Wednesday, July 23, 2014

Kacang Mede Telur Pedas


Udah semingguan mede yang ku beli nich masih nganggur di dapur..rencana sich mau buat cookies coklat mede..tapi kok bahan2 lain habis belum belanja..yo wis..di berdayakan dulu kacang medenya jadi kacang mede telur pedes manis. Gara2 pas ke pasar kemaren di pasar liat orang2 pada heboh beli mede..hihi. Mahal amat yak..125 ribu per kg. Kalau aku beli di TBK cuma per ons gitu..hihi..kemaren2..ada tiga bungkus..jadi lumayan di buat kacang mede telur..dan langsung habis dech di makan berdua sama suami..sorenya..lha aku dan suami sama2 penggemar mede gitu lho. Tapi memang..dari kecil aku suka kacang mede ini. 

Dulu di rumah Yogya ki malah punya pohonnya..jambu mete kalau di tempatku di sebutnya. Jambunya nich raanya unik..sepet2 manis kalau udah matang..enak di rujak..walau rasanya nyegrak di tenggorokan..hihi. Nah..bijinya yang nempel di ujung buah jambu mete ini lah yang di kenal dengan kacang mede atau mete. Dulu sich gampang banget ngolahnya. Tinggal di bakar aja..masukin ke api / arang jika ibu selesai masak..habis itu di geprek..keluar dech kacang mete yang udah matang dan uenakk..hihi. Makanya tak heran ya..kalau kacang mede ini mahal pol..yang karena langka juga kan..tiap satu buah jambu yang cuma ada sebiji kacang medenya. Bayangain aja..kalau sekilo kacang mede..berapa puluh atau ratus buah jamu metenya..hihi.

Tapi ndak pa2 ya..biar mahal kan.tetep ada yang jual ya teman2..jadi tetep bisa makan kacang favoritku ini..daan biar nggak bosan di goreng biasa..kemaren aku buat kacang mede telur. Rasanya..wah ya tambah enak bingits..karena semakin gurih dan renyah. Yukk cobain teman2..jika masih ada toples yang kosong di rumah buat snack lebaran..kacang mede telur ini layak kok..jadi penghuninya..hihi.
Kacang Mede Telur Pedas Manis

Bahan :
250 gram kacang mede
1 butir telur
100 gram terigu protein rendah

Bumbu :
1 1/2 sendok makan saus sambal pedas manis siap pakai
2 siung bawang , haluskan
1/2 sendok teh garam
50 gram gula pasir, blender halus
1 sendok teh kaldu ayam bubuk

Cara membuat :
Sangrai kacang mede dengan api kecil kira2 10 menit hingga matang
Kocok lepas telur, masukkan semua bumbu, aduk rata. Masukkan kacang mede. Gulingkan ke tepung terigu sambil di putar2 di nampan agar semua kacang terselimuti terigu.
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga kecoklatan.
Simpan di toples ketika sudah dingin.

10 comments :

  1. Mbak, bawangnya bawang putih kan ? minyak utk gorengnya seberapa banyak mbak ? sampai kacang terendam semua atau bgmn... bisa pake kacang tanah gak mbak ? maaf pertanyaannya banyak mbak .. he..he.. soalnya blm pernah nih bikin .. makasih ya mbak. -irene

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..bawang putih..myk secukupnya ya..sampai terendam..:)

      kacangnya. Pakai kacang tanah bisa.jadinya..kacang telur..:)

      Delete
  2. Mbakar mete tu gue banget mbak. Hehehe.. Oy, tepungnya hrs protein rendah ya mbak? Klo protein sedang gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sama ya Mba Atika..masa kecilnya..:)
      Iya bisa protein sedang..:)

      Delete
  3. Nyaaammm,,, ternyata bikinya dan bahannya simple ya mba, tapi pasti kalau dicemil g mau berhenti deh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Tina..krmn bikin sore langsung habis berdua..hihi..memang enak bingits..:D

      Delete
  4. Tahun Krmn bikin pake resep dr browsing yg tnyt gk valid.gatotttt mbakkk.makanya tahun ini gk mau nyoba lagi :-(.tp klo resep mb.didi patut dicoba lah.mudah2an dateng moodnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Umie..met cob aya..mudah2 an cocok..:)

      Delete