Tuesday, July 22, 2014

Brongkos Pedas


Brongkos..termasuk salah satu menu favorit di rumah..aku dan suami suka..Yodha pun doyan gitu. Jadi sering banget masak ini. Biasa masak brongkos banyak sekalian..karena kalau di panasin itu makin enak jika udah nginep brongkosnya. Isian brongkos bisa di buat sesuai selera..mau daging aja..aneka sayuran..tahu..telur dll. Nah..kalau aku suka banget brongkos campur..yang isinya rame. Seru aja makannya..satu sayur tapi ketemu macam2 bahan yang beda2 rasanya..tapi ketika di satukan di masak brongkos..kok ya jadi klop aja rasanya.

Biar beda rasanya..kali ini aku bikin brongkos agak pedas..cuma gak sich..karena Yodha kan ikut makan. Nah..kalau mau yang pedas banget bisa di tambah cabe rawit utuh sesuai selera buat ceplusan gitu..enak juga. Oke..ini dia brongkos campur2 favoritku teman2..resepnya. Aku suka sekali..karena ada dua bahan yang aku suka..yaitu kacang tholo dan kulit menlinjo..enak banget di buat brongkos lho. Selamat mencoba ya teman2..jika suka..cocok lho buat menu buka atau sekalian buat saur nanti..^^


Brongkos Pedas Campur Campur

Bahan :
100 gram kacang tholo, rendam selama min 1 jam, rebus setengah matang.
250 gram tetelan sapi, potong2 kecil
5 buah tahu kulit, potong serong
10 buah telur puyuh rebus, kupas
Labu siam 1 buah, potong kotak kecil
Kulit melinjo 50 gram
Garam,bumbu kaldu bubuk rasa sapi secukupnya jika suka
1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
2 ruas jari lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
Cabai rawit secukupnya jika suka lebih pedas, biarkan utuh 

Bumbu halus :
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah kluwak
1/2 sendok makan ketumbar
1/2 ruas jari kencur
6 butir kemiri
6 buah cabe merah
Santan cair 1000 ml
Santan kental 200 ml 

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, lalu masukkan daging, aduk hingga berubah warna. Masukkan kacang tholo, telur puyuh rebus, tahu, kulit melinjo dan santan cair, masukkan bumbu2 lain, tutup panci, lalu masak dengan api kecil hingga daging matang. Koreksi rasa. Masukkan labu siam dan santan kental, lalu masak kembali hingga matang dan kuah menyusut.
Tips : Jika mau buat saur..buatlah siang hari..simpan di kulkas..pagi ketika mau sahur tinggal di panaskan lagi..hemm tambah enak dech..bumbu2nya semakin meresap.

8 comments :

  1. waahhh aku suka banget nih brongkoss palagi kalo pedes ya segeerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Vera..tambah mantep kalau di bikin pedes..apalagi nyeplus cabe rawit ya..hu hah..tapi enak..hihi

      Delete
  2. rasa kecapnya tertutup dengan pedas berarti aku bisa makan nih mbak :) Mbak Diah maaf aku gak ikutan GAnya kemarin ini, baru bisa online lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pakai kecap kok ini Mak..kan coklatnya dari kluwak aja itu..:)
      Ndak pa2 Mak..next time ya..jk ada lagi..:)

      Delete
  3. mak jleb..pas buka blog liat postingan ini....ini masakan andalan almarhumah mbah uti....dulu makan aja, ga kepikiran masaknya...hihihi....sekarang kangen juga ama rasanya....makasih mba DD udah share resepnya...langsung besok belanja bahan aaah....tapi dulu mbah uti pake buncis mba...ama tahu putih yg dipotong kecil terus digoreng....beda kali ya magelang ama yogya...hihihi...yg penting makasih udah share resep ini...tengkiyuu....pake kecup..muach...xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..sama2..isian brongkos itu bebas kok mba..kacang panajng juga enak..atau kadang aku pake pepaya muda juga Mba..

      Delete
  4. pngen bkin,tpiii mkir2 dlu.wkt lalu bkin brongkos tholo,rambak,tahu,telur.jadi sepanci.alamaaak,aku doang yg mkan.pda ogah mkan,item soalnya.yah wis,tak ngat nget smpe 2 hri.tpi enyak enyak enyak.skrg kalo bkin yah,plg dkit.gak pnya tmen mkan brongkos."elmi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih kunyit rada banyak mba..misal 3 cm gt.pasti dech warna hitamnya hilang..jadi kayak gulai gt warnanya..:)

      Delete