Thursday, July 9, 2015

Oseng Daging Cabai Hijau Berkuah & Dawet Selasih


Posting menu kemaren lagi...sebenernya mau posting dari kemaren..kok ya bablas lagi..perasaan dari bangun saur..cepat banget jadi buka..begitu seterusnya..karena kerjaan nggak berhenti-henti..hihi. Tapi alhamdulillah..di syukuri sedikit rejeki buat THR..hihi. Yang penting tetep di beri kesehatan dan kekuatan...udah bersyukur banget. 

Menu kemaren tuch oseng daging, tapi versi berkuah. Jadi citarasanya lebih segar. Tampilannya jadi mirip sama asem-asem daging..tapi ini nggak asem banget. Rasanya gurih manis..pedas dan segar aja. Kalau asem-asem kan rasanya lebih asam kuahnya. Terus biar  makin sedep..pakai cabe hijau yang keriting..hemmm..enak banget. Plus di tambah lagi..pakai daging tetelan ya citarasanya gurih,  di ungkep dengan bumbu-bumbu dengan api kecil hingga bumbu meresap..wah enak sekali rasanya. Di makan hangat-hangat buat buka puasa..pas banget.

Jika nggak suka daging bsia di ganti ayam lho..enak juga rasanya. Tips untuk masakan daging berkuah begini...paling enak pakai daging sandung lamur tema-teman. Dagingnya berlemak..tapi nggak neg..jadi lebih gurih. Jika di rebus mudah empuk..dan citarasanya gurih banget. Harganya juga lebih terjangkau. Kalau aku suka beli sandung lamur yang di campur daging tetelan gitu..jadi ada lemak-lemak gurihnya..ada dagingnya jugaa yang masih nempel dikit-dikit. Percayalah..itu lebih enak..di banding daging kualitas super..yang rasanya sepo jika di buat masakan berkuah gini..hihi.

Oke..ini dia resepnya ya teman-teman, jika mau coba..^^

Oseng Daging Berkuah

Bahan :
300 gram daging sandung lamur & tetelan
100 ml air
8 buah bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
50 gram cabai hijau keriting, potong serong
1 buah tomat, potong-potong
1 sendok makan gula merah
1/2 sendok teh kaldu sapi
Garam sesuai selera
Kecap manis 2 sendok makan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh air asam Jawa kental

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih hingga harum dan matang. 
Masukkan cabe hijau, aduk rata.
Masukkan lengkuas, daun salam dan daging tetelan, aduk hingga daging berubah warna
Tuangi air dan semua bumbu lain.
Tutup panci, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap , daging empuk dan kuah menyusut
Koreksi rasa
Sajikan hangat


Untuk minumannya..ini menu sore tadi..dawet selasih. terinspirasi dari dawet selasih yang terkenal di pasar Gede Solo..jadi es dawet biasa, dari tepung beras, tapi penyajiannya di beri tambahan selasih. tau kan selasih..yang biasa buat campuran es tuch lho teman-teman..yang kata Yodha..kayak telur katak..hihihi. Cuma sayang gak ada tape ketannya..hihi..jadi aku ganti nangka aja. Yang penting enak dan seger dech rasanya. Pas banget buat pelepas dahaga setelah puasa.



Resep dawet sudah ku posting beberapa hari kemaren ya di SINI. Tinggal di tambah selasih   yang sudah di rendam hingga mekar, sama tape ketan hijau aslinya..kalau mau lebih komplit.

Oke..selamat mencoba..tetap semangat puasa ya teman-teman..sebentar lagi Lebaran kan..hihi.


1 comment :

  1. di tambah nangka juga enak ya mbak atau durian dawetnya

    ReplyDelete