Saturday, July 11, 2015

Cookies Balut Coklat





Alhamdulillah sebentar lagi Lebaran ya teman-teman. Udah pada buat kue apa nich buat lebaran nanti. Aku kok belum sendiri..huhu. Masih sibuk packing aja. Sampai-sampai tukang sayur langgananku komen.."Kok nggak bau harum kue bu dapurnya udah deket Lebaran gini ? "..hihi. Ya emang  belum bikin sich. Jadi kangen mixer dan ovenku yang lama nganggur. Besok mulai baking ahh..mumpung nggak packing-packing lagi karena kurir udah mulai tutup. Walaupun baking kue hanya untuk di bagi-bagi..tapi rasnaya itu seru..jika tiap mau dekat Lebaran..ada ritual bikin kue kering sendiri di rumah. Walaupun di luar sana banyak yang jual..percayalah..lebih enak dan ekonomis lho jika kita buat sendiri di rumah.

Makanya tadi mulai buka-buka file foto..oh masih ada nich foto kue kering satu lagi yang belum ku posting. Ini buatnya sich udah beberapa waktu lalu. Gak apa-apa..di catet aja..buat koleksi resep kue kerig di web ini. Sayang aja jika resep kue an foto kuenya di simpan sendiri. Lebih baik di share..siapa tahu ada yang mau coba..dan bermanfaat.

Kalau ini resep iseng..pengen buat cringkle cookies..tapi versi yang lapisan luarnya coklat. Hemm..cracking nya belum dapat banget dech..tapi lumayan lah..sudah cukup membuat cookie sini jadi eksotis..hihi.

Untuk balutannya aku pakai Ovomaltine punya Yodha..hihi. Minta dikit ya Kak !..Duch..suka banget Yodha..minum Ovomaltine ini. Tapi serbuk Ovomaltine ini memang enak ya..teman-teman..aku suka di makan gitu aja bubuknya, kalau pas mbuatin Yodha minuman Ovomaltine ini..enak..nggak terlalu manis dan nyoklat banget..hihi. Makanaya penasaran..jika di buat lapisan cookies gimana rasanya. 

Kalau resep dasar cookiesnya sich aku masih pakai yang cookies tabur wijen..sama aja...tapi kali ini ku balut lapisan ovomaltine..jadi ada rasa coklatnya bagian luar. Enak..dan unik rasanya.


Cookies Balut Coklat

Bahan
50 gram minuman serbuk coklat ( contoh Milo, Ovomaltine )
50 gram mentega
50 gram margarin
50 gram gula halus
1 butir kuning telur
1/8 sendok teh garam
1 sendok makan susu bubuk
170 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan maizena
¼ sendok teh baking powder

Cara membuat
Panaskan oven di suhu 170 C
Ayak tepung terigu, maizena, susu bubuk dan baking powder, sisihkan
Kocok mentega, margarin dan gula hingga lembut sekitar  1 menit
Masukkan kuning telur, kocok rata
Masukkan campuran tepung, aduk rata dengan spatula
Ambil sedikit adonan, bentuk bulat sebesar kelereng
Gulingkan ke coklat serbuk
Letakkan di loyang, tekan adonan agar pipih dan timbul motif retak
Oven selama 20 menit hingga matang ( tergantung panas oven masing-masing )
Simpan di toples jika sudah dingin



2 comments :

  1. coba aah... enak nih buat suguhan lebaran.. :)

    ReplyDelete
  2. cepet juga ya bakarnya cuma 20 menit

    ReplyDelete