Wednesday, July 2, 2014

Start Baking Again..^^




Akhirnya mulai baking lagi. Kemaren2..kok timbul rasa males baking..hihi..padahal request resep cookies dari teman2..banyak. Tapi sebentar ya teman2..tak belanja bahan dulu..sama toples..hihi..jadi sekalian tak kemas gitu nanti buat hadiah Lebaran buat saudara dll. Soalnya kalau   cuma di taruh meja makan..ndak bakalan habis cookies di rumahku beneran dech..ya mungkin udah pada bosan kali ya..Yodha dan papinya dulu keseringan aku praktek dan bikin cookies dulu..malah pernah pas puasa beberapa taun lalu juga terima pesenan cookies..jadi sampai mblenger sekarang nggak mau makan mereka tuch..kecuali Yodha paling mau makan kue putri salju aja. Dan akhirnya hari ini pegang oven lagi..hihi..tapi belum beneran bikin resep baru sich..cuma utak atik resep lama sesuai bahan yang ada..belum belanja ke TBK nich teman. Jadi tadi di rumah cuma ada kacang..sama coklat bubuk...telur..ya udah..bikin ampyang coklat kacang oven lagi..dengan sedikit modifikasi..aku tambahin coklat bubuknya lebih banyak..dan kacangnya nggak ku cincang..tapi aku utuhin aja..tapi sebelumnya di sangrai dulu. hemmm..baunya sich harum banget coklatnya pas mateng nich..cuma belum bisa nyicip..jadi cerita rasanya ntar ya teman..tgg buka. Kalau yang resep terdahulu sich aku udah suka juga udah enak gurih dan renyah,.cuma kurang nyoklat dikit. Resepnya liat di SINI ya teman2..jumlah coklat sesuaikan selera aja ya..:)

Pas aku cerita mau bikin cookies tadi..mba artku langsung bilang.."Di dapur belakang saja Bu..bikin cookiesnya." Maksudnya di dapur basah gitu yang deket taman belakang. Aku tanya,."Kenapa mba ?..Biar  lantai dapur dalam nggak kotor tepung dll Bu"..kata mba art ku. Hihi..jadi malu..iya..ternyata mba art ku kecapekan kalau aku habis baking berhari2..mesti harus susah payah ngepel lantai karena banyak sisa2 tepung2 berhamburan ke lantai dll..wis pokoke kalau udah start baking itu seru..asal saut bahan dan alat2..begitu mateng  kue2nya..giliran Mba art ku yang beres2 dan cuci2 banyak alat..hihi. Tapi tak pikir2 ya kasian juga sich..kalau tiap hari begitu ya..kalau pagi hari udah di pel bersih2..dapur dalam..di tata2 terus siang tak berantakin lagi..tiap hari buat baking..kan capek ya..hihi...kan puasa pula. Akhirnya tadi aku setuju usul mba artku buat baking di dapur basah luar aja. Kalau di dapur basah kan enak mbersihinnya..tinggal di sapu dan di pel..pakai selang air..bersih dech tepung2 dan sisa2 bahan bikin kue di lantai..atau di keramik dapur..hihi. Ya okelah..oven aku pindahin ke luar akhirnya..dan..di sinilah aku baking teman2..hihi..tak kasih sedikit foto dapur basahku di luar ya. Dapur ini deket taman belakang..deket tempat cuci..deket gudang..garasi..kamar mandi luar..dll. Sengaja..di dapur belakang ini aku buat clean, minimalis tanpa banyak pernak pernik..soalnya biasa cuma buat racik2 bahan dan masak sehari2..sedang barang2 perkakas dapurku dll..tetep di dapur dalam atau di gudang..supaya bersih nggak kena debu..so..jika penasaran sama tempat aku masak..ya di sini teman2..hihi. Tapi dapur basah luar aja ya..dapur dalam ? Itu..dari dapur luar keliatan sedikit..hihi..kapan2 tak kasih liat..sekarang terlalu banyak barang..^^


Di dapur belakangatau di gazebo tua itu..juga tempat biasa aku motret masakanku teman2..jadi aku cuma mengandalkan cahaya alami dari matahari aja..kalau motret makanan. Soalnya menurutku hasil foto masakan  jadi lebih tajem dan alami.


Tapi kadang2 kalau udah terlalu panas dan silau cahaya di luar..ya aku motretnya suka di dalam ruangan juga..di tempat yang deket jendela. Dan..ruangan favoritku buat motret di dalem ruangan ya di ruang tengah rumahku...sekaligus ruang aku paling sering berlama2..itu tuch di depan komputer. Kenapa ruang komputer di situ..biar sambil di depan komputer..bisa tetep sambil nemenin Yodha main atau belajar. Ruangan tivi sama ruang Yodha main atau belajar ada di depan ruang tengah ini soalnya..jadi tetep..walau sibuk sendiri2..berasa masih ngumpul gitu di satu ruang..hihi. Yodha sibuk main..papinnya sibuk di depan laptopnya..aku di depan komputer jadulku ini..hihi. Jangan di tiru ya teman..tapi cuma kadang2 aja sich sok pada sibuk gitu..lebih sering kalau malam ya...santai bareng keluarga..nonton tivi atau baca2 bareng kalau malem sich..^^


Nah..kalau ini hasil foto kue yang di dalam ruangan..masih kurang tajem sich..tapi ya..lumayanlah..soalnya tadi motret pas siang hari terik..di luar panas.


Gini nich..kalau aku motret tuch suka simple aja peralatan yang aku pakai teman2..ndak ribet dan ndak perlu lama2 nyiapin properti macam2..dll..hihi. Apa yang ada aja di pake..dan paling ndak nyampe 15 menit jeprat jepret udah...langsung di liat hasilnya..upload dech di blog..jadi kayak bikin ampyang ini..mateng..langsung upload..hihi..tuch harumnya masih tercium di meja. Ups...ingat..puasa Mak..! hihi. Makanya kan bisa posting resep tiap hari kayak gini..kecuali jika lagi pergi atau ada acara di luar rumah.




Oke dech..segitu aja ya cerita sedikit di balik dapurku teman2..besok2 moga2 udah bener2 semangat baking kue2 kering ya....buat yang request resep2 kuker, sabar ya...^^






15 comments :

  1. seru mba Diah cerita dibalik pembuatan makanannya. kebayang mba Diah mondar mandir bikin makanannya trus abis itu jeprat jepret. :D
    jangan bosen ya mba berbagi cerita juga resep2 kulinernya setiap hari. soalnya baca blog ini lebih seru dibanding baca berita2 yg ga penting :D
    semangat terus mba Diah..

    salam,
    dodi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mas Dodi..hampir seharian tiap hari mondar mandir di dapur mas..tapi kok ya nggak kurus2..haha..soalnya sambil mondar mandir tetep..sambil cemal cemil masakannya ya..kpn kurusnya..LOL..Halah..malah curhat..!..

      Delete
  2. Mba Diah kalau motret yang sekeren ini aja dibilang simpel apalagi hasil foto masakan saya mba (minus simple) hahaha... Saya juga termasuk orang yang suka simpel mba kalau buat motret makanan, lebih suka focus kemakanannya, g ada pernak2 yang lain (dan karena memang saya g punya hahahah) duuuh rasanya saya pengen main kesana mba,,, adeeem bener belakang rumahnya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran lho Mba Tina..aku tuch kan ikut gabung di komunitas food photography luar negeri gt..di internet..eh anggotanya kan suka pada sharing gt..hasil foto..terus prosesnya..dll..pada cerita kalau ambil foto makanan itu di tunjukin propertinya ya ampun..segudang gitu mba..mereka..hihi..lucu2..dan kalau ambil foto itu bisa sampai berjam2..hihi. Wah..keburu laper kalau kita ya Mba..hihi.

      Delete
    2. Walah..saking serunya cerita motret2 makanan..jadi lupa..iya mba..mari mampir ke rumahku kalau ke Smrg ya..hihi..tapi rumah tua tapi Mba..alhamdulillah malah adem..karena rada luas..:)

      Delete
    3. aku merinding lho mba bacanya, emang iyaaa mba aku pernah mampir beberapa kali di foodblognya orang luar ooohmgg luar biasa emang kalau kita harus moto makanan sampai berjam2 waaahh suamiku keburu makan diluar mba karena kelaparan hahahaha... tapi saya suka ko mba sama semua hasil fotonya mba Diah, yang pentingkan rasanya mba hehehehe... Eh iya mba mudahan suatu saat kesampaian ya mba bisa main ke rumah mba Diah, trus foto bareng hahaahh (teteup ya foto2) iya mba rumahnya keliatan banget lega dan adem mba... :)

      Delete
    4. Hihi..iya Mba Tina..kalau kita pokoknya itu prinsipnya foto makanannya..bikin laperrr yang liat ya Mba..hahah,...jadi memang fokus ke makanan aja..:)

      Delete
  3. dapurnya nyaman pantes betah masak n baking mbak diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak..saole ruang favorit di rumah.:D

      Delete
  4. sambil belajar fokus kamera ya mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul Mak...biasaa masih ngandalin makro aja..hihi

      Delete
  5. seminggu gk mampir gra2 sinyal tel****** eroor,,,,,, udah ketinggalan jauh mbak,,,,,,,,,hehehe
    rumahnya adem yo mbk bnyak pepohonan,,,,kbetulan daku lagi mulai bangun rumah ni,,, pgin bnyak pohon2 jga rumahnya,,,,,,,,,,,,nah lo malah ngomongin rumah,,,,
    ampyangnya enak ya,,, daku jga ada ampyang dirumah oleh2 dari tetangga kmarin,,,, tpi gk bisa mkan mbk,,,, lagi sakit gigi,,,,, hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..oh pantes ndak keliatan Mba Dewi......Iya mba..ayo rajin berkebun. Itu cuma bumbu2 dapur di belakang rumah..ada jeruk sambel..cabe..pandan dll..hihi

      Delete
  6. Mba..kursinya kerenn..ini patut jd cnth cinta produk dlm negeri..hehehe.

    ReplyDelete