Wednesday, July 30, 2014

Menu Daur Ulang Sisa Masakan lebaram


Selamat Idul fitri ya teman2..kemaren..maaf nich telat ya ngucapinnya. Mohon maaf lahir batin..jika ada salah2 kata atau hal lain yang aku nggak sengaja..mohon di maafkan ya..dan mari kita mulai lagi lembaran baru..dengan semangat baru juga.

Tetep semangat..walau di akhir2 puasa kemaren dapat cobaan..sakit dikit2 bergantian nich di rumah..eh pas lebaran ya ada sedikit cobaan lagi..dan liburan lebaran jadi agak sedih..tapi nggak apa2 yang penting sekarang udah sehat semua dan udah kembali ke Semarang lagi dalam keadaan sehat semua. Yang penting tetep bersyukur aja..dan mari kita bekerja keras lagi..berkarya lagi....semoga ke depan semakin baik semuanya.

Oh ya..jika habis lebaran nich pasti banyak masakan yang masih sisa ya teman2..nah..jika masih di rumah aja..yukk kita manfaatkan masakan2 sisa itu jadi olahan menu baru. Jadi menu daur ulang gitu. Kebetulan dua minggu ini aku ngisi lagi tulisan resep dua edisi di tabliod Cempaka..yang edisi lebaran kemaren..menu lebaran yang nggak biasa..sama edisi minggu besok itu menu daur ulang buat mengolah aneka masakan sisa lebaran. Untuk lengkapnya..tunggu Cempaka edisi besok ya teman2. Nah..sebenernya aku mau kasih resep ayam kemangi pedas ini di salah satu menu daur ulang buat di tabloid Cempaka besok itu. Tapi wis kemaren internet sebelum lebaran  juga ndak bisa di ajak kerja,.jadi nggak bisa kirim file besar baru emailnya..akhirnya menu2 yang di muat besok menu2 yang udah ada aja...yang udah di minta redaksi minggu sebelumnya. Ndak pa2..next time lebih cepat lagi  dech kalau kerja buat media cetak..biar nggak gelalepan kalau udah deket2 deadline.

Ya udah karena nggak jadi di ikutkan di resep minggu besok ya tayang di Cempaka..menu ayam ini aku posting di sini aja ya teman2..semoga bisa jadi salah satu inspirasi buat menu daur ulang masakan lebaran. Menu ini bahannya sisa ayam goreng. Yang di olah lagi jadi masakana pedas berbumbu, Jika masih punya yam goreng sisa..yukk cobain teman2.pasti lebih berselera dan kemakan dech. Oh jika sisa masakan di meja makan misal daging goreng..enak juga kok di buat masakan ini..atau ikan goreng mungkin..dll. Sedang jika sisa sambel goreng..bisa di buat isian arem2..atau nasi bakar. Sisa serundang..daging empal dll..bisa buat isian lemper. Jadi  daripada jajan kan belum pada buka ya warung..yukk berkreasi saja dengan sisa hidangan lebaran yang tersimpan manis di kulkas..ayukk di bongkar ya dan di sulap jadi hidangan baru buat keluarga,...atau teman2 punya sisa bahan apa..ayukk kita diskusi mau di buat menu apa..silahkan tinggalkan komentar ya.

Oke dech ini dia salah satu menu daur ulang ala aku...resep hampir sama kayak ayam rambut setan ya dulu pernah ku posting..cuma ini aku improve aku lamain masaknya..jadi bumbu2nya makin sedep dan meresap.
Ayam Kemangi Pedasss

Bahan :
4 potong ayam goreng( sisa ayam goreng udah  matang )
100 - 150 gram cabai rawit merah ( sesuaikan selera pedasnya )
10 siung bawang merah , iris tipis
6 siung bawang putih, 3 iris tipis, dan 3 haluskan
1 sendok teh terasi bakar
50 gram kemangi, petiki daunnya
2 batang daun bawang, iris serong
2 cm lengkuas
2 lembar daun salam
1 batang sere, memarkan
Garam dan bumbu kaldu instan secukupnya
1 sendok teh gula pasir
Air 100 ml
Cara Membuat :
Tumbuk kasar cabai rawit merah, sisihkan.
Haluskan 3 siung bawang putih dan terasi.
Tumis bawang merah dan bawang putih iris, hingga harum, lalu masukkan cabai rawit merah, lengkuas, daun salam, sere. Setelah harum dan matang, masukkan air, kemangi, daun bawang dan bumbu2 lain. Aduk rata. Masukkan ayam goreng, tutup panci, masak dengan api kecil sampai bumbu terserap dan kering.

14 comments :

  1. mbak diah minal aidzin walfaizin.dan salam kenal.ada resep daur ulang opor ngak mba'?aq kmrn masak opor kekentalan santanya jd g laku dweh...hikshiks...
    *erna*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Erna..mksh..sama ya mba..:)
      Masih di kulkas kan mba..coba panasin dulu..angkat ayamnya..suwir2 / cincang kecil..bumbuin sedikit lagi buat isian lemper ayam atau sosis Solo. Resepnya udah ada ya di blog ini..lemper atau sosis solo. Atau di angkat ayamnya..goreng..suwir buat taburan soto..campuran nasi goreng..atau di masak pedas lagi buat isian arem2 dll. Atau di masak lagi sekalian sampai kuahnya bener2 habis dan mengental menyelimuti ayamnya mba..olesi kecap manis..lalu panggang dech..jadi dech opor ayam panggang yang mak yuss..:)

      Delete
  2. Mbak Diah Minal Aidin wal faizin ya...mohon maaf lahir dan bathin

    ReplyDelete
  3. minal aidzin wal faidzin,, mohon maaf lahir bathin yo mbak,,,,
    wah kebetulan lebaran kemarin sakit mbk,, jadi gk masak apa2,, gk ada makanan yg perlu didaur ulang,,, hehehe,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Dewi..:)
      Wah..kok kompakan malah sakit..kalau aku pas dkt2 lebaran kmrn mba..gantian sakitnya di rmh..:)

      Delete
  4. Mba,trims banget resep-resepnya. Pas banget until yang tdk ahli nasal seperti saya..#fefi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba fefi..yukk semangat ya..belajar masak sama2..:)

      Delete
  5. mba Diah mohon maaf lahir bathin juga ya mba... Aku sudah siap semangat nih mau memulai eksekusi resep2 dari mba Diah hehehe... SEMANGAAt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina..sama2..ayukk..semangat..tapi aku paling minggu depan ini baru semangat tinggi..nunggu dapur beres dl..rindu Mba art nich..hihi..skrg masak yang simple dulu..:)

      Delete
  6. Mohon maaf lahir batin yah Mbak Diah!

    ReplyDelete
  7. minal aidzin wal faizin smua.wuaaahh,rmhku gak ada menu daur ulang.pdhal bkin opor sewajan bsaar,smbal greng jga sewajan bsar.pnduduknya bny'e.haha.elmi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah enak Mba..habis..ndak perlu ndaur ulang ya..hihi

      Delete