Sunday, July 6, 2014

Kering Kentang Bumbu Ebi


Kering kentang..salah satu lauk kering yang nggak pernah bikin bosan..banyak variasinya. Kalau yang dari Jawa barat ada kering mustafa yang di potong kecil2..yang resepnya udah pernah ku posting di SINI..nah...kalau versi Jateng sini kering kentangnya di iris aja lebar2 tipis..terus di goreng hingga kering dech...lalu di bumbu pedas manis biasa kayak kering lain. Bedanya..manisnya pakai gula merah..bukan gula pasir. Nah..untuk variasi..aku tambahkan ebi untuk bumbunya..ternyata jadi tambah enak dech rasanya..ada aroma2 ebinya.

Tips membuat kering kentang ini, pakai kentang yang bagus ya teman2, misal kentang tes yang warnanya kuning tuch bagus buat kering kentang..lebih kesat dan bisa kering dengan maksimal jika di goreng. Agar lebih renyah bisa di rendam dulu di air kapur sirih...sebelum di goreng. Air yang di gunakan untuk mencairkan gula juga jangan terlalu banyak, maksimal 100 ml aja..dan  setelah itu di masak hingga benar2 kental dengan bumbu2 lain sampai berambut, baru masukkan kentang gorengnya..jadi lebih baik jika gula merah disisir halus dulu sebelum di campur bumbu lain..jadi bisa cepat langsung lumer dech..tinggal tambahin bumbu lain, tunggu sampai benar2 kental, masukkan kentang gorengnya, terus di aduk2 sama kentang gorengnya sampai terselimuti bumbu. Biarkan hingga dingin, baru kemas di wadah tertutup..jadi dech menu lauk buat saur yang enak dan kriuk2..manis gurih.

Oke..selamat mencoba ya teman2..buat stock keringan saur nich...^^

Resep  Kering Kentang Bumbu Ebi
 
Bahan :
500 gram kentang
500 ml air , di campur 1 sendok teh kapur sirih, dan 1/2 sendok teh garam
Bumbu iris : 
6 buah bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
Cabe merah 8 buah dan 2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok makan ebi, rendam air panas, sangrai, ulek halus
2 cm lengkuas
2 daun salam
125 gram gula merah, sisir halus ( sesuai selera )
Garam secukupnya
100 ml air dan  1 sendok teh air asam jawa
Cara Membuat :
Kupas dan cuci bersih kentang. Iris tipis tipis.
Rendam di air kapur sirih selama 15 menit. Tiriskan.
Goreng kentang hingga kering dan renyah.
Goreng juga bawang merah, bawang putih iris hingga kering, sisihkan.
Tumis cabai dan bawang putih halus hingga matang dan kering. Masukkan gula dan air asam, ebi halus dan bumbu lain. Aduk rata hingga mengental. Masukkan kentang goreng dan bumbu2 lain. Masak dan aduk rata hingga kental bersalut bumbu. Simpan di toples jika sudah dingin.

17 comments :

  1. mbak, makasih ya resepnya..... kapan2 dicoba
    mbak saya ijin print resep2 nya ya

    ReplyDelete
  2. mba kl bumbunya dialusin smw gpp kan ya?
    trs ngga pakai air kapur sirih.. cuman mmg g tahan lama kriuknya ya.
    Tips biar kentangny bisa tipiiiiiiiis bgt gmn mba? :)
    tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba El.kalau mau di halusin semua..kayak kering mustafa gt..tapi jgn byk2 airnya ya..:)
      Iya renyahnya beda jk ndak pake air kapur sirih.Tapi asal gorengnya telaten pakai minyak banyak ya bisa kering juga mba..:)
      Iris tipis pakai pisau tajam mba..:)

      Delete
  3. Mba mau tanya.. Kalau bikin ubi pakai bumbunya seperti kering kentang, juga sama kah pakai ebi juga dibumbunya??? soalnya aku sukaa banget nih, bikin nagis pengen coba bikin pakai ubi kalau ada jual ntar....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina..cara buatnya plek sama kering kantang ini..cuma di ganti ubi aja..yang di goreng tipis2 dan sampai kering kayak kentangnya. Bumbunya juga sama..boleh pakai ebi..boleh tidak. Kalau pakai ebi itu kan variasi ideku aja Mba..hihi. Aslinya kalau yang di jual2 itu ndak ndak pake. Kalau kering ubi itu di jual di warung2 di bungkusi kecil2 gt lho mba..kalau di Jateng sini..buat cemilan aja. Tapi kalau mau buat lauk ya tambah enak pakai ebi ya..:)

      Delete
    2. Oh gitu toh, iya mba aku juga pernah beli diwarung2 ubi yang dibumbuin kaya gini,,, duuh kemencer nih, kalau ubikan lebih murah dari kentang ya mba hahaha... ntar mau ta bikin juga buat singkong xixixi (wes lah bikin aneka kripik) makasih ya mba Diah.

      Delete
  4. Mbak Di...klo gula merah diganti pake gula pasir gpp ya? Klo gula pasir sepertinya lebih bikin tahan lama dan tetap renyah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba Dini..kayak kentang mustafa itu pake gula pasir. Tapi kalau kering kas Jateng emang pakai gula merah mba..lebih legit rasanya. Dan kalau masalah renyah dan awet...asal masak gula sampai kental no problemo lho..aku udah seminggu tuch di toples..tetep renyah..kalau masaknya bener..:)

      Delete
  5. Salam kenal Mb Dian, aq Rani di Klaten. Sblmnya maaf ijin nyontek resep, hehe,, Mksh mb resepnya, kmrn aq bru nyoba kering kentang, hasilnya kriuk, lumayan dech,, tp knp stik bawang wortelnya ko gk bs utuh panjang2 ya mb? Apa adonanq yg terlalu lembek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba..potong2 manual..dan goreng pakai wajan lebar dan datar mba..kayak sauce pan gt..jadi bisa tetep panjang2 bentuknya.

      Delete
  6. mba Didi, aq br buat kentangnya, tapi kok bumbunya jadi menggumpal gumpal ya mba, gak kyk punya mba, ada salah dimana ya kira2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aduk cepat mba bumbu2 dna kentangnya..kalau bikin kering gini..:)

      Delete
  7. oohh gituu, saya salah mba, saya tunggu mengental dulu..seperti di resep.okey, makasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengental berserabut ..tapi bukan jadi karamel ya Mba..hihi

      Delete
  8. Thanks Bu Diah sharing resepnya. Jadi kepingin buat ^_^ Susah-susah gampang ya Bu

    ReplyDelete