Tuesday, July 15, 2014

Bakso Goreng Campur Campur


Kemaren itu aku nyoba tepung bakso dari produsen tepung supplierku..baru order dikit sich soalnya baru mau uji coba. Pertama aku ya nanya ke produsennya..apa itu tepung bakso..tak kira itu tepung berbumbu khusus buat bakso.. kayak aciku punya mba Dewi itu. Ternyata bukan tepung bakso ini adalah tepung campuran antara sagu dan tapioka dengan perbandingan tertentu..sehingga udah mix gitu. Dan kata produsennya ini tepung biasa di jual ke penjual bakso atau penggilingan bakso di pasar gitu..pakainya tepung ini. Baiklah aku coba..pengen tau bedanya di banding pemakaian tapioka di bakso.

Nah..menyesuaikan bahan yang ada..tadi aku buat bakso goreng campur campur aja..kenapa namanya campur campur ?..karena aku pakai ayam..udang dan tenggiri...hihi..jadi ya enak tho..bahannya komplet. Tapi  kalau mau di ganti daging sapi giling juga boleh lho ayamnya. enak juga..aku pernah..campuran dari daging sapi..udang dan tenggiri untuk bakso goreng..ya tetep enak gitu. Pertama mau buat empek2..eh tapi kok ngga punya ebi..yo wis..bakso goreng aja lah..sama2 enak dan gurih. Dan hasilnya..memang..nggak alot teman2..empuk bakso gorengnya. Cuma tadi aku buru2 gorengnya..karena ada tamu..hihi..jadi nggak bisa sampai kopong kering gitu. Harusnya..kalau mau dalamnya kopong gitu harus di goreng dalam waktu lama dan pakai api kecil di minyak banyak. Terus wajan yang di pakai juga jangan yang terlalu tipis..biar matang sempurna. Dulu aku pernah goreng bakso kayak gini..sekali goreng bisa 15 menit sendiri teman..pakai api kecil gitu hingga baksonya ngembang dan kopong dalemnya..hihi. Lama ya..iya memang..kalau mau baksonya kopong. Tapi jika ndak telaten yang di goreng biasa dengan api kecil hingga matang dan kering luarnya kayak biasanya teman2..hasilnya..baksonya nggak kopong..tapi empuk..kayak empek empek adaan.

Jadi kesimpulannya..pakai tepung ini..bisa  bikin bakso goreng jadi empuk...nggak alot..kayak kalau pakai tepung tapioka aja. Oke dech..besok tak uji coba dulu lagi dengan resep2 lain ya teman2..kalau memang oke..bisa jadi produk jualan juga..hihi. eh kemaren aku cerita sama mba Dewayani malah udah langsung pesen juga..hihi. Ini dia resep satu dulu ya mba...besok resep2 lain menyusul..buat teman2 lain.Yang mau coba ayuk kalau mau pesan tepung baksonya..hihi..*halah..jualan maning..* Tapi habis lebaran aja kali yach...soale trafik kurir udah padet nich deket2 lebaran..tadi aku malem kirim2 banyak paket..udah mendekati lebaran gini ndak boleh lagi tarif oke..untung masih bisa tadi malam dan terakhir hari ini..soalnya banyak yang minta paket oke juga kemaren yang kirim ke luar Jawa..takut ndak nyampe sebelum lebaran..jadi mulai hari  semua pengiriman cuma reguler aja...di jne.

Ya oke dah..ini dia resep baksonya ya teman2..^^ jika tidak ada tepung khusus buat bakso ini..ganti tapioka biasa dulu aja..tapi dengan hasil sedikit beda ya..lebih kenyal kalau tapioka. Selamat mencoba ^^
Bakso Goreng

Bahan :
100 gram daging ayam giling
100 gram tenggiri ( udah di fillet ya dagingnya )
100 gram udang kupas cincang
250 gram tepung bakso ( tepung tapioka jika tidak ada )
2 butir telur, 2 siung bawang putih  di haluskan
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
1/2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh merica

Cara membuat :
Campur semua bahan kecuali tepung bakso, proses di food processor hingga lembut dan kalis. ( jika nggak ada bisa di mixer )
Campurkan tepung bakso, aduk ringan perlahan dengan ujung jari aja ya sampai rata..jangan di aduk2 terlalu kuat agar baksonya bisa mengembang ketika di goreng. Kalau di aduk terlalu kuat nanti bisa keras baksonya...dan nggak mau ngembang. Ambil sedikit adonan..masukkan ke minyak banyak dan nggak perlu di panaskan dulu. Lalu nyalakan api dan goreng dengan api kecil hingga bakso matang dan mengembang serta kering.
Nich baksonya pas di goreng teman2..ngembang bagus..cuma belum sampai kering banget udah ku angket..soale pas lagi nggoreng ada tamu..hihi. Sisa adonan malah ku kukus..nanti mau ku buat basreng aja..alias bakso goreng tipis2 tuch lho teman2..:)







28 comments :

  1. Belum berhasil bikin bakso goreng yg kopong, padahal anak2 suka banget. Rencana pesen tepungnya nih! Ya nggak papa tunggu shopping on line resmi buka, setelah Lebaran. Saya tunggu lho.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..tipsnya ya itu..di goreng pake api kecil..sama coba pakai tepung bakso ini ya..nanti hbs lebaran..hihi.

      Delete
  2. Iya Mba Sisca di tunggu ya..habis lebaran aja biar lega kalau mau krm2..hihi...sekalian tak buatin resep step by stepnya nanti ya..:)

    ReplyDelete
  3. aaaaaahhhh mba diah... pengeeen jugaa... apalagi kalau dibikin basreng kriuk2 waaaahh bakalam enaak ini mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Basrengku tak jemur dulu ini mba Tina.mg2 bs empuk..kayak kerupuk hihi..

      Delete
  4. Aku juga mau mba...soale kalo bikin baso ngga pernah sukses hihihihi... sabar menunggu kok mba ^_^
    Sambil tgg tepung baso kan bisa uji coba tepung kentang dulu....dah dikim kan mba tepung kentang nya..(dah ga sabar neh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sri..abis lebaran ya..hihi..tepungnya ekpress krmnya..tarif..Reg tp nyampenya YES ini soalnay kuririnya pd ngebut takut kena macet lebaran..:)

      Delete
  5. hmmm...kayaknya enakk...kalo pake tepung tapioka, dalemnya bisa kopong gini ndak mbak?terimakasih mbak diah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tau Mba Lupna..belum coba yg resep ini pk tapioka..:)

      Delete
  6. Asyikkk udah diposting resepnya, makasih mba ku sayang, ditunggu yang lainya yaaa *kecup kecup hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Dekyang..dicoba ya..:)..bkn empek2 jg bs lho..pk tepungnya..:)

      Delete
  7. Mba.. kalau hanya pakai tenggiri dan udang , tanpa ayam bisa? soalnya sy pernah dengar kalau makanan laut jgn dicampur dengan makanan darat seperti ikan dan ayam, krn tidak baik untuk kesehatan.. he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak masalah mba menurutku..byk resep campur2 gini ..tp boleh jg jk mau tenggiri sama udang aja.:)

      Delete
  8. aduuuh...keliatannya enak bangeeet...mau cobaa aaah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mak..di cocol saus..yummy..hihi..buat yukk..:)

      Delete
  9. Mauuu jugaaa...
    btw dalemnya kasih keju melted enak kaya e

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Suria..jk suka..enak kok..:)

      Delete
  10. Mb diah..mohon maaf lahir batin ya..seru ya lebaran di rumah.ga ky disini..ga da rasanya hix.. T.T
    oia mb tepung bakso nya apa punya bengkel bakso ya? Aq ada tepung bakso ini tp msh bgg mo tak buat apa lg selain bakso.kpn2 deh aq cb bakso goreng ini.oia klo pake dgg sapi gmn mb..bs ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Yessi...wah masak tho mba..mba tggl di mana..di luar kan..?..Yang sabar ya..pasti byk teman2 juga di sana kan..:)
      Itu tepung bakso buatan ukm ku mba..campuran sagu dan tapioka..bisa mba..pakai daging sapi..:)

      Delete
  11. Kirain sama produk tepung baksonya.per kg brp ya mb..itu tepung sagu klo kelamaan bau khas nya semakin kuat ya mb..
    aq tinggal di negeri yg sering mb kunjungi lwt dvd..ayo kesini jgn cm lwt dvd aja dunk..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal kualitas tepungnya kering bagus dan nyimpennya di tempat kering ndak bau lho mba..harusnya tepung sagu itu..:)
      Wah..asyik....baru berkayal sik mbaa kalau ke sana ya..hihi..kmrn sempet tergoda pengen ikutan paket tur di lejel home shopping tuch murah ya ke Korea..tapi ragu beneran nggak ya..kok murah bingits..:D..Salam aja dech kalau ketemu Lee Min Ho..Lee Seung Gi..dan cowok2 cakep lain ya mba..hihi

      Delete
  12. Maaf mbak, klo mau pesen tepung baso caranya gmn ya? Penasaran nih mau cobain resep baso gorengnya...
    Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. email aja mas alamatnya..di bundadidi@gmail.com......atau via contact form di atas itu tggl di isi aja ..nanti nyampe dech pesannya ke aku..:)..biar aku cek ongkirnya..:)

      Delete
  13. Mba diah.. bakso gorengnya cantikk bgtt... itu buletinya pake sendok kayak kita bikin bakso biasa apa dipulung2 pake tangan? Makasi mba.. ;)

    ReplyDelete
  14. Thanks untuk resepnya gan..
    Keep sharing..

    Salam dari www.ferry-at.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. Mba, cara pesen tepung baksonya gimana ya?bisa minta pin bbnya?aq juga sering coba biking bakso goreng tapi dalamnya gak kopong. mohon infonya ya aq pengen coba pesen tepung baksonya. Terima kasih mba.

    ReplyDelete
  16. Mba telurnya utuh atau putihnya saja?sy ingin sekali pesan tepung bakso nya tapi ongkirnya cukup mahal jg ke tempat sy di cianjur.

    ReplyDelete