Tuesday, July 8, 2014

Soto Ambengan..Seger..Pas Buat Menu Buka Puasa ^^


Kemaren ke pasar..pas beli sayap ayam buat Yodha..eh di tawari ibu penjualnya..ayam kampung ada separo..wah..ya langsung mau..hihi. Biasanya kan kalau beli ayam kampung musti satu,..kebanyakan buat kami..kalau separo kan pas gitu buat bertiga..cukuplah sekedar buat soto yang enak..hihi. *mak irit *
Langsung beli dech separo ayam kampung itu..sampai rumah langsung tak buat kaldu bening dulu...lalu di buat kuah soto. Pilihan soto kali ini adalah Soto Ayam Ambengan ala Surabaya. Eh soto ini mirip2 atau malah sama soto lamongan ya kayaknya. Ciri khas dari soto ambengan ini adalah adanya *bubuk koya*..yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih..itu bikin kuah sotonya tambah enak banget dan gurih..suka dech. Memang aku dari dulu udah suka sama soto2 ayam model begini..karena bumbunya komplet..terus pakai kol..dll, pelengkap sayurannya banyak. Jadi berasa seger banget gitu banyak sayurannya.

Memang paling enak pakai kaldu ayam kampung sich..kalau bikin soto begini teman2..aromanya khas dan gurih sekali. Tapi jika tidak ada ya..bisa pakai ayam pejantan atau ayam biasa. Soto ini cocok sekali buat menu buka puasa ninch teman2..karena seger sekali rasanya. Pasti di sukai keluarga di rumah dech teman. Lengkapi penyajian soto dengan perkedel..tempe goreng..atau lauk lain..pasti makin sipp dech. Oh ya..jangan lupakan bubuk koyanya ya..kalau makan soto ambengan gini..karena itu kunci utama kuahnya tambah gurih. Cara membuat bubuk koya itu mudah sekali.. Kerupuk udang dan bawang putih goreng kering di haluskan..bisa dengan blender kering..atau jika tidak ada ya masukkan ke plastik atau kain bersih..pukul2 dech..sampai remuk dan jadi bubuk..hihi. Atau di ulek juga bisa kalau telaten.

Oke..selamat mencoba ya teman2,..semoga bisa menjadi salah satu ide buat menu buka puasa hari ini ya teman2. Selamat mencoba..^^
Soto Ambengan

Bahan-bahan :
1/2 ekor ayam kampung potong 2 bagian
1500 ml air
2 batang serai ambil putihnya, memarkan
3 lembar daun jeruk buang tulangnya, sobek-sobek
1  sendok teh garam ( sesuai selera )
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional )
1/8 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri sangrai
2 cm kunyit bakar
1 cm jahe

Bahan Koya :
4 kerupuk udang
1 sendok makan bawang putih goreng kering

Bahan Pelengkap:
2 butir telur rebus potong-potong
3 lembar kol, iris halus.
Taoge panjang 1 genggam, rendam air panas ( optional )
Daun bawang secukupnya, iris halus. Seledri secukupnya, iris halus
1 bungkus kecil soun, rendam air panas

Cara membuat :
Rebus ayam dan air sampai jadi kaldu bening dengan api kecil.
Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk sampai harum. Tuang ke rebusan ayam. Tambahkan garam & kaldu ayam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang.
Angkat ayam dan goreng sampai berkulit. Suwir-suwir daging ayamnya.
Sambal cabai rawit, rebus cabai rawit merah, dan bawang putih sampai layu. Angkat dan haluskan. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata.
Sajikan kuah soto dengan pelengkap, sambal cabai rawit, bubuk koya, dan suwiran ayam.



Kayak gini nich bubuk koya yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih goreng. Jika di taburi ini..rasa kuah soto makin sip..gurih dan khas sekali.

11 comments :

  1. Ahhh baru tau bubuk koya cuma terdiri dari kerupuk udang dan bawang putih... bisa bikin sendiri nih dirumah,,, dan emang bikin makin enak ya mba, soto kalau ada koyanya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Tina..biasa di soto lamongan juga kadang pake ya..bikin gurih ya mba..ayukk coba sotonya..seger buat buka..:)

      Delete
  2. mbak ada tips gk biar klo goreng krupuk udang bisa mekrok bagus,,, soalnya aq klo goreng kdg ada yg mekrok kdg gk ada kebanyakan mlah jadi kemlingkingen/ keras gitu,,,, padal minyaknya jga udah panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu2 Mba Dewi gorengnya. Minyak justru jangan panas banget biar bisa ngembang. Gorengnya sambil di pencet dan di goyang2 pakai sutil..ntar ngembang dech..cobain ya..:)

      Delete
    2. oke,,, matur nuwun yo mbak buat tipsnya

      Delete
  3. Hai mb Diah...

    Krn ayah sy asli lamongan tapi kami sekeluarga tinggal di Sby, jd menurut sy soto ambengan itu ya soto lamongan yg dijual di jln ambengan dekat SMA kompleks. Emang terkenal sih mb..

    Kl soto lamongan, selain jeruk nipis, koya emang wajib hrs ada. Ibu sy kl bikin msh telaten diuleg, tp kl sy mah blender aja ��

    Oiya mb, refrensi resepnya langsung dpt dr yg punya depot soto ambengan kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Aulia..Memang seger banget ya mba..soto lamongan gini. Aku kemaren udah curiga..pas liat liputannya di majalah tentang soto ambengan ini..kok mirip2 sama soto lamongan bumbu2nya..hihi. Tapi di penjualnya katanyapakia ulekan bandeng goreng segala gitu bumbunya mba..jadi aku pakai bumbu versi aku sendiri kalau bikin soto lamongan..hihi..akhirnya takaran bumbunya..karena masih ragu jiak di kasih ulekan bandeng ntar amis..:D. jadi nggak penasaran lagi sekarang aku..mksh infonya ya mba..tak kira beda jenis..ternyata sama aja sama soto lamongan ya..hihi

      Delete
  4. Kapan2 mau nyoba ah...baru tau deh cara bikin koya...katro deh aku hehehehe

    ReplyDelete
  5. Oh ternyata ada bandeng gorengnya to bumbunya. Dulu aku gak tau mbak bandengnya diapakan. Setiap soto di surabaya kalau soto ayamnya asal soto lamongan kuahnya selalu ada agak kasar2 gitu, ada yg bilang diuleg ama beras yg direndam. Emang kadang kuah agak amis2 dikit kalau gak dicampuri jeruk perasan. Rasa emang lebih gurih kalau pakai campuran bandeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Jenny..dari yang aku baca gt..oh enak tho mba..ndak amis kah..hihi..aku makanya kmrn mau coba ragu2..akhirnya pake resep versi seleraku aja..ndak pake itu bandengnya..:)

      Delete