Friday, July 18, 2014

Ayam Rica



Wah..gara2 sibuk jualan..jadi nggak sempat masak macam2 nich..hihi. Tapi tenang teman2..hari ini dan besok kok terakhir pengiriman paket sebelum lebaran. Jadi seminggu besok bakal mulai masak2 lagi..hihi. eh tapi ada hikmah baiknya juga lho..sibuk jualan tepung nich kan jadi jarang masak atau masak yang simpel2 aja 2 minggu kemaren..hasilnya...bb ku udah turun 3 kg lho...horeeee..hihi..moga2 aja pas lebaran bisa langsing gitu..lol..!

Ya oke dech..karena masih ada kerjaan packing terkahir nich..aku posting resep yang simpel aja ya teman2..biar cepet beres semua kerjaan..terus bisa agak santai lagi dech di dapur. Nah..kali ini kau posting ayam rica ya..jadi sekalian masak ayam ada pedes2nya gitu..soale..ndak sempat nyambel..hihi. Oke..ini dia resepnya ya..maaf fotonya cumaa satu..soalnya buru2..memori di kamera udah penuh..ya nggak sempat menghapus..ya udah..seadanya ya..yang penting bisa kasih ide ke temen2 nich yang lagi cari ide buat saur nanti mungkin ayam rica nich cocok..biar pada semangat gitu saurnya keluarga di rumah..kan ada pedes2nya..gitu.

Selamat mencoba ya teman..jika suka..^^
Ayam Rica

Bahan :
1 ekor ayam pejantan, bagi 4 atau 8 bagian sesuai selera
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
1 sendok makan air jeruk nipis
600 ml air
1 sendok teh gula pasir

Bumbu halus :
100 gram cabai merah
20 gram cabai rawit merah
7 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh terasi
1 cm jahe
2 buah tomat merah , potong2
Garam secukupnya

Cara membuat :
Cuci bersih ayam, lumuri dengan garam dan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan ayam , aduk hingga berubah warna. masukkan air dan bumbu2 lain. Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga meresap . Sebelum kuah habis koreksi rasa udah pas belum gurihnya. Masak hingga bumbu mengental dan meresap. Sajikan hangat.





7 comments :

  1. Mba Diah, biasanya pake terasi apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai terasi Juwana mba...enak dari pengrajin langsung...:D

      Delete
  2. Mbak diah,.. 1 ekor ayam pejantan nih biasanya berapa kg sih mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang ukuran kecil biasa aku beli seharga 35 ribu per ekor itu aku timbang 650 gram Mba Ardelia..:)

      Delete
  3. Thank you mbak diah, penjelasanya... Jadi gak sabar nih buat coba resepnya hehe....

    ReplyDelete
  4. Aku juga kangeeeeeeeeeeen banget mba sama Dapur... pengen masak2 lagi.. apadaya skarang lagi liburan 10 hari lebih g perang didapur rasanya duuuh sesuatu kangeeeen banget, berasa ada yang kurang...

    Btw ayam ricanya duuuuuh menggoda banget mba Diah :).

    ReplyDelete
  5. pas banget baru beli ayam.. Mau bikin aah

    ReplyDelete