedelai..nggak perlu repot-repot numbuk atau menggiling kedelai kok..beli aja..murah..banyak di sini..hihi.


Tradisi Bodo Kupat ini..kalau di daerah Pantura...meriah sekali kata suamiku..melebihi kemeriahan Lebaran Idul Fitri. Setiap rumah masak besar dan kadang saling berkunjung membawa hantaran lauk pauk. Kalau di tempatku..yang meriah ya di pasar..hihi..seneng lihat ketupat bertebaran lagi di mana-mana. Kalau di lingkungan aku tinggal kebanyakan warga pendatang..jadi ya..jarang yang merayakan bodo ketupat ini.


Yang jelas..hari ini..puas masak ketupat opor sendiri di rumah..karena selain citarasa bisa sesuai selera..juga turut melestarikan tradisi Bodo Kupatan ini ya..dengan aku posting di web ini. Moga bermanfaat resepnya ya teman-teman..jika mau coba kapan-kapan..menikmati kupat opor khas Lebaran Ketupat ala Semarangan.



7 comments :

  1. Yummy!!!!
    Di sidoarjo juga lagi kupatan mbak. Jd pengen bikin sndri opor n sambal gorengnya nih...tp eits..kok mahal bingit ya kupatnya di sana? Hihi.maklum lg ngetrend si kupat ya.
    Ttg bubuk kedelai, baru kali ini saya dengar mbak..tp sepertinya pernah makan juga sih..haha..baru tahu klo itu namanya bu uk kedelai. Bikin sndri dr kacang kedelai gorengan bisa ndak ya, mbak diah? Ada setoples ini dirumah.
    Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo mba..kupat lagi naik daun..2 hari ini..hahah. tapi ndak cuma kupat yang mahal..sayuran aja mahal pol..hihi selamat Lebaran kupat ya mba..:)

      Delete
  2. sama mbak...di soloraya juga ada tradisi bakdo kupat, jadi kalo pas idul fitrinya malah ga ada kupat, adanya lontong opor. si kupat baru muncul pas bakdo kupat, seminggu setelah idul fitri...n btw sambel gorengnya ituuu...bikin ngileeerr :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mungkin biar puas makan ketupatnya di Bodo kupatan ya mba..kayak aku..hihi..jika Lebaran udah makan kupat duluan kan udah mblenger..udah masak sambel goreng belum ini mba..?..:D

      Delete
  3. ehehehe...belum sempat mbak...mudah2an sabtu-minggu nanti sempat :)

    ReplyDelete
  4. Mudik kemaren sayang buru2 pulang jadi ga ngrasain Bodo Kupat mba, padahal kalau di Madiun bodo kupatannya rame juga... Asyik ya mba Diah kalau di daerah Jateng & Jatim, lebarannya dua kali.

    ReplyDelete
  5. Yummyyyyyyyy!!!! Barusan masak ini enak banget.. Makasih resepnya mba diah... Luv luv semua resepnya 😙😙😙

    ReplyDelete