Tuesday, July 21, 2015

Kupat Tahu Magelang Asli


Setelah Lebaran..masih ada sisa ketupat ngganggur di dapur teman-teman..?..Yuk..kita manfaatkan jadi menu sarapan yang enak dan segar..kupat tahu ala Magelang. Kalau kita lewat Magelang pasti tau dong warung-warung kupat tahu ternama yang sudah kesohor..seperti warung kupat tahu pojok, warung kupat tahu Pak Slamet, warung kupat tahu Pak Pangat, dll. Semua enak..namun punya ciri khas masing-masing yang sedikit berbeda. Aku biasanya buat kupat tahu suka-suka..kadang ala Pak Slamet..kadang ala Pak Pangat yang kolnya di goreng dulu. Kadang juga kombinasi kupat tahu goling Yogya..yang kuah kecap tanpa kacang..hihi. Semua enak..!

Nah..kali ini pengen buat yang beneran seperti kupat tahu Magelang yang asli..yang pakai kacang ulek di bumbunya..dan kuahnya di masak dahulu. Kuah untuk tahu kupat ini mudah saja....air 1000 ml, gula merah 100 gram, garam 1 sendok teh ( sesuai selera ), dan salam 2 lembar dan lengkuas 2 cm. Semua bahan di rebus hingga mendidih dan meresap. Koreksi rasa..pas gurih manisnya atau belum. Tapi jangan terlalu manis dan asin ya..nanti masih di tambah bumbu lagi soalnya.

Nah untuk isiannya sudah pasti harus ada ketupat. Selain ketupat..wajib ada tahu..ya kan..namanya juga kupat tahu..hihi. Tahunya di goreng biasa aja..setelah di rendam sedikit garam. Lalu siapkan sayuran..terdiri dari kol, yang di iris tipis-tipis, lalu taoge yang di seduh air panas. Jika tidak suka kol mentah, kol bisa juga di goreng sebentar hingga layu. Kupat tahu asli Magelang Pak Pangat, pakai kol goreng seperti ini. Jangan lupa cincangan daun sledri secukupnya. Ini nich yang bikin kupat tahu harum dan sedep juga. pelengkap lain..bawang merah goreng dan kerupuk kanji secukupnya.




Pelengkap lain adalah bakwan sayuran. Bakwan ini memberi sensasi kriuk gurih pada tahu kupat. Bakwan yang garing kemudian terendam sedikit kuah tahu kupat..hemmm..enak banget. Jadi waktu menggoreng bakwan, usahakan hingga sampai kering ya teman-teman..agar jika terendam kuah tetap terasa sensasi kriuknya. Untuk membuat bakwan sayur untuk tahu kupat ini..buat agak kental, agar bisa gendut-gendut bakwannya...jadi ada sensasi kriuk di luar dan lembut di dalam..pas banget buat campuran tahu kupat. Resep bakwan untuk kupat tahu ini, mudah saja..150 gram terigu protein rendah, di tambah 1 siung bawang putih halus, air 200 ml, kaldu bubuk 1 sendok teh ( atau garam sesuai selera ), merica bubuk 1/8 sendok teh, serta sayuran 1 buah wortel potong korek api dan 150 gram kol yang di iris halus. Tambahkan juga 1 batang daun bawang dan sledri agar lebih gurih. Aduk rata semua bahan, goreng dech hingga kering.



Selain kuah manis yang sudah di rebus..per porsi harus di tambah bumbu lagi, yaitu bawang putih 1/2 hingga 1 siung saja..sesuaikan selera. Jangan terlalu banyak..nanti *nyegrak* atau terlalu tajam aroma bawang putih mentahnya. Kalau mau soft aromanya 1/2 siung cukup untuk satu porsi. Cabe sesuaikan selera. Kalau untuk suamiku 1 cukup..kalau aku ya minimal 3 cabai rawit merah..hihi. Kalau Yodha nggak pakai cabe biasanya. Lalu tambahkan kacang tanah yang sudah di goreng, 1 sendok makan saja cukup. Ulek bawang dan cabe, lalu ulek kasar kacang tanahnya, lalu tuangi kuah manis kira-kira 250 ml untuk 1 porsi. Selanjutnya beri kecap manis..sesuai selera. Jika masih kurang garam, boleh di tambah juga sedikit garam. Pokoknya masalah asin manis nya sesuaikan selera masing-masing ya teman-teman.

Sudah..tinggal susun tahu, ketupat, bakwan yang sudah di potong-potong, beri taoge, kol iris, sledri, bawang goreng, lalu tuang kuah racikan per porsi tadi. Jangan lupa kerupuk kanjinya ya..biar meriah pas makan..hihi. Yummy..selamat mencoba teman-teman..cocok jadi menu sarapan atau makan siang satu pinggan komplet..segar dan ringan di musim paska Lebaran gini.









5 comments :

  1. Kapan cobain kupat tahu dompleng mbak di daerah blabak muntilan kalo dr arah semaranf sebelah kanan.. itu legend juga, baru bgt lebaran ke tiga kemaren makan pak pangat duuhh ampun DJ ngantrinya bikin laper jadi kenyang ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..aku ya pernah makan di Pak Slamet pas lebaran..duch..mau makan aja..sampe berantem mulut sama orang gara2 nyelonong merebut tempat duduk kita..hahah. Habis itu kapok dah..males makan tahu kupat di magelang pas lebaran..mending bikin di rumah..sama enaknya..:)

      Delete
  2. Mba Diah, saya udh bikin tadi pagi. Ueanak yo....cuma tahunya sing kurang sedep. Soale tahu disini gak seenak tahu di pulau jawa. Makanya liburan ke yogya akhir thn kmrn bw pulang tahu tempe. Enak tahu dari sana...suwun resepnya.(Shiny)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Shiny....kalau tahu memang kadang suah sekarang cari yang enak ya.......aku kadang sampai ngalahin beli tahu yang mahal..per bungku sisi 6 10 rbu..biar lebih puas makan tahu..daripada dapat tahu asam..kalau di masak jadi mengganggu citarasa ya..hihi.

      Delete
  3. Hari puasa ke -11 aku kangen tahu kupat magelang search di google nemu resepnya mbak diah didi ini, matur nuwun sanget mbak. Aku sudah praktek suami dan anak-anakku suka. Cuma bakwannya aku beli aja. Hihihihi. :)

    ReplyDelete