Friday, July 25, 2014

Udang Bakar


Wua..deket2 lebaran..pasti teman2 yang merayakan lebaran di rumah..pasti semakin semangat dan sibuk ya..dengan persiapan menu2 lebaran...beda denganku yang malah kendor semangat di dapurnya..hihi. Karena apa..ya..nggak pernah masak buat lebaran di rumah..karena lebaran selalu di rumah mertua. Jadilah kalau deket2 lebaran gini aku malah ndak ke pasar..soalnya takut sisa aja bahan2 kalau di tinggal mudik nanti..jadi..cuma menghabiskan bahan2 yang ada aja..kalau masak..kalau nggak ya beli aja lauk. Selain itu sudah pasti..harga2 di pasar melonjak ngeri ya teman2..kalau udah deket2 lebaran gini..hihi..untung di freezerku masih nyimpen daging..udang..ikan dll..hasil belanja harga normal minggu kemaren..hihi.

Nah..akhirnya tadi buat buka masak super simple aja..bikin udang bakar..thok..hihi. Lha suami buka puasa di luar sama relasi..aku lagi nggak terlalu semangat makan..nggak tau beberapa hari ini kurang enak badan juga..biasa..capeknya numpuk di akhir kalau udah deket2 lebaran gini..hihi. Yodha..suka juga yang bakar2 gini..ya udah buat menu berdua tadi ya udang bakar ini. Pas kebetulan punya udang rada gede2..jadi cocok dech di bakar. Pertama mau coba udang bakar ala resto Mang Engking yang terkenal tuch..sempat nyimpen resepnya dari salah satu tabloid pas ngulas resto Mang Engking ini...yaitu udang bakar madunya yang terkenal..tapi ndak jadi..soalnya setelah ku liat resepnya kok simple banget..jadi udang bakar madu yang kesohor itu cuma begini resepnya teman2..udang yang di bakar dengan di oles saus campuran : saus pedas AB*, Kecap manis AB*, Masa**, dan madu cap Taw**..udah..gitu aja..di oleskan ke udang..lalu di bakar..hihi. Iklan banget ya resepnya..^^

Akhirnya aku buat udang bakar versi aku sendiri aja.soalnya lagi nggak punya madu juga..hihi. Nggak kalah enak kok..sama udang bakar madu..dan lebih berbumbu, karena aku pakai bumbu halus juga. Mau coba teman2..yukk catet..siapa tau bisa jadi tambahn ide menu lebaran besok ya. Ini fotonya juga tadi..lagi males banget ngatur udangnya biar bergaya macam2,..jadi biarkanlah udangnya mejeng alami begini ya teman2..apa adanya,..hihi.
Udang Bakar 

Bahan :
300 gram udang yang agak besar
1 sendok makan tepung tapioka 
1/2 sendok teh garam
2 sendok makan kecap manis
1 sendok makan saus sambal
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk / garam sesuai selera

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
1 siung bawang putih

Cara membuat :
Belah punggung udang, keluarkan tali hitam kecil sepanjang punggung udang ( jika tidak di hilangkan bikin amis olahan udang )
Lumuri udang dengan garam sambil di remas2, diamkan 15 menit. Tiriskan jika masih agak berair, lumuri dengan tepung tapioka. Goreng udang di minyak panas sebentar saja asal berubah warna agar tidak keras.
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, campur dengan kecap manis, garam, kaldu bubuk, saus sambal, merica bubuk, aduk rata. Lumuri udang dengan campuran bumbu tadi, lalu bakar hingga harum. Boleh di bara api..atau cukup di teflon aja kayak aku..hihi. Sama enaknya kok..^^

4 comments :

  1. Nyam...Nyam....jdi bikin ngences nih,Mbak... :-) langsung dipraktekin besok :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Dini,..udah mateng kan ?..:)

      Delete
  2. Nyuummyy bangeeet itu mba Diah,,,, Menggugah selera :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Tina..ayukk di coba ya..:)

      Delete