Google Ad

Saturday, July 12, 2014

Kroket Pakai Tepung Kentang Seduh



Sebelum tepung yang flake sampelnya di kirm ke rumah..beberapa waktu lalu aku mencoba membuat kroket campur dengan campuran TEPUNG KENTANG STARCH yang berupa pati tapi aku campur kentang segar. Nah..biar tahu perbedaan nya kali ini aku buat murni dari TEPUNG KENTANG FLAKE..dan ternyata memang lebih empuk dan lembut. Kalau pakai yang tepung starch kemaren  itu agak sedikit ada rasa kenyal kroketnya. Jadi lebih cocok buat bikin nugget dech yang halus...atau fish cake yang kemaren resepnya udah ku share..atau untuk buat chicken kaarage kemaren itu juga enak. Jadi memang beda2 fungsinya ternyata. Tepung kentang yang halus itu untuk cookies..cake..saus..nugget..fish cake..tepung krispi dll..sedang yang flake ini yang buat gorengan seperti perkedel..kentang campuran donat roti dl...karena memang tepung kentang flake ini berfungsi sebagai pengganti kentang kukus.

Kok bisa..mungkin banyak yang penasaran ya..apa itu kentang flake sebenernya. jadi..tepung kentang flake itu murni di buat dari kentang segar yang di kupas..di cuci..di kukus...kemudian di keringkan pakai oven industri..lalu di buat serpihan kering kecil..seperti ini teman2. Jadi..tepung ini sudah matang sebenernya..tapi dalam bentuk kering. Cara pakainya mudah banget..tinggal di seduh air panas...ya..mirip sama cara penyajian bubur instan itu lho teman2..kan bentuknya flake kayak gini juga. Tapi kalau tepung kentang flake ini rasanya tawar..alami kentang aja tanpa tambahan bumbu atau lain2. Jadi sangat fleksibel buat aneka olahan..misal campuran donat kentang..roti..bakpao dll. Untuk roti, donat dll..tepung kentang ini di pake sebagai campuran saja..karena untuk pembuatan roti..donat dll kan perlu gluten ya teman2..agar bisa ngembang..sementara kalau tepung kentang kan bebas gluten..jadi nggak bisa kalau tanpa tambahan terigu. Tapi kalau untuk gorengan..seperti perkedel, kroket, kue lumpur dll..langsung pakai tepung ini semuanya..tinggal di tambah bahan atau bumbu lain. 

Nah buat teman 2 yang request resep kroket dari tepung kentang flake ini..ini dari resepnya ya..:
Kroket Tepung Kentang Flake

Bahan :
100 gram *tepung kentang flake*
Air panas 100 - 150 ml ( kurang lebih di kira2 juga ya .jangan langsung tuang ya air panasnya teman2..tapi percikin sedikit demi sedikit  dulu hingga lembab dan jadi kentang tumbuk / lumat , agak keset ya..jangan terlalu lembek teman2 menyeduhnya , jika udah keset..air masih ndak perlu di habiskan. liat hasilnya kayak di foto ya )
1 kuning telur
Merica bubuk 1/8 sendok teh
Pala bubuk 1/8 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Kaldu ayam bubuk 1/4 sendok teh.
Garam sesuai selera
1 butir telur untuk pencelup
Tepung panir untuk pelapis

Bahan tumisan daging / isi :
100 gram daging giling
1 buah wortel, potong dadu kecil
1/4 bawang bombay, iris halus
1 siung bawang putih, haluskan
2 butir bawang merah, haluskan
Garam secukupnya
Kaldu sapi 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Air 50 ml

Cara membuat isi :
Panaskan bawang bombay..bawang putih dan merah halus, masukkan daging dan wortel..aduk hingga daging berubah warna, masukkan air dan bumbu2 lain. Masak hingga meresap..koreksi rasa. Dinginkan.

Campur adonan kulit, aduk rata. Cicipi terlebih dahulu adonannya sebelum di panir..kalau bikin kroket ya teman2..biar taahu rasanya udah pas atau belum. Bentuk bulat, pipihkan..isi dengan adonan isi secukupnya..lalu bentuk bulat kembali. Jika malas..kayak aku tadi buru2..kesorean..di campur sekalian isi ke adonan kentangnya..hihi..lalu bentuk bulat2..praktis...! Tapi hati2 dengan penggunaan garam ya..jika di buat campur kroketnya.
Celup adonan kroket ke kocokan telur, gulingkan ke tepung panir. Goreng hingga kuning keemasan. Sajikan dengan cabe rawit atau saus sesuai selera.
Kayak gini nich bentuk tepung kentang yang flake teman2. Cara pakainya tinggal di seduh air panas..nanti kan jadi kentang tumbuk. Dari 100 gram tepung kentang flake ini jika di buat perkedel atau kroket ukuran sedang seperti ini bisa jadi 10 buah kira2.


Tuang air panas secukupnya ya teman2..sedikit demi sedikit, jangan langsung tuang..^^ 
Adonan yang bagus itu hasilnya kesat , nggak lembek atau berair, seperti kentang kukus yang di haluskan. Selamat mencoba ya teman2..:)








18 comments :

  1. Yaaa....jd tambah ga sabar nih tgg kiriman flake nya...apalag msh edisi serba tepung kentang hihihi...
    kroketnya itu loh.....pingin comot deh..
    Menggoda.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..ini kemaren banyak yang request resep kroket dari tepung kentang flakenya. Kalau yang pertama kemaren kan pakai campuran tepung halus. Lebih mudah yang pakai flake mba..praktis tggl seduh ndak perlu tambah kentang segar lagi..:) Eh alamatnya udah belum mba di email kmrn..lp..hihi..bsk tak krm sore atau malam..ngg brg dtg siang ya..:)

      Delete
  2. Mbsk...kalo tepung yg ini brp harganya satu bungkus?

    ReplyDelete
  3. mbaaa...ini favoritkuuu :)...secara pecinta krokeet hehehe....di sini sering liat potato flakes tapi belum pernah coba siiih...ntar coba aaah :)...
    thanks yaah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..met coba ya..lebih praktis sich.:)

      Delete
  4. Cantik sekali kroket kentangnya Mbak. Pas dipandang mata dan rasanya pasti penuh selera. Tetapiiiiiiiiiiiiiiiiiii saya blm punya tepung kentang nyaaa ...;-(
    Mau ikutan beli .........tlg dong dikasih tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lina..bisa email aku mba..di bundadidi@gmail.com..tinggalkan saja no hape..nanti Sy sms. atau kli aja via *contact me* di pojok kanan atas blog ini juga bisa..tggl di isi formulirnya..Tq mba..:)

      Delete
  5. mbaa~ itu tepungnya kalok d jogja ada gak yaah..?? nyarinya dimana..?? :D
    -rima-

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya, -kemarin sempat cari- kalau di Toko Int*sar* adanya yg flake,,, kalau di Toko D*oni adanya yg flake dan tepung kentang halus tp yg warna coklat. seperti yg dijelaskan Mbak Diah Didi, kalau yg tepung kentang warna coklat itu bukan saripati kentang alias beda dg yg tepung kentang warna putih. kemudian saya pernah pesan pada tante saya (beliau profesi cheff di jakarta) ternyata sulit juga mendapatkan tepung kentang yg warna putih. mungkin lebih baik pesan saaj sm Mbak Diah Didi, sama2 dr Jogja dg saya, barengan yukz.. :) *rhenasastro*

      Delete
  6. minat ama tepung kentangnya... tolong infonya... 081233556221 / angelaqos@yahoo.com trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Habis lebaran ya Mba..stock habis..utk pengiriman mgg ini..nanti aku email ya..jk masih ada..jk nggak aku hub habis lebaran..Tq

      Delete
  7. mbaakkk... aku mau coba bikin ini nih sekarang *rhenasastro*

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaakk... sudah aku coba dan berhasiill... praktis ya sekarang kalau mau bikin kroket kentang gak perlu repot2 mengolah kentangnya, cukup dg potato flake ajah... makasih resep nya mbak... *rhenasastro*

      Delete
  8. Kroketnya bisa disimpan di freezer u stok gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin baru terus aja mba kalau pk tepung kentang ini praktis kok..:)

      Delete
  9. Mbak diah,,makasih tuk resep2 yg pake tepung kentang,,Alhamdulillah,rima g ada bosan2nya bikin cemilan buat keluarga,,rima dah coba bikin donat,bola2 mie,n kroket. jadi lebih praktis n hemat waktu dn tenaga,asyiknya lagi anak2 bisa ikutan bikin.
    Smoga tambah berkah n lancar ya usaha tepungnya ^^

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel