Thursday, July 3, 2014

Kue Putri Salju Isi Kismis


Alhamdulillah udah mulai semangat baking lagi nich teman2..jadi yang kemaren2 request kue2 kering..mari kemari..hihi. Mulai hari ini udah mulai baking nich daku..^^

Dan biar tambah semangat..cookies perdana yang di buat season ini..*halah..bahasanya..hihi..*..adalah..Kue Putri Salju..favorit Yodha. Biar di makan gitu..hihi. Tadi pagi habis  Yodha saur..jam 7 tapi..hahah..dia belum kuat puasa..pas hari2 pertama kemaren nyoba sampai setengah hari udah lemes..ya udah dech..puasa sebisanya dulu ya Kak..kadang sampai siang katanya..kadang2 ya jam 11 udah makan lagi. Dan herannya..kalau di suruh puasa gini malah jadi suka makan..dan sering liat2 jam..hihi. Kayak tadi juga....aku ajak bikin cookies putri salju ini semangat dia. separo adonan buat dia yang nyetak2 bentuk sesuka dia..pakai cetakan cookies..separo buat aku buat bulat2 dengan isian. Yapp..lagi uji coba nich..kue putri salju di kasih isian gitu..kayaknya enak dech. Jadi ada kejutan di dalamnya..hihi. Aku tadi buat isiannya kebanyakan tak kasih kismis..tapi tadi beberapa biji aku uji coba juga aku isi pakai selai strawberry dan coklat blok yang aku potong kecil2. Mana yang paling enak ?..Belum tau dech..ntar sore ya teman2..aku cicipin dulu..hihi. tapi dari aromanya sich enak..dan yang punya Yodha udah di makan tuch separo tadi begitu mateng anget2..enyakk..katanya..hihi.

Untuk kue putri salju ini..aku tetep pakai resep putri salju klasik yang sering aku bikin..cuma aku variasi aja  di kasih isian dan juga di bentuk bulat2 gini..jadi seru lho teman2..jadi ngak cuma bentuk bulan sabit aja kok putri saljunya..hihi. Kalau nggak boleh di sebut kue putri salju karena bentuknya bulat..ya udah..kita namain saja kue bola bola salju ya..hihi...*ngarang..* Soalnya pas aku bilang ke Yodha..ini kue putri salju..dia protes juga.."Mana putrinya mi..katanya ?".."Lha itu kuenya kan putih2..nah..putri2 itu kan juga putih2 Kak"..hihi aku bilang gitu. Yodha langsung protes.."Ah Mami ngarang aja..ini kue salju aja namanya..kan ada saljunya..hihi..yo wis lah Kak..apa aja namanya ya..ya penting kuenya enak yo..! ^^

Buat pemula yang baru belajar bikin kue2 kering..yang sabar  ya..jika hasilnya kadang2 belum seperti di foto hihi..dll..jika ada kesulitan silahkan tanya2..tapi ya di jelaskan juga kendalanya apa..dll..jadi aku tau masalahnya..hihi. Tapi ya..sama resep pun bisa beda hasil juga..misal..masalah di oven..masing2 oven beda2 panasnya..jadi kenali dulu oven masing2 ya teman2..jika mau baking. Suhu yang tertera di resep atau lama waktu bisa nggak sama lho di masing2 oven. Atau jika pakai oven tangkring..nah itu juga lebih tricky lagi..musti coba2 dulu..berapa suhu yang pas buat kue kering..maksudnya besarnya api seberapa gitu kompornya. Tapi jika mau praktis..ya beli aja termometer khusus otang..aku pernah liat di Ace ada. Biar mengurangi resiko kegagalan..jika belum pernah ngoven kue kering..coba dulu sedikit yang di oven..jadi misal gosong atau apa..dll..kan cuma dikit yang kebuang.Tapi di tungguin juga tau sering di tengok pas ngoven..jadi bisa nyatet tadi berapa lama ngovennya yang pas. Selanjutnya..di kira2 sendiri,.misal tadi gosong..berarti apinya kebesaran..kok matengnya kok rada lama..oh berarti suhunya kurang panas..dll..nanti jadi pinter kok teman2..kalau sering mengamati dan mencoba. Dan yang penting...jangan takut gagal ya...jika mau mencoba buat kue2 kering dll. Oke..segitu dulu ya tipsnya..semoga bermanfaat. Jika masih kurang jelas..baca tips lengkap membuat kue kering di SINI ya..^^

Oh ya..yang cari resep2 kue kering klasik lain misal sagu keju...klik di SINI , mau nastar klik di SINI , atau kastengel..ntar aku buat dulu ya..banyak yang belum aku posting memang kue2 kering resepnya..karena belum ada foto2nya..^^
Kue Putri Salju

Bahan :
150 gram margarin ( pakai mentega juga boleh jika suka, tapi jika pakai mentega yang unsalted..tambahin sedikit garam ya ^^ )
50 gram gula halus khusus kue kering
1 kuning telur
100 gram mete / kacang tanah sangrai, haluskan ( aku pakai mete sukanya )
175 gram terigu protein rendah
15 gram susu bubuk
100 gram gula halus khusus taburan yang rasanya semriwing ( gula donat )
Kismis secukupnya untuk isian, rendam air panas dulu hingga mekar, lalu tiriskan dan keringkan.
Cara Membuat :
Kocok margarin dan gula selama 1 menit, tambahkan kuning telur. Kocok rata.
Tambahkan kacang bubuk, aduk rata dengan spatula
Masukkan tepung dan susu bubuk sambil di ayak dan di aduk rata.
Pulung sedikit adonan,  isi dengan kismis , bentuk bulat pipih ( sesuai selera )
Oven selama kurang lebih 20 menit suhu 160 C ( tergantung oven masing2 )
Hangat2 taburi atau gulingkan ke gula donat. Kemas ketika kue sudah dingin.

24 comments :

  1. Hai Mba Didi..

    wah kayaknya enak ya...seru kuenya..ada kejutan..he he he...
    boleh juga nih idenya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Monica....seru..apalagi kalau di isi macam2..jadi pas makan dapet kejutan isi beda2..hihi.

      Delete
  2. Tips2nya sangat bermanfaat.... krn aku gak punya oven dan memang agak males kalau bikin kue2 kering makanya aku praktekin resep2 kletikan mbak Diah yg kemaren aja... kalau bikin kue kering penyakit malesnya sdh akut mbak Di...hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ertina..yang penting di sukai di rumah...kalau bkn klethikan malah laris di rumahku mba.
      Aku malesnya kalau bikin kue kering pada nggak di makan mba..hihi, padahal ya seneng gt eksperimen macam2 resep. Cuma putri salju ini yang Yodha suka..lainnya..langsung msk toples..tutup rapat..hihi.

      Delete
  3. Salam Mbak didi
    Salam Kenal ya..
    Mbak Mentega Unsalted itu mentega yang apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Sri..salam kenal juga..unsalted itu mentega yang tanpa garam mba..:)

      Delete
    2. contohnya apa mbak mentega unsalted?

      Delete
  4. mb diah harga termoter otangnya berapa ya mbak di ace?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..nggak liat harganya Mba..cuma liat barangnya sekilas soalnya..aku nggak pake..jadi ndak tak liat harganya..hihi

      Delete
  5. Kesukaanku n anak2 nih..mari mari mba bw sini aja mba kue keringnya dijamin langsung ludes deh...

    Bisa dicoba juga nih putri salju pake isiann, kalo yang ga tau bikinnya pasti terkejut pas makan...ada ranjaunya hihihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..kalau deket tak ampirke ke rmh Mba......biasanya tak kumpulin udah di kemas di toples gitu Mba...kalau aku uji coba resep2 baru gini..kan jadi sekedar 1 toples..ntar pas akhir puasa buat charity di sekolah yodha aja..:)

      Delete
  6. dalamnya berarti bisa diganti ya mbak selain kismis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak..bisa coklat atau selai..enak juga udah ku coba kmrn Mak..:)

      Delete
  7. Mbak Di, ovennya merk apa? kmaren liat sekilas di dapur basahnya. Aq pake cosmoven,tp sering ga cocok suhunya sama di resep2.Sapatw mbk pake jg, jd bs nyontek. Hehehe.. sementara ini baru bwt bkin roti,pizza,dll. Kuker blm pernah,takut gosong or ga mateng. Klo bkin kue kering gitu pakenya api atas bawah ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punyaku merk Krish dari Ace Hardware mba..lumayan lega kok..jadi kalau bikin kue kering ya kayak yang aku posting di blog ini..:)..Di coba di sesuaikan suhunya aja mba..kalau bikin kuker..nanti lama2 apal sdr kok suhu yang tepat..semangat aya..:)

      Delete
  8. Salam kenal mbak diah ... mbak kalau gula halus yang untuk taburan contohnya merk apa ya mbak yg biasa mbak pakai? Yg ada semriwingnya... Maaf mbak saya newbie di dunia perdapuran. Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..di tempatku udah kemasan tbk nya mba..ndak pake merk..hihi..coba collata kayaknya ada ya produk ini..:)

      Delete
  9. Mbak DD, untuk gula halus khusus kue kering kl diganti dg gula pasir dihaluskn(diblender kering) bs ngga?
    Maklum, rmhku jauh dr TBK..
    Mksh
    -diana-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat taburan itu harus gula halus khusus yang semriwing itu mba..karena sudah di tambah zat anti gumpal.. Jadi ketika di buat taburan nggak leleh atau menggumpal. Kalau gula pasir biasa di blender..selain rasanya terlalu manis..nanti lama2 bisa lumer dan kue keringnya jadi basah kena gula yang meleleh.

      Delete
  10. Mbaaaak diah apa kabar ini lina yg sering anonymous n aku udh lahiraaaan balik ke dapur lagi,wkwwkkwkwk semoga mb inget. Mbak mau tanyak yah klo packing kue kering pake silica gel g? Mau tak bawaknya ke kampung mudil besok......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lina..wah..selamat ya...co or ce nich dedeknya..?..
      Kalau cuma untuk sendiri ndak perlu mba...kecuali kalau mau di simpan lama ya..:)

      Delete
  11. mb.Diah....Mete atau kacang tanahnya disangrainya sampai kecoklatan atau hanya sekedar buat matang aja ya, terus maksud diatas pakai mentega atau margarin atau kedua duanya boleh di pakai..rencananya aku mau buat putri salju ini ...maklum baru perdana neh aku mau buat kue lebaran sendiri...minta pencerahannya ya...terima kasih..

    + Ara +

    ReplyDelete
  12. Mba salam kenal yach mau tanya nich klo mau buat yg lebih banyak berarti bahan2nya harus di dobel yach mba ukurannya?maaf mba baru didunia perdapuran hehehe....Sumi

    ReplyDelete