Friday, July 4, 2014

Es Pisang Ijo ( Versi Pakai Terigu )


Udah beberapa hari puasa nich belum sempat bikin minuman..yang manis2 teman2..daku..jadi minum buka selalu teh anget aja  dech. Tapi memang pengen ngurangi yang  manis2 juga sich..biar puasa sekalian diet..hihi..udah lumayan dech berkurang nich..hihi. Tapi..kemaren kok ya pengen yang seger2 yo..jadilah punya pisang aku karyakan jadi  es pisang ijo ini. Dan memang seger banget sich buat buka puasa..hihi...tapi  full kalori nich..udah ada pisang...ada sausnya yang kayak bubur sum sum..alhasil buka puasa dengan es pisang ijo nich kemaren..ndak kuat lagi makan banyak2 yang lain..jadi..buat menu pembuka sekaligus makan..hihi. Mungkin jika mau buat takjil..dikit2 aja kali porsinya ya teman2..baru kuat makan yang lain....kalau sepiring gitu ya..beneran..udah kenyang duluan dech..buka puasa pakai es pisang ijo ini..hihi. 

Resep es pisang ijo ini beda sama yang dulu pernah aku posting. Kalau dulu kan pakai tepung beras adonannya dan di kukus2..kali ini aku coba yang versi pakai tepung terigu..karena dari info teman2 ada yang bilang lebih enak pakai terigu ya..dan  kulitnya di dadar aja. Ternyata..setelah aku coba..memang lebih enak dan mudah yang ini buatnya memang. Kulitnya juga lebih lembut dan lebih tipis...jadi nggak kenyang banget lagi..kayak yang pakai tepung beras. Jadi next time aku mau pilih bikin  es pisang ijonya begini terus aja.lebih praktis.

Tapi nich..aku suka mati gaya..kalau motret es pisang ijo..karena ya itu..penyajiannya musti di piring..karena isinya banyak..hihi...jadinya ..yo wis lah..di close up aja ya teman2..jadi maaf jika layar lap top teman2..di penuhi sepiring es pisang ijo aja..ndak pake pernik2 lain..hihi..jangan ambil sendok lho ya..udah imsak jam segini...hihi. Oke dech..ya punya pisang dan bingung mau di buat apa lagi buat takjil..yuk di bikin es pisang ijo aja..enak dan seger lho teman2 buat buka puasa..^^
Es Pisang Ijo

Bahan :
Pisang raja yang sudah matang benar 5 buah, kukus sebentar
Es batu secukupnya
Sirup merah secukupnya

Bahan kulit dadar :
60 gram terigu protein sedang
1 sendok makan tepung tapioka
150 ml air
1 sendok makan minyak goreng
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok makan gula pasir
1 tetes pasta pandan ( sesuai selera ijonya )

Bahan Saus:
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sendok makan tepung beras
50 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
Rebus bahan saus sambil diaduk sampai mendidih dan meletup2.

Cara membuat :
Aduk rata bahan kulit dadar, saring agar  adona halus.
Buat dadar tipis2 di teflon.
Ambil satu buah dadar, letakkan pisang kukus di pinggir, gulung dan rapikan. Potong2 sesuai selera.
Sajikan pisang ijo dengan saur, es batu an sirup merah sesuai selera.

19 comments :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Aduh mbak cantik banget es pisang ijonya jadi pengen bikin juga. Tapi di rumah adanya pisang kepok mbak...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Diah..seger lho..hihi. silahkan di coba..bisa di tambah santan juga adonannya jika suka..air di ganti santan gt..:)

      Delete
  3. Duh mba Diah kemarin adik aku dikampung juga bikin menu berbuka ini... trus liat mba Diah posting ini juga waaduuu makin kepngin juga nih buat bikin. ternyata gampang aja ya mba bikinnya (kayanya gampang) heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina.....enak dan seger ya..mudah kok Mba..apalagi jika pakai wajan kewalik..tggl celup..hihi..mateng dah..:)

      Delete
  4. kalau bikin versi dadar aku selalu gagal mbak...
    boleh nyoba resep ini ya mbak, makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..silahkan..lebih mudah lagi kalau pakai wajan kewalik Mba.tggl di celup dech adonannya..panggang bentar di kompor..mateng..:)

      Delete
    2. aku kalau bikin yang versi dadar selalu sobek mbak, kulitnya nggak bisa lentur padahal airnya sudah cukup ... mungkin ketebalan ya mbak....

      Delete
    3. Adonannya di kasih minyak atau margarin mba..aman dech nggak sobek..mudah lepas..apalagi kalau pake wajan kewalik..di lepas mudah banget..:)

      Delete
  5. Mba diah, kmrin aku sempat bikin sesuai resep.. Tp Dadar nya bergelembung, trik bikin Dadar nya gmn ya mba? Trus adonan nya.memang jadi.tipis bgt ya?? Buat 5 pisang raja Kyknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai wajan kewalik Mba..tinggal di celup aja ke adonan..terus di panggang sebentar di atas kompor..itu hasilnya kayak di foto. Jika pakai pan biasa..jangan terlalu panas apinya. Jika mau tebal..kurangi dikit cairannya. Kalau aku malah suka tipis2 kayak di foto itu sich ya..jadi tergantung selera masing2 ya mba..:)

      Delete
  6. Owh gtu ya.. Oke oke Makasih ya mba pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..kalau aku satu piang tak gulung aja pakai satu lembar dadar itu mba..:)

      Delete
  7. salam kenal mba diah...kemaren ahad saya sukses 'meng eksekusi' nih resep,hihi..pakenya pisang kepok cuma 4 buah tapi bisa buat 8 porsi (saya tambah kembang pacar),alhamdulillah seger banged dimakan hbs tarawih..makasi banyak resepnya ya mbaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba..sama2..malah enak dikit2 pisangnya..kalau satu pisang utuh kenyang bgt lho..hihi

      Delete
  8. mbak.. enaaaakkk.. :D mksh :) walopun dadarnya punyaku amburadul tapi papa mama suka .╬╬aa..╬╬aa..╬╬aa..╬╬aa..╬╬aa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba..ndak pa2..coba lagi pasti lebih bagus nanti ya..:)

      Delete
  9. Mba DD.... tadi sore sy praktik resep ini...alhamdulillah enak kenyal mantab rasanya. cuman, td cara bikin kulit pisang ijonya tidak dibikin dadar... karna pas pertama kali memang sempet didadar di wajan tebal anti lengket, tp rapuh, ketipisan kali ya, jd cepet sobek trus ga handy nggulungnya jd ga mulus bentuk pisang ijonya spt gambarnya mb DD di atas ituh :) Walhasil saya matengin di panci (adonan ijonya), sampe bergumpal matang, trus sy kasi minyak, dan ambil sebagian trus giles pake rolling kayu. hihi. abis itu gulungkan pisangnya dan kukus sebentar. :D malah lebih puas yg itu hasilnya mba. Emang memudhkan ya pakai wajan kewalik aka crepes maker ya Mba DD. (habis googling di tokopedia lihat wajan kewalik, Mba, jd pengen punya je :p)

    ReplyDelete
  10. Salam kenal mba didi, saya kok msh blm paham ya klo pake kwalik, habis dicelup trs panggangnya pake apa mba? Apa di atas kwaliknya? #gagalfokus:-)

    ReplyDelete