Sunday, July 13, 2014

Chocochip Moka Cookies


Udah beli banyak bahan cookies..eh mau bikin2 kok ya sibuk terus seharian. Kemaren itu sampai udah nimbang2 bahan sore..sampai jam 10 malam kok ya belum sempat buat. Akhirnya karena udah terlanjur di timbang semua bahan..aku bikin cookies ini jam 11 an malam..hihi. Tapi untungnya cookies begini sangat fleksibel..jadi panggangan kedua aku set aja 20 menit..terus tak tggl tidur dech masih tertinggal di oven..pagi2 pas saur, panggang lagi bentar. nggak melempem  lho walau semaleman di oven.hihi. Tapi jangan di tiru ya teman2..segera kemas cookies jika udah dingin supaya awet renyahnya.

Bikin cookies ini untuk apa ?..Untuk iseng aja uji coba..supaya nanti pas mudik bawa kue2 baru kalau pulang ke Yogya. Dan ini juga uji coba ku sesuaikan bahan yang ada. Rencana pertama mau bikin chocochip cookies pakai coklat bubuk biasa..eh habis..akhirnya aku pakai aja kopi bubuk..sama milo..jadinya ?..Ya moka cookies lah..hihi. Biarpun resep dadakan dan ngarang karena pakai milo dan kopi..tapi enak bingits kok teman2..hihi. So crunchy dan gurih legit..ada metenya gitu lho...dan wangi kopi. Aku pake kopi asli robusta kemaren dari Mesastila..jadi pakai dikit aja udah wangi. Sesuaikan selera aja ya jumlah kopinya dengan kopi yang ada di rumah ya teman2 ya. Sama ada chocochipnya juga tuch.jadi terasa juga coklatnya. Wis..di banding beli..enak bikin sendiri lho teman2..kalau kuker tuch. Karena apa..bisa pakai bahan2 berkualitas..misal..chocochipnya pilih yang bagus..medenya bisa di kasih banyak2..margarin pakai yang bagus dll..nggak usah di hitung dech kalau cuma di makan sendiri..hihi. Tapi khusus menteganya..aku ndak pake yang mahal dan wangi susu..yang import gitu..soale malah ndak suka je..hihi..lidah ndesoku lebih cocok pakai filma BOS aja sebagai pengganti mentega..jadi cuma buat nyumbang rasa renyah aja. Wanginya.cukup wangi kopi aja...hihi.

Ok dech..aku mau lanjut kerjaan masih banyak...so ini dia resepnya ya teman..jika mau coba ..ini resep cookies yang super mudah buat pemula..karena ini termasuk drop cookies atau cookies yang di sendokkan saja..nggak perlu di bentuk2. Kunci agar renyah kres ringan crunchy nya..cookies ini harus pake mentega sebagian ya..karena pakai   satu telur utuh. Kalau pakai margarin aja..biasanya bisa keras cookiesnya...selamat mencoba jika suka..ya teman2...^^
Chocochip Moka Cookies

Bahan :
Mentega 100 gram
Margarin 150 gram
Tepung terigu protein rendah 300 gram , 2 bungkus milo sachet kecil , 1 sendok teh kopi bubuk.
2 sendok makan TEPUNG KENTANG STARCH  / yang halus ( atau bisa pakai maizena )
1/2 sendok teh baking powder
Gula palm 100 gram 100 gram
Telur 1 butir
Choco chip 100 gram ( pilih yang baked stable ya teman2..atau yang tahan panggang..biar nggak lumer )
Mede panggang 100 gram, cincang kasar

Cara membuat :
Kocok gula palm, mentega, margarin hingga putih, masukkan telur, kocok rata lagi. Masukkan campuran tepung etrigu dan baking powder, kopi bubuk serta milo. aduk rata dengan spatula. Sendokkan ke loyang yangs udah di oles margarin tipis2. Ada dua cara finishing nya..chocochip bisa langsung di taruh di atas cookies yang sudah di sendokkan ke loyang..atau di campur sekalian ke adonan. Liat 2  foto di bawah..bedanya ya teman2. Panggang kira2 20 - 30 menit suhu sedang hingga matang ( tergantung oven masing2 ).Kemas di toples ketika sudah dingin.


17 comments :

  1. cantik cookiesnya mbak,,,,, ni dirumah kbetulan jga udah banyak kuker mbak,,, dapat parcel dari t4 kerja suami,,,,hihihi tpi gk ada yg kyk gini..... hrus bkin sndiri ya,,,,:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Dewi..iya mba..kalau mau lebaran gini pasti byk kiriman cookies ya. Tapi kalau bikin sendiri itu beda mba rasanya..ada sentuhan tangan kita.* halah..lebay..*..hihi.

      Delete
  2. Mbak kalau bikin kuker tepungnya di sangrai dulu ndak? Kala ibuku krn bikin banyak langsung jadi tepung2 di sangrai dulu biar awet dan renyah katanya :-) fany

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau ya boleh2 saja Mba fany..tapi kalau aku kok malas banget nyangrai tepung itu..lama ..hihi. jadi kalau kue2yang bahannya terigu itu aku ndak sangrai mba..asal pakai terigu yang kualitas bagus..misal yang kemasan itu udah lebih kering kok mba..dan bisa renyah awet juga kalau buat kuker..di banding terigu yang curah..:) Kecuali kalau tepun tapioka..itu harus di sangrai agar tekturenya jadi lebih ringan dan cepat kering.

      Delete
  3. Mbak, sy ijin cobain resep ini yah. Tapi sy ga bisa makan sesuatu yg mengandung kopi. Trus di rumah ada Vanilla extract. Mungkin ga klo diganti itu aja? Biar jadi Vanilla chocochips cookies. Tapi rasanya tetep enak & renyah ga ya? Apa ada tips tertentu klo mau pake vanilla extract? Gulanya tetap gula palm kah? Terima ksh mbak... (Indri)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mba..pakai vanilla extract atau coklat bubuk juga bisa. Iya mba tetep renyah aja..jika agak kurang bahan keringnya tambahin susu bubuk aja buat ganti milo bubuknya..:)

      Delete
  4. hai mbak.....saya mau tanya ini adonannya waktu ditaruh di loyang harus dipipihkan dulu atau dlm bentuk bulatan2 saja?apa nanti melebar sendiri?
    Ayudia, Probolinggo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ayu..kalau ngocoknya sampai putih,.mentega, margarin dan gulanya..bisa melebar sendiri mba..di sendokin aja..agak gepeng gitu. Tapi jika adonannya gak kering mungkin kurang putih ngocoknya..ya di bentuk bulat2 pipih aja..bisa.:)

      Delete
  5. Mba di..sebenarnya penggunaan tepung tapioka Itu untuk apa?

    _aida_

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak pake tapioka mba Aida..pake maizena atau aku coba tepung kentang kemaren..sebagai perenyah..:)

      Delete
    2. Oia mba..maksudnya tapioka. Hehe salah ketik ;) ooo sebagai perenyah toohh

      Delete
  6. ini yg aq cari2 mba,anakku sering minta bikinin kue ini,tapi belum nemu resep yg cocok ,kayanya pnya mba diah boleh dicoba nih,mirip g**dt*me bgt,mba pake BOSnya 100 gram ya?makasih y mba resepnya

    ReplyDelete
  7. Mbak kukernya dah tak coba enak renyah suka ada rasa kopinya...mksh ya mbak DD....oh ya trus mau tanya resep nastar tp yg meprul itu gmn ya bukan yg renyah...mksh mbak DD.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..kalau mau nge prul nastar pakai terigu protein sedang Mba..:)

      Delete
  8. Mba...ngocok mentega sm gula sampe putih mengembang kyk buat cake? Punya mba cantik kukisnya. Aku klo bikin suka melebar...jelek.Cara cetaknya dipenyetin pake garpu ya mba?

    ReplyDelete
  9. Mb, aku mau coba buat kukisnya ni buat lbrn nnt trus resep2 yg lain aku conteq ya mb.., sukses terus mb Diah..:)

    ReplyDelete