Friday, July 24, 2015

Jajanan Jadul Favoritku Dulu

 

Lagi bongkar-bongkar file foto liburan Lebaran kemaren...baru ingat kalau kemaren sempat jelajah pasar tradisional di bantul dan Imogiri. Niat hati pengen beli bakpia kumbu hitam..malah tutup yang jual. Yang udah ngubek-ubek pasar aja..kangen pengen cari jajanan jaman dulu. Tapi sayange kok ya kesiangan..jadi yang aku cari banyak yang nggak ketemu karena udah pada pulang yang jual. Padahal aku udah ngidam...mie pentil..besengek tempe benguk dan koro..hemmm..enak banget dech bayanginnya. Akhirnya cuma muter-muter pasar nemu jajanan jadul kering..waktu dulu masih kecil..suka di beliin ibu..jika *tindak* atau pergi ke pasar. 

Dari sekian banyak jajanan jadul di pasar beberapa yang aku aku angkut..hihi. Sebenernya masih banyak lagi sich macamnya..tapi ya siapa yang mau makan..jika aku beli semua..hihi. Yodha dan papinya mana mau jajanan pasar begini. Jadi kemaren habis aku foto..aku bagi-bagi juga.

Ini dia beberapa jajanan favoritku waktu kecil.

Di mulai dari foto pertama di atas sendiri yang unyu-unyu..itu namanya donat pong..terbuat dari tepung tapioka atau tepung ketan. Di buat adonan..di bentuk seperti donat..lalu di goreng hingga mengembang dan kering. Jika udah kering di besta pakai gula pasir, jadi menyelimuti donatnya. Rasanya enak gurih..kriuk-kriuk. Dulu biasa buat sesajen juga donat pong ini seingatku jaman cilik..hihi. Jika ada hajatan di rumah..salah satu snacknya yang untuk sajen yang donat pong ini. Waktu aku lagi motret..Yodha tanya.." Ini donat gula ya Mi ?..langsung dia nyomot satu..terus langsung di lepeh lagi.."Donatnya kok aneh ! " katanya..hahah..di kira donat kentang ya Kak..! hihi..

Kalau yang di bawah ini namanya sempe lempit..atau sempe lipat. Terbuat dari tepung beras. Enak ini..kriuk-kriuk gurih..renyah. Paling sering bawa ini dulu..jika di SD ada acara tukar menukar snack..waktu acara terima rapot. Hayo..siapa yang masih ngalamin momen tukar menukar snack jaman SD waktu kenaikan kelas..hihi..seru ya..!


Kalau ini namanya cipiran..rasanya gurih..tapi keras *kemlothak*..haha..alias keras banget..tapi jaman cilik dulu kok ya malah suka. Bahannya dari tapioka kayaknya atau terigu..nah kalau ini aku belum tau cara buatnya. Yang jelas..salah satu cemilan favoritku dulu.


Kalau ini namanya wajik klethik..sampai sekarang masih suk abanget., Semacam geplak, terbuat dari kelapa dan gula yang di masak hingga kering, tapi di beri ketan kukus setengah matang..jadi ada rasa klethis-klethis gurihnya. Di makan pakai teh pahit..hemm enak banget. Kemaren beli di pasar pas banget sesuai seleraku gurih manis..enak.


Kalau ini..mungkin banyak yang belum tau ya teman-teman. Ini namanya rempelo tahu..bukan rempelo ati lho ya..hihi. Karena bentuknya seperti rempelo ati kali ya..makan di sebut rempelo tahu. Karena dalamnya dulu isinya tahu pong yang kering yang di potong kecil-kecil. Sekarang sich banyak yang di ganti pakai rambak. Padahal lebih enak jika pakai tahu lho. Rempelo tahu jaman aku kecil dulu juga nggak serenyah  sekarang. Kalau dulu..ukuran dan lilitan lebih banyak..jadi mirip rempelo ati yang di lilit usus. Dulu di jual satuan..dulu 5 atau 10 rupiah   per biji, enak ada sensasi alotnya juga yang lilitan bagian dalam..kayak kue bawang belum kering rasanya..haha. enak dech pokoknya.


Kalau ini roti jadul..bolu kolomben.rasanya cuma manis doang..hihi. Tapi jaman kecil dulu ya suka. Sekarang kemaren aku coba..kurang suka lagi aku..haha. Lebih enak bolu kelapa jadul yang ku beli di pasar tradisional Semarang. Bentuknya mirip sama roti kolomben ini.


Satu lagi jajanan  favoritku waktu kecil...kethak manis. Ini terbuat dari blondo kelapa yang di beri gula dan di masak hingga kering, rasanya manis gurih.unik..enak...dech. Selain di buat manis..kethak juga ada yang gurih..yang biasa di makan pakai grontol..hahah..kapan-kapan aku foto dech makanan aneh jaman dulu ini jika masih ada ya teman-teman.




6 comments :

  1. tradisi tukar menukar jajan msh ada kok mpe skrg, mbak. klo d tempatku pd saat Maulid Nabi.
    jadi para murid diminta bawa jajan, ditaruh d meja masing2. kemudian para murid disuruh k aula/musholla utk dengerin ceramah. stlh selesai, kembali k kelas. nahh 'ajaib' nya d meja masing2, jajannya uda berubah jd macam2 dehh. tapi yg bikin kesel, jajan yg enak2 uda diembat duluan ama gurunya *tepok jidat* kekekkk
    makanya sempat 'konspirasi' ama teman2 spy thn dpn ga usah bawa jajan yg enak *ketawa setan*
    hehehhh itu sih cerita dulu.
    giliran era keponakanku jalanin tradisi tsb, tetep lah kelg kami nyediain kue yg enak. toh klo qta ngasih barang bagus, insya Allah balasan bagusnya k qta juga kan *tumbuh sayap malaikat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tempatku juga masih ada tradisi tukar2an jajan pas bagi rapot....nah bapak ibu ku kan guru tuh mbak....kalo ibuku sd nya agak deket kota, tapi beliau nerima jajannya juga biasa2 aja, gak ada yang istimewa. palingan yg istimewa pisang satu sisir atau telor asin berapa biji aja....lha soalnya kalo telor asin di bagiin ke murid2 kan susah, mau dipotong seberapa? kan yang bawa telor asin juga gak banyak2....jajan yang lain ya palingan bolu2/roti/biskuit yg ada di pasar...sampai di rumah juga dibagi2 lagi ke tetangga... Nah kalo sekolah bapakku agak ndeso tempatnya, tapi justru orang tua murid lebih ngajeni(menghormati) guru. Jadi khusus untuk guru sengaja dibawakan jajanan/kue yang lebih enak.... ya meski cuman bolu tulban yg rasanya agak seret..yach.....kata orang tuaku emang ada oknum guru/sekolah yang minta dibawakan jajanan yang special. Syukur alhamdulillah orng tuaku gak begitu, menerima saja apa yg ada... hahaha ini judulnya bukan pembelaan ya....kasih gambaran aja, ada guru yang terimo ing pandum ada juga yang neko2 hehehe. doakan ajalah semoga yg neko2 jadi insyaf :D "dina"

      Delete
    2. Betul,guru yang neko"(aneh")dapatnya kadang lebih spt sprei,tas,baju..Secara terang"an minta ke tiap muridnya.Ditempatku kalo kenaikan kelas gurunya spt habis mborong di mall :D.

      Delete
    3. Hihi..wah..seru banget cerita Mba Juli..mba Dina..jadi begitu ya ternyata..masih ada ya...aku baru ngeh..soalnya Yodha sekolahnya di sekolah SD internasional..jadi nggak ada acara gitu2..adanya bazar..dll..dan gurunya kok baik-baik banget nggak neko2 kalau di sekolah Yodha...:D Jadi penasaran sama kehidupan SD negeri jaman sekarang..:D

      Delete
  2. aduuh enaak-enaak banget mbaak.. jadi kangen jajanan masa kecil deh..


    aku penasaran ama donat pongnya.. lucu ya rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak mba Vita donat pong itu mirip widaran rasanya..tapi lebih ringan gigitannya..dalamnya kopong..kalau widaran kan antep ya gigitannya. Kalau buat anak-anak kayak Yodha..ya aneh mungkin..hahah

      Delete