Thursday, July 24, 2014

Sup Iga Bakar Spesial


Sup iga bakar ini adalah menu favorit keluargaku di rumah..jadi jika ada acara khusus atau kumpul2 dengan keluarga..sup ini jadi salah satu menu wajib dech untuk di sajikan. Untuk sup iga bakar ini...bisa di variasikan dengan berbagai rasa juga lho teman2..agar tidak bosan. Misal..sup iga bakar bumbu barbeque..bumbu pedas..madu dll.

Beberapa kali aku udah pernah posting sup iga bakar ya teman2..tapi yang terdahulu biasanya ..iga bakarnya nggak di ungkep terpisah...langsung saja di ambil dari kuah sup..di oles kecap dan margarin, lalu di bakar. Nah..kali ini..aku kasih resep yang spesial ya teman2..Iga nya di masak dan di ungkep terpisah dengan bumbu2 rempah..jadi rasanya tambah manteb dech. Semoga bisa menjadi inspirasi salah satu menu lebaran yang beda ya buat keluarga di rumah..selain opor..dll. Selamat mencoba..^^
 Sup Iga Bakar

Bahan :
Iga sapi 1 kg, potong kecil sesuai ruasnya
Air 1500 ml
Daun bawang 2 batang , potong kecil
Daun seledri 2 btg, potong kecil, bawang goreng secukupnya
Wortel 3 buah , potong bulat
Kentang 3 buah , potong kotak
Bumbu sop:
Jahe 3 cm , memarkan
Pala separo buah , memarkan
Bawang putih 4 siung, haluskan
Bawang merah 5 butir, haluskan
Merica butiran 1 sendok teh
Kaldu sapi bubuk 1/2 sendok teh ( optional )
Garam secukupnya
Gula pasir 1 sendok teh
Minyak goreng utk menumis
Bumbu ungkep Iga, haluskan :
Bawang merah 6 btr
Bawah putih 3 butir
Kemiri 6 butir
Ketumbar 1 sendok teh
Garam secukupnya
Gula merah 1 sendok makan
Salam 2 lembar, lengkuas 2 cm, memarkan, serai 2 batang, memarkan, daun Jeruk 2 lembar.
Kecap manis secukupnya untuk olesan.
Pelengkap :
Sambal cabe rawit secukupnya
Jeruk nipis 2 buah, potong potong
Bawang goreng secukupnya
kecap secukupnya
Cara Membuat :
Rebus iga  sampai  mendidih,.buang air kentalnya..rebus satu kali lagi sampai mendidih kembali, sisihkan aair kaldunya buat kuah sop (dua kali rebus biar dapat kaldu yang bening..jadi sopnya tidak terlalu kental dan berlemak ).
Ambil daging iga. tambah air secukupnya..ungkep lagi dgn bumbu ungkep yang sudah di haluskan sampai empuk dan bumbu meresap. Sisihkan.
Kuah Sup :
Tumis bumbu halus sop sampai harum, tambahkan jahe, pala, tambahkan 1 ltr air kaldu.
Didihkan. Tambahkan bumbu2 lain seperti garam dan gula.
Tambahkan wortel, kentang, masak sampai sayuran matang..terakhir tambahkan daun bawang dan daun sledri serta bawang goreng..dan tomat yang di iris.
Lumuri iga yang sudah di ungkep dengan kecap manis secukupnya. Bakar iga  sebentar saja di wajan anti lengket yang sudah di oles margarin hingga harum dan kecoklatan. Sajikan dengan sup, sambal rawit, kecap dan jeruk nipis secukupnya.

11 comments :

  1. Hmmm....nyam2 slurp... Seger yo, mbak'e? Ini favorit anak2ku jg, mb Di.
    Ntar lebaran bikin ini mungkin malah pd suka ya? Ganti yg gak santen2 gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ida..seger lho..dan iganya juga gurih..biar nggak bosan menu2 santan ya Mba..:)

      Delete
  2. gak jd diet dong mb menu'nya enak gni.yg ada bsarin ukuran bju lbran.hahhaha.aku plg suka iga tak bkin sop jando ala mbok Darmi yg tersohor di bekasi.mantappp asem pdesnya.apalagi di mkan pas msh pnas,di tmbh nasi pnas,wuaahh,bsa nambah2 deh.dah pnah nyoba blm mb.sop yg brgelimang iga n cabe rawit ijo yg buanyak,dg tburan daun bwang."elmi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..belum pernah coba tuch mba..sop Janda..hihi..lucu ya namanya..kpn2 tak cobanya..:) pokoke yang pedes2 sukaaa..! :)

      Delete
    2. kapan2 tak copy'in ulasan n resep ttg sop jando'nya mbok Darmi mb.pak Dahlan Iskan aja jga suka'e.hehhe..aku jga resep'nya dpt dri tabloid info kuliner.

      Delete
    3. Sipp mba..iya kalau tabloid info kuliner resepnya otentik dr penjualnya..mau2..aku resepnya ya..:)

      Delete
  3. Kebetulan nih dah pesan daging n iga buat menu lebaran..... Sekalian menjamu ibu n bapak mertua hehehe....
    Makasih ide nya ya mba...
    ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Sri..iya itu mumpung bapak ibu mertua di rumah ya..ayukk masak yang istimewa..:)

      Delete
  4. Resepnya rame amat nih ya mbak :(
    Pengen bikin tapi harga iga lagi mahal banget dipasar.

    ReplyDelete
  5. Mbaaakkkk aku dah nyoba enyaaaaakkkkk.
    Makasiii muach muaaaach. kata suamiku layak dijual nih. Hihiiiiii. oh ya di gambarnya ada tomatnya mbak, diresep blm ada.

    ReplyDelete
  6. Halo mbak diah... Seneng bgt nyontek resep2nya mbak. Cocok sm lidahku dan suami.hihihi.
    Oya mau tanya, itu iganya direbus 2x tu maksudnya air rebusan yg pertama dibuang trs rebus pake air baru lg gt ya mbak?
    Makasih sebelumnya mbak :)

    ReplyDelete