Monday, July 21, 2014

Kue Kering Kacang Vanilla Praktis


Wah..bentar lagi lebaran ya teman2..hihi..eh masih semingguan lagi ding. Tapi kok ya belum ada tabungan kue kering sama sekali...biasanya udah berjejer dech toples2 di meja. Sampai2..buat mba art ku, tukang kebun..tukang sayur..satpam dll..wis..kasih mentahan aja buat lebaran...hihi. Biasanya udah tak kasih kue2 seminggu sebelum lebaran gini. Tapi ndak apa2..alhamdulillah aja di syukuri kesibukan positif di bulan puasa ini. Baiklah..karena semua udah beres..mari kita baking lagi yukk...lumayan masih bisa buat oleh2 mudik. Kalau mertua taun ini minta di buatin kue2 basah aja..jadi malah enak..bisa deket2 lebaran bikinnya. Nah..biar semangat..kali ini yang super duper praktis dulu..yaitu kue kacang. apa bedanya dengan kue kacang yang dulu udah pernah ku posting...jelas beda..lebih mudah..praktis dan cepat bikinnya..karena pakai selai kacang aja..untuk menggantikan kacang tumbuknya. Rasanya..sama enaknya kok. Jadi nggak perlu lagi nyangrai kacang..ngupas..dan menghaluskannya. Cara membuatnya juga mudah saja..tinggal aduk2 semua bahan..cetak..panggang dech..dan jadilah kue kacang yang gurih dan lumer di mulut. Biar beda sama kuekacang klasik..aku tambahin vanilla juga buat aroma..hemmm tambah harum dech..^^


Yukk..mau coba teman..ini dia resepnya ya. Tips aja..kalau buat kue kacang begini..sebagai pengikat kan cuma pakai minyak goreng..nggak pake telur..margarin dll..jadi penggunaan minyaknya di perhatikan ya. Tuang sedikit demi sedikit dulu jika sudah kalis..nggak perlu di habiskan..jika belum..tambahin aja secukupnya..jadi ndak usah bingung2..pakai perasaan juga yach..supaya hasilnya maksimal. Penggunaan minyak bisa berbeda2..kan tergantung jenis selai kacang yang di gunakan ya...oke..selamat mencoba ya teman2..pasti bisa..! Ayukk semangat..buat pemula..yang baru belajar baking..cobain dech..resep praktis ini..^^

Kue Kacang Vanilla Praktis

Bahan :
Teppung terigu protein rendah 250 gram
Minyak goreng 130 ml ( kurang lebih ya )
Gula halus 100 gram ( sesuai selera )
Selai kacang siap pakai 1 kemasan ( kurang lebih 125 gram )
Garam 1/4 sendok teh
Pasta vanilla1/2 sendok teh 
1 butir kuning telur untuk olesan
Trimit warna warni untuk hiasan

Cara membuat :
Campur semua bahan jadi satu, tuaang minyak sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan bisa di bentuk.
Ratakan setebal 1 cm..cetak sesuai selera.Olesi dengan kuning telur. Hias dengan trimit / sesuai selera.
Panggang selama 20 menit hingga matang

12 comments :

  1. Q suka bgt kue lacang mbk..ngangeni :)

    ReplyDelete
  2. wah kalo saya malah pake kacang tanah yg dihalusin mbak hehe tradisional banget ya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya juga gt daku Mba Tika..pakai kacang tanah kampung tuch..di sangrai sendiri..di halusin sendiri ..wis pokoknya kalau pas niat ya gt..tapi berhubung kmrn lagi kumat malesnya..coba pakai selai kacang..sama enaknya lho ternyata..:)

      Delete
  3. mb.Diah, sangrai kacang itu sampai kecoklatan atau sekedarnya saja ya... trus olesan kuning telurnya itu koq ga begitu bagus ya...hehehhe, kalau nastar kan bisa cakeep gitu ya..makasih

    + Ara +

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai matang mba..:) Tuch yodha yang bantuin nyetak dan ngoles kuning telurnya..hihi

      Delete
  4. oiya ada yang lupa...kalau ga pake pasta vanilla ga popo toh mbae....panggang sama dengan oven ya..hehe, suwun


    + Ara +

    ReplyDelete
  5. Mbak suhu oven untuk manggang nya brp derajat ya? maklum pemula bgt mbak

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. mbak, gula halusnya ini maksudnya yg bubuk atau kastor ?

    ReplyDelete